Widget HTML Atas

pelajari kelinci mini Netherland dwarf sebelum kalian ingin membelinya

Kelinci Netherland draft merupakan kelinci mini atau para peternak kelinci biasanya menyebar dengan kelinci ND. kelinci ini berasal dari Belanda, konon katanya para penjajah Belanda yang membawa kelinci ini ke Indonesia ada juga peternak kelinci yang langsung mengimpornya dari Belanda untuk memurnikan ras jenis kelinci ini.

kelinci ini tergolong kelinci mini yang mempunyai berat badannya setengah kg saja atau maksimal hanya 1,2 kg. kelinci ini yang pastinya tidak akan kita gunakan untuk kelinci pedaging karena tidak mungkin dengan bobot hanya setengah kg memiliki daging yang banyak kelinci ini biasanya sering di pelihara di kalangan para pecinta kelinci hias yang mana memiliki tubuh yang unik dan telinga yang agak tegak, kelinci ini juga sangat lincah saat berlari.

id.wikipedia.org


Baca Juga : CHANNEL YOUTUBE RESMI INDUSTRI KELINCI
kelinci ND merupakan kelinci hias yang sering di konteskan kualitas kelinci ND di lihat dari ukuran panjang telinganya jika telinga kelinci ND semakin pendek maka kualitasnya akan semakin bagus panjang telinga kelinci ini hanya sekitar 6 cm.

harga kelinci di pasaran sangat tinggi sekali, kelinci ND bisa kalian beli kira-kira di atas umur 5 bulan karena pada umur tersebut ciri-ciri dari kelinci ND ini sudah muncul atau sudah terlihat.

Sifat kelinci Netherland draft


kelinci mini yang satu ini memiliki sifat yang liar atau sangat sulit dijinakkan tapi jika sudah dipelihara di dalam kandang domestik maka sudah pasti kelinci ini akan jinak, kelinci ND pergerakannya sangat lincah dan gesit, jika ada dialam liar kelinci ini sangat sulit sekali untuk ditangkap karena ukurannya yang sangat kecil dan sering menyelinap di antara rumput dan semak semak.

kelinci ini sangat mudah stres jadi saran saya jangan sampai anak-anak yang suka dengan kelinci sering memegang kelinci ini karena jika sering dipeluk dan digendong kelinci ini akan stress dan jika sudah stres maka ujung-ujungnya adalah diare dan mati. kelinci mini ini sangat kecil maka sangat rentan sekali jika bertemu kucing bisa jadi menjadi incaran kucing untuk dimangsa maka dari itu hindarkan kelinci ini dari jangkauan kucing jika di rumah kalian banyak terdapat kucing.

Bagaimana cara merawat kelinci mini 


kelinci mini ini ukurannya sangat kecil pakan yang diberikan juga sangat terbatas hanya berapa gram pelet saja, kelinci ND juga bisa kita berikan sayuran seperti kangkung dan sayuran lainnya serta tambahan pelet jangan lupa untuk sayuran dilayukan terlebih dahulu. untuk kandangnya kalian bisa menggunakan kandang kelinci yang agak sedikit lebar supaya kelinci bisa berlarian di dalamnya. kelinci ND yang baru dibeli biasanya akan sedikit stres tapi lama-kelamaan dengan adaptasi dia akan membiasakan diri untuk makan dan minum pada tempat yang disediakan.

Berapa harga jual kelinci ND di pasaran


karena masih termasuk dalam jenis kelinci impor atau kelinci hias yang mahal makanya harga dari kelinci ini berkisar di antara 500 ribu sampai jutaan rupiah untuk umur dibawah 3 bulan sedangkan jika lebih dari 6 bulan bisa belajar kelinci tersebut mencapai jutaan rupiah apalagi jika kelinci tersebut masih murni keturunan dari kelinci import. belilah kelinci yang asli di peternak kelinci yang sudah terjamin kualitasnya sudah memiliki nama atau kalau bisa ada pedigree pada kelinci yang kita beli supaya kita mendapatkan kelinci yang berkualitas.
Baca Juga : Kenapa Kelinci Suka Menggigit