Widget HTML Atas

Kebutuhan pakan kelinci per hari

halo teman-teman semuanya kali ini kita akan membahas kebutuhan pakan kelinci per hari. kalau membahas masalah ini berarti diskusi kita adalah tentang pakan yang digunakan adalah pelet.

Berapa jumlah pelet yang kita berikan kepada kelinci per harinya berapa gram.


tergantung kandungan pelet yang kita gunakan dan tergantung kondisi kelinci di dalam sedang apa, sedang nganggur atau sedang dalam masa pembesaran atau sedang dalam posisi mengandung atau posisi dalam sedang menyusui anak-anaknya.

dengan ini tentu porsinya akan berbeda setiap kelinci dan setiap kondisi yang sedang dialami oleh kelinci.

kemudian kita juga pernah melihat kelinci yang ada di peternakan luar negeri mereka menggunakan pakan yang mana pakan tersebut atau pelet tersebut selalu tersedia dalam kandang dan jumlah yang sangat banyak atau diberikan setiap saat atau bahasa ilmiahnya adalah adlibitum.

pakan dengan pelet adlibitum ini hanya kita berikan kepada kelinci dengan syarat pelet yang digunakan adalah pelet murah dengan kualitas yang sangat rendah dengan nutrisi nutrisi yang sangat rendah di dalamnya.

jadi ketika kelinci memakan pelet tersebut maka kelinci harus memakannya dalam jumlah yang banyak supaya kondisi nutrisinya bisa segera tercukupi nah itulah tujuannya mengapa pelet kelinci yang bernutrisi rendah kita berikan secara adlibitum atau secara terus-menerus.

akan tetapi jika pelet kelinci yang kita beli itu bernutrisi tinggi atau sangat komplit maka pemberiannya tidak boleh adlibitum karena tentu akan terbuang percuma jadi pemberiannya kita batasi masing-masing biasanya peternak kelinci itu hanya memberikan satu 150 gram saja kondisi kelinci nganggur.

jika kelinci tersebut sudah dewasa dan memiliki bobot antara dua setengah kilo sampai 5 kilo maka pakan yang kita berikan adalah sebesar 100-200 g setiap harinya.

indukan betina dalam posisi hamil maka akan yang kita berikan adalah sebanyak 150 sampai 300 gram ekor per harinya.

300 gram ini bisa kita berikan dalam fase 3 kali yaitu pagi siang atau sore atau dua kali saja yaitu pagi sama sore.

jika kelinci menyusui maka pakan perharinya hampir sebanyak 500 gram per harinya.

Sebenarnya di nutrisi formulasi pelet kelinci yang kita buat sudah ada hitungan berapa per gram untuk kelinci yang kita pelihara terapi untuk tutorialnya belum saya buat jadi kira-kira kasar hanya seperti yang saya jelaskan di atas tadi.

Jangan lupa untuk menimbang bobot kelinci yang kita berikan pakan pelet caranya menghitungnya adalah sebagai berikut dalam waktu 1 minggu sudah habis berapa banyak kg pelet yang kita berikan kemudian kita timbang berapa pertambahan jumlah bobotnya dari situ akan ketemu FCR nya.

Jika fcr semakin rendah maka tentu akan lebih bagus.

demikian pembahasan kebutuhan pakan kelinci perhari semoga bermanfaat. salam sukses untuk seluruh Indonesia.

Baca juga : fermentasi ampas tahu untuk pakan kelinci