Widget HTML Atas

Fermentasi pakan kelinci dari ampas tahu

fermentasi pakan kelinci dari pakan ampas tahu sudah sangat sangat lama sekali sudah terdengar dan sudah banyak para peternak kelinci menggunakan ampas tahu fermentasi sebagai pakan kelinci alternatif  kelinci mereka.

Tapi saran saya adalah jika tempat peternakan kalian dekat dengan produksi pembuatan tahu maka kalian tidak akan kesulitan untuk mendapatkan ampas tahu sebagai pakan alternatif untuk kelinci kalian.


Jangan menggunakan fermentasi ampas tahu jika memang posisi letak kandang sangat jauh sekali dari pabrik tahu.

yang pasti transport untuk mengambil ampas tahu tersebut mungkin akan banyak dan yang terjadi adalah kita tidak jadi menghemat menggunakan ampas tahu malah kita banyak mengeluarkan biaya pengeluaran yang berupa transportasi untuk mengambil ampas tahu dari pabrik yang jauh dari peternakan kita.

fermentasi ampas tahu ini kita lakukan supaya ampas tahu yang kita berikan kepada kelinci itu awet sampai berbulan-bulan dan memang kenyataannya bisa awet sampai berbulan-bulan Dan kelinci sangat suka sekali.


sebenarnya kelinci tidak suka dengan bau fermentasi akan tetapi karena ada bau gula yang ditambahkan dalam fermentasi dan rasanya mungkin manis dan kelinci cenderung menyukai rasa manis jadi mereka sangat menyukainya.

nah berikut ini cara fermentasi untuk pakan kelinci dari ampas tahu apa saja bahan yang kita gunakan akan dijelaskan di bawah ini.

Ampas tahu
probiotik untuk peternakan baik itu em4 peternakan dan probiotik kelinci lainnya yang mana ada dalamnya sudah mengandung bakteri bakteri baik yang bisa kita gunakan untuk memfermentasi ampas tahu.

atau jika kalian kesulitan kalau Senin bisa menggunakan Yakult yang banyak kita jumpai di Alfamart dan Indomaret.

Kemudian tetes tebu tapi saran saya adalah gunakan larutan gula saja karena sebenarnya tetes tebu itu adalah racun yang kurang baik untuk kesehatan hewan ternak kita.

Selanjutnya adalah 500 ml air matang yang sudah direbus. Atau kita bisa menggunakan air sumur. sebagai catatan jangan menggunakan air dari PDAM karena biasanya air dari PDAM itu mengandung kaporit dan kaporit ini pada akhirnya akan membunuh bakteri bakteri probiotik yang akan kita gunakan untuk fermentasi pakan kelinci dan yang terjadi adalah pakan fermentasi gagal dan dan hal hasil fermentasi akan membusuk karena tidak ada bakteri baik yang mengolah ampas tahu tersebut karena sudah mati oleh larutan kaporit.

cara pembuatannya adalah campuran 50 mili probiotik ditambah 50 mili larutan gula dan 50 ml air matang aduk secara merata sampai semuanya teraduk secara sempurna.

oh ya sebelum mencampurkan larutan yang sudah kita buat dengan ampas tahu jangan lupa untuk memeras ampas tahu sampai kadar airnya bener-bener sudah berkurang baru kemudian kita bisa mencampurkan larutan yang sudah kita buat ke ampas tahu.

Usahakan agar semua ampas tahu danprobiotik teraduk secara merata agar proses fermentasi bisa berlangsung menyeluruh kesemuanya jika sudah tercampur secara rata maka kita masukkan ke dalam ember dan bisa kita fermentasi selama kurang lebih seminggu.

Jika permentasi yang kita lakukan sudah berhasil maka dengan ini kita bisa memberikan kepada kita.

pengalaman saya menggunakan ampas tahu fermentasi untuk pakan kelinci.

fermentasi ampas tahu untuk kelinci sangat bagus sekali. Hampir tidak ada yang kebung dan mencret

akan tetapi ada minusnya yaitu biasanya para pedagang sate kelinci sangat tidak suka dengan mengolah kelinci yang diberi pakan ampas tahu fermentasi.

menurut mereka daging kelinci yang diberi makan pakan dari ampas tahu fermentasi ketika diolah menjadi sate maka ukurannya banyak yang menyusut atau potongan-potongan daging yang ada di sate kelinci itu menjadi mengecil karena dalam dagingnya terlalu banyak kadar air atau istilahnya kalau sapi itu digelonggong jadi dagingnya banyak sekali mengandung air nah ketika dibakar akhirnya hilang dan dagingnya menjadi menyusut sehingga potongan-potongan daging kelincinya menjadi kecil sekali.

nah ini kemudian menjadi kekecewaan dari pelanggan pelanggan sate kelinci yang mana mereka membeli sate tapi daging kelincinya sangat kecil kecil.

Mungkin kekurangannya hanya itu saja.
hal ini bisa kalian siasati dengan memeras ampas tahu sampai benar-benar kering atau sampai kadar airnya berkurang jadi kelinci itu tidak seperti kita gelonggong yang banyak memakan kadar air dari ampas tahu.

mungkin itu saja semoga bermanfaat salam sukses untuk seluruh ternak kelinci di seluruh Nusantara da...da...

Sampai ketemu di postingan selanjutnya

Baca juga : cara membuat pakan kelinci dari gedebog pisang