Widget HTML Atas

Kelinci pup berlendir

Jika kalian memelihara kelinci dan menemukan di pagi hari kotorannya berlendir atau diselimuti lendir maka sudah dipastikan kelinci kalian terserang oleh bakteri pada pencernaannya.

cara pengobatannya adalah dengan menggunakan antibiotik dengan dosis sesuai dengan yang tertera pada kemasan biasanya kita menggunakan dosis pada kucing.
saya biasanya menggunakan medoxy LA yang ada kandungannya oksitetracycline.

kemudian antibiotik itu saya tambahkan dengan vitamin b12 khusus hewan yang biasanya berwarna merah.

vitamin b12 ini untuk meningkatkan sistem imun pada kelinci kita ketika dia terserang oleh penyakit pada pencernaannya.

pengulangan penyuntikan bisa kalian lakukan pada pagi dan sore hari selama tiga hari berturut-turut sampai kelinci mulai sehat kembali dan kotorannya mulai normal kembali tidak ada lendir pada kotorannya.

Kemudian stop pakan pelet. Berikan full hijauan yang sudah dilayukan atau cenderung lebih kering kepada kelinci yang terserang bakteri pada pencernaannya. pelet bisa kalian berikan kembali setelah pencernaan kelinci atau kotorannya sudah normal kembali.

karena pencernaan yang terganggu oleh bakteri maka makanan-makanan yang berupa pelet yang penuh berisi akan sulit sekali dicerna oleh kelinci dan ini akan memperparah pencernaannya jadi sebaiknya kita hanya menggunakan rumput saja. rumput yang sudah dilayukan atau hijauan yang sudah dilayukan untuk kelinci kelinci yang terserang bakteri pada pencernaannya.

Mungkin itu saja pembahasan kenapa kelinci pup berlendir.

Jika ada pertanyaan silahkan komen di bawah.

salam sukses untuk seluruh peternak kelinci di nusantara.