Widget HTML Atas

kumpulan makanan untuk kelinci menyusui

ketika kita membahas kelinci yang sedang menyusui maka kebanyakan para peternak kelinci yang paling umum diberikan adalah daun katuk.

mungkin para peternak kelinci sering melihat iklan iklan yang ada di televisi yang mana daun katukd sebagai obat atau kapsul untuk memperlancar air susu ibu.

tetapi jika diberikan kepada kelinci daun katuk tidak akan berfungsi secara sempurna karena di dalam daun katuk terdapat anti nutrisi yang bernama oksalat.


pemberian daun katuk pada kelinci ketika kelinci menyusui bukan malah memperlancar ASI nya akan tetapi malah justru akan membuat indukan kelinci menjadi kelumpuhan.

kenapa bisa menyebabkan kelumpuhan karena itu tadi kandungan oksalat yang ada di dalam daun katu itu mencegah kalsium terserap oleh tubuh kelinci sehingga tubuh kelinci kekurangan kalsium dan kemudian tubuh kelinci mengambil kalsium yang ada di tulang-tulang kelinci dan di semua seluruh jaringan kelinci sehingga secara otomatis kelinci akan mengalami kelumpuhan.

yang kami sarankan untuk memberikan pakan kelinci ketika dia menyusui adalah protein yang tinggi berikan makanan makanan kelinci dengan kadar protein yang tinggi berilah makanan kelinci dua kali porsi dari kelinci ketika sedang mengandung.

kalau dalam posisi mengandung kita berikan dua bagian pakan maka setelah menyusui kita berikan tiga sampai empat bagian pakan kelinci jadi wajib hukumnya.

daripada menggunakan daun katuk saya lebih menyarankan untuk menggunakan daun pepaya yang sudah dilakukan atau daun adas yang sudah dilakukan berikan kepada kelinci untuk memperlancar produksi air susu kelinci.

Jangan lupa untuk membuat kondisi kandang menjadi gelap karena jika dalam posisi gelap produksi air susu pada Indukan akan semakin banyak karena di habitatnya kelinci itu menyusui di malam hari atau hampir hampir menjelang subuh ketika itu produksi susu kelinci semakin melimpah karena sangat erat hubungannya produksi susu induk kelinci dengan gelap atau suasana yang gelap sesuai dengan di habitat alam liar nya.

Usahakan di dalam kandang selalu tersedia makanan jangan sampai kondisi kelinci dalam fase masa menyusui akan tetapi pakan tidak tersedia di dalam kandang.

jadi intinya kita selalu memberikan makanan kelinci setiap saat ketika dia dalam waktu proses menyusui anaknya sampai masa lepas sapih harus selalu kita perhatikan makanan yang kita berikan berikan makanan sebanyak mungkin sebanyak yang dia mau.

jangan khawatir juga kelinci itu kegemukan ketika kita memberikan makanan terlalu over atau terlalu banyak tidak akan mungkin kelinci yang sedang menyusui akan kegemukan karena semua nutrisi yang dimakan akan berubah menjadi air susu dan akan dimaksimalkan untuk menyusui anakan kelinci.

Dan biasanya semua indukan kelinci yang menyusui itu badannya akan kurus.

Oh ya selain daun katuk ada juga beberapa sayuran yang mengandung oksalat diantaranya adalah kangkung dan bayam jadi bagi kalian yang mempunyai kelinci dalam masa menyusui maka tidak boleh memberikan kangkung dan bayam untuk kelinci yang sedang menyusui jika kalian memaksa maka akibatnya akan fatal yaitu indukan akan mengalami kelumpuhan secara mendadak atau tiba-tiba dia tidak bisa jalan kaki belakangnya lumpuh dan ini sangat sulit sekali untuk disembuhkan.

bisa disembuhkan asal kita mempunyai suntikan yang berupa unsur kalsium tinggi yang dibutuhkan untuk kelinci.

Tapi alangkah baik mencegah daripada mengobati.

Sebenarnya tidak ada makanan yang spesial untuk kelinci menyusui.

yang sedang menyusui yang dibutuhkan adalah jumlah pakan yang ekstra yang lebih dari biasanya jika biasanya kita berikan 200 g pelet maka ketika menyusui kita harus memberikan 600-800 g pelet dalam waktu 1 hari.

mungkin itu saja yang perlu kami sampaikan, pada intinya tidak ada makanan atau hijauan khusus yang kita gunakan untuk memperlancar ASI nya,, ASI akan menjadi lancar dan banyak ketika kita mencukupi kebutuhan nutrisinya yang berupa protein dan beberapa asam amino yang ada di dalam pakan kelinci.

protein atau asam amino ini banyak sekali kita temui di pakan pakan kelinci dan banyak sekali terdapat di rumput dan hijauan yang beraneka ragam.

Tidak ada makanan khusus untuk kelinci yang sedang menyusui. yang penting adalah jumlahnya saja yang kita tambah dari kebutuhan biasanya karena kondisi saat ini sedang menyusui jadi butuh tambahan makanan ekstrak lebih banyak dari biasanya ya..itu saja sih...

sampai sini dulu semoga artikel yang kalian baca di atas sangat bermanfaat dan jangan terlalu fokus pada makanan yang dibutuhkan untuk kelinci menyusui pada dasarnya makanan tersebut sama saja jadi jangan ambil pusing pada jenis makanan tertentu ,ada jenis rumput tertentu atau pada jenis hijauan tertentu berikan saja dua kali atau tiga kali dari jatah dia biasanya yang kalian berikan.

semoga bermanfaat salam sukses untuk seluruh ternak kelinci yang ada di Indonesia dan di seluruh Nusantara

Salam kuping panjang.

Baca juga : manfaat daun beluntas untuk kelinci