Widget HTML Atas

Makanan berserat untuk kelinci

Jadi memang kelinci itu termasuk pseudoruminan atau ruminant palsu.

jadi tiap kelinci itu perlu banyak sekali serat untuk pencernaan nya pencernaannya akan menjadi nyaman ketika dia memakan banyak sekali makanan yang banyak mengandung serat.
Apa pakan yang banyak mengandung serat tentu jawabannya adalah rumput dan hijauan.

Karena itu memang makanan kelinci di alam liar.

Kelinci akan makan sebanyak apapun sampai perutnya benar-benar penuh. jika dirasa perutnya sudah longgar dia akan makan lagi sampai perutnya penuh kembali sampai nutrisi yang dibutuhkan dalam satu hari itu sudah terpenuhi semua maka dia akan berhenti untuk makan rumput lagi.

Jenis rumput apa yang banyak mengandung serat. hampir semua rumput-rumputan atau daun-daunan itu semuanya memiliki kadar kandungan serat yang tinggi sekali.

kalau kalian membuat pelet kelinci maka biasanya para produsen pelet kelinci itu mengambil serat dari limbah limbah pertanian seperti kulit kacang, jerami kedelai kemudian dari daun kering yang sudah di bentuk seperti serbuk.

atau bahan-bahan lainnya atau limbah limbah pertanian lainnya yang banyak mengandung serat kira-kira dalam pembuatan serat pelet kelinci sekitar antara 14 sampai 16%.

batas nyaman pencernaankelinci itu sekitar 12% di bawah itu kemungkinan otomatis Kelinci akan mengalami mencret karena pencernaanya tidak nyaman.

Makanan berserat ini ada plus minusnya bagi kelinci.

jadwal banyak makanan makanan yang berserat Kelinci akan menjadi susah untuk mencapai pertumbuhan bobot yang ideal atau pertumbuhan produk yang kita inginkan. bisa jadi mencapai bobot yang kita inginkan seperti misalnya 3 KG tetapi pada waktu yang sangat lama, biasanya kalau menggunakan pelet kita hanya butuh beberapa bulan saja kalau menggunakan rumput maka bisa lebih beberapa bulan lagi jadi proses panen kita akan menjadi mundur. 

untuk penjelasan lebih lengkap tentang serat pada pelat rinci kalian bisa membaca postingan sebelumnya tentang bagaimana mendesain pelet kelinci sesuai dengan kualitas pabrik.

Mungkin dulu yang bisa kita sampaikan.

Sukses untuk semua peternak kelinci se Nusantara..