Widget HTML Atas

Pertolongan pertama pada kelinci mengalami mencret

ketika kita menjumpai kelinci di kandang kita menderita mencret maka langkah pertama yang kita harus lakukan adalah memisahkannya jangan sampai dia tercampur dengan kelinci lain di kandang.

kita harus memisahkan kelinci yang terserang mencret di kandang lain khusus secara terpisah dan melakukan penanganan selanjutnya seperti mendiagnosis seperti makan apa saja yang kita berikan sebelumnya dan bagaimana kotorannya apakah mencret nya itu berlendir atau mencret yang disebabkan oleh kelinci yang mengalami stres.

jadi kita harus pandai-pandai mendiagnosis penyakit tersebut itu  karena apa ? Jika karena bakteri maka cirinya adalah mencret tersebut sangat bau sekali sampai menyengat hidung.

jika seperti itu maka kita harus menyiapkan obat injeksi antibiotik yang mana antibiotik ini akan membunuh bakteri yang menyerang pencernaan kelinci.

setelah kita injeksi beberapa antibiotik sesuai dosis dan takaran Nya maka selanjutnya kita bisa memberikan vitamin b12 agar kelinci tidak semakin lemas karena nafsu makan yang menurun karena sakit mencret.

jika kelinci mencret itu karena perubahan kadar serat yang kita berikan atau ada perubahan pakan sebelumnya secara mendadak maka usahakan kelinci tersebut makan-makanan yang lama.

artinya begini jika ada perubahan pakan secara mendadak kemudian setelah perubahan bahan tersebut kelinci menjadi mencret maka berikan pakan lamanya yang sebelum diberikan Pakan baru.

dan yang ketiga adalah kelinci mencret karena stress

kelinci mencret karena stres maka cara yang terbaik untuk mengobatinya adalah menghilangkan penyebab dari stres tersebut 

kelinci stres itu banyak sekali penyebabnya misalnya terlalu banyak orang lalu-lalang di kandang yang mana orang tersebut akan dianggap kelinci sebagai predator maka itu juga bisa menyebabkan stres pada kelinci.

atau karena suara petasan seperti suara petasan saat idul Fitri atau hari raya itu juga bisa menyebabkan kelinci menjadi stress.

Lebih lengkapnya kelinci mencret bisa kalian lihat di postingan sebelumnya.

Semoga bermanfaat salam sukses untuk seluruh peternak kelinci Nusantara

Baca juga : Manfaat air gula untuk kelinci