Widget HTML Atas

11 tips dan trik terbaik untuk merawat kucing berbulu panjang

Kucing yang berbulu panjang mereka semua terlihat sangat cantik, kita sebagai orang yang suka kucing tidak akan bisa menahan diri untuk membelai bulu panjang mereka.

Kucing yang berbulu panjang adalah jenis kucing yang paling cantik di dunia semua pecinta kucing pasti suka dengan kucing yang berbulu panjang. Kucing jenis Persia merupakan kucing pertama pilihan bagi mereka yang ingin merawat kucing yang berbulu panjang.

Selain dari bulunya setiap jenis kucing yang berbulu panjang juga memiliki karakteristik khusus contoh seperti kucing anggora, Kucing anggora adalah kucing dari semua induk yang berbulu panjang.

Mereka memiliki karakteristik masing-masing ada yang sangat lembut, ada yang cukup tenang, ada juga yang mempunyai sifat sangat primitif dan lain sebagainya.

Artikel kali ini kita akan membahas bagaimana masalah apa saja yang muncul pada kucing berbulu panjang dan bagaimana caranya kita  tetap bisa menjaga bulu mereka agar tetap terlihat cantik,tebal, mengkilap, indah dan terawat seperti itu.


Cara terbaik untuk merawat kucing yang berbulu panjang


Mengidentifikasi penyebab masalah pada bulu kucing

Kita lihat dulu apakah jenis kucing yang kita pelihara apa itu anggora atau Persia. jika kita menemukan gumpalan rambut di seluruh bulu kucing atau bulu kucing kita, sudah tidak lagi berkilau atau bulu kucing menunjukkan kebotakan maka masalah yang kalian hadapi adalah yang tercantum seperti dibawah ini.

Kekurangan vitamin

Jika kucing mengalami kerontokan bulu karena kekurangan vitamin maka kita bisa mengatasi kekurangan vitamin tersebut dengan menambahkan vitamin kucing dari dokter hewan atau dari petshop, selain itu kita juga bisa memberikan makanan yang banyak mengandung vitamin seperti ikan salmon, minyak zaitun atau jenis makanan lainnya yang mungkin akan memiliki efek positif pada bulu kucing kita.

Pola makan dan perubahan makanan pada kucing

Kucing harus diberi makan sesuai dengan sifatnya, makanan harus terdiri dari makanan kering dan juga makanan basah, jika terlalu lama menggunakan makanan kering maka yang terjadi adalah efek negatif pada penampilan bulu kucing.

kutu pada bulu

Jika pada kucing kalian terdapat banyak sekali kutu maka secara otomatis kucing akan menggaruk bulunya dengan kukunya kemudian yang terjadi adalah bulu kucing menjadi rontok dan terdapat iritasi pada bagian kulit kucing, maka dari itu lakukan pengobatan yang sesuai dengan yang dianjurkan oleh dokter supaya bulu ada kucing terhindar dari kutu dan tungau.
Baca Juga : Cara Membuat makanan kucing sendiri yang bergizi

Stres menyebabkan bulu kucing rontok

Ada banyak  sekali alasan kenapa kucing itu bisa stres salah satunya adalah ada orang asing di rumah kemudian ada persaingan dengan kucing lain, kucing di pindah rumah ke rumah yang baru maka akan mengalami stres dengan perubahan-perubahan baru dan menyebabkan kehilangan beberapa bulu dan jika terjadi terus-menerus kucing akan semakin mengalami kerontokan yang parah, cara yang terbaik untuk mengatasi masalah stres adalah kita menjaga perasaan dan emosional kucing supaya tidak stres.

Kucing mengalami kelelahan fisik

mungkin setelah melahirkan atau setelah dia sakit maka kucing akan mengalami kelelahan fisik yang dapat menyebabkan kerontokan pada bulu kucing dan dia akan kehilangan bulu panjangnya.

penyakit lain seperti gangguan metabolisme dan gangguan hormon pada kucing


terkadang bulu rontok atau masalah bululainnya pada kucing yang berbulu panjang itu dapat disebabkan oleh gangguan metabolisme dan gangguan hormon pada kucing jadi jika sudah pada fase yang terakhir ini kalian bisa melakukan uji dengan tes darah dan menentukan apakah gangguan yang menyebabkan bulunnya menjadi rontok.

Memberi makanan kucing yang tepat


yang perlu kita ingat dan kita kami adalah kucing termasuk hewan jenis karnivora yaitu pemakan daging jadi yang paling penting untuk pilihan makanan kucing adalah dia harus makan dengan porsi daging yang mudah dicerna.

pada daging juga mengandung taurin atau jenis asam amino yang penting yang tidak dapat diproduksi sendiri oleh kucing jadi kucing akan mendapatkan tawaran jika dia memakan daging. jenis asam amino taurin ini sangat erat hubungannya dengan kualitas bulu kucing jika kucing memiliki makan makanan alami dengan kualitas yang sangat tinggi maka bulunya akan menjadi kain dan terlihat bagus jika kalian membeli makanan kucing maka jangan lupa untuk melihat kemasan yang tercantum didalamnya apakah makanan tersebut mengandung asam amino jenis taurine.

Perawatan bulu kucing pada waktu yang tepat


lakukan perawatan untuk bulu kucing pada saat suasana yang santai dan ketika kucing tidak mengalami stres maka kita bisa memberikan perawatan bulu kucing secara keseluruhan.

dan yang paling penting adalah kucing yang berambut panjang kita berikan penuh kasih sayang dan juga perawatan agar bulunya menjadi lebih indah.

langkah pertama yang kita lakukan untuk merawat bulu atau menyisirnya adalah dengan membeli bagian kepala kemudian melanjutkan dengan meningkat ke arah ekor kemudian kita lanjutkan dengan menyikat bulu pada area badan.

biarkan saja kucing untuk pertama kali mengendus semua alat yang kita gunakan untuk merawat bulu nya dengan begitu dia akan mulai beradaptasi sehingga dia akan menjadi nyaman dengan alat alat yang kita gunakan untuk membuat dulunya menjadi lebih cantik.

lakukan cara berikut ini untuk melakukan perawatan bulu kucing yang berambut panjang

kucing itu pada awalnya dia tidak suka pak badannya dibalik jadi letakkan kucing diatas meja atau au tempatkan kucing di paha kita dan kemudian kita lakukan penyisiran pada bulunya.



jika kucing yang kita pelihara sudah jinak maka kucing tersebut akan membiarkan kita untuk merawat bulunya yang cantik. tangan sering melakukan perawatan pada bulu kucing maka akan memunculkan hubungan yang lebih dekat antara kita dengan ujian Allah ingin kita.

kucing itu mudah sekali beradaptasi dia akan menikmati perawatan bulu yang kita lakukan jadi kita harus sesering mungkin melakukan perawatan bulu pada kucing lebih baik melakukan perawatan bulu kucing setiap hari daripada hanya melakukan perawatan pada bulu kucing dengan interval yang tidak teratur atau pada jangka panjang.

Lakukan perawatan bulu secara teratur (wajib)


jika kita jarang melakukan perawatan bulu pada kucing yang berambut panjang maka pada suatu hari jika kita melakukan perawatan yang terjadi adalah membutuhkan waktu yang sangat lama dan bulu kucing akan menjadi kusut dan menggumpal inilah yang menjadi kerusakan permanen pada kulit sensitif kucing kulit kucing akan menjadi eksim dan menjadi gatal-gatal akan timbul bintik-bintik merah dan juga bisa menyebabkan peradangan pada kulit kucing dan ini merupakan salah satu penyakit yang serius bagi kesehatan hewan.

Biasakan untuk menyisir kucing sejak dari awal kita pelihara


yang paling penting adalah kita tahu karakter kucing yang kita pelihara Jangan pernah untuk memaksakan kucing melakukan sesuatu yang kita tidak inginkan apabila dia tidak ingin kita sisir bukannya si sebelumnya maka jangan lakukan hal tersebut.

bersabarlah sampai kucing itu nyaman dengan kita lakukan penyisiran bulu kucing paling lama hanya sekitar 5 menit saja jangan terlalu lama lama yang penting kita lakukan rutin setiap hari.

jadi jangan lupa untuk memanjakan kucing kita setiap hari dengan memperkenalkannya keperawatan perawatan bulu. buat kucing menjadi senang terlebih dahulu baru kita boleh melakukan perawatan pada bulunya.

Gunakan alat perawatan yang paling baik untuk bulu kucing


gunakan sisir khusus atau sikat khusus yang direkomendasikan untuk bulu kucing jangan menggunakan sisir yang kita gunakan untuk rambut manusia dengan menggunakan sifat yang khusus direkomendasikan untuk bulu kucing maka kita bisa menghilangkan rambut rambut atau bulu bulu yang sudah mati pada badan kucing


Gunakan produk perawatan untuk bulu kucing


banyak sekali produk perawatan yang membuat bulu kucing menjadi lebih bagus dan lebih terlihat indah gunakan produk tersebut di belakang telinga di bawah ketiak kucing dan di bagian dalam atau di sekitar bagian bawah perut atau tempat-tempat dimana kucing itu merasa sensitif sama seperti kita sebagai manusia juga terdapat area yang sensitif dan area tersebut bisa kita beri produk perawatan untuk bulu kucing.

Memandikan kucing


semua jenis kucing itu pada dasarnya dia tidak suka dengan air misalkan ada beberapa pengecualian untuk jenis-jenis kucing tertentu orang-orang yang tahu dengan karakter kucing maka dia akan bisa mengetahui kapan waktunya kucing itu harus dimandikan.

jangan menggunakan shampo yang digunakan untuk manusia jika kita memandikan kucing maka wajib hukumnya untuk menggunakan shampo khusus untuk kucing.

alangkah baiknya kucing itu dihindari dari mandi. maksudnya adalah jangan terlalu sering untuk memandikan kucing karena air akan membuat kucing menjadi stres dan keseringan dia dimandikan dapat menyebabkan masalah kulit jadi kita cukup memberikan atau mengusap air hangat saja jika ada pulau yang kusam ataupun dengan membandingkannya secara keseluruhan.

Memotong bulu kucing

jika memotong bulu kucing harus dilakukan maka lakukan dengan baik dan potong rambut kucing yang hanya berbulu kusut dengan menggunakan gunting khusus jangan gunakan gunting yang yang tumpul karena ini akan menyiksa kucing.

kenapa bulu kucing yang kusut harus potong. karena jika kita melakukan penyisiran kepada bulu kucing maka diserahkan menyangkut dan ini akan membuat kucing menjadi kesakitan makannya kita perlu memotong bulu bulu kucing yang sudah mulai kusut agar tumbuh kembali bulu barunya yang halus dan lembut.

serahin perawatan dengan terus-menerus menyisir bulu kucing yang panjang kita juga harus rutin untuk memotong bulu kucing di bagian bawah karena pada tempat tersebut sering menempel kotoran yang kemudian akan membuat kucing menjadi tidak sehat.

Jalan terakhir dengan memotong bulu kucing keseluruhan.

jika memang boleh bulu kucing yang rusak dan kusut sudah tidak bisa diatasi lagi dengan berbagai obat dan nutrisi yang kita berikan kepada kucing maka langkah terakhir yang bisa kita lakukan adalah mencukur semua bulunya.

dengan mengukur semua bulunya maka akan merangsang pertumbuhan bulu baru dan mulai ketika tombol yang baru kita mulai melakukan perawatan dengan yang konsisten.