Widget HTML Atas

Cara terbaik merawat kucing kampung (LENGKAP)

Asal usul kucing kampung


Asal usul nenek moyang dari kucing kampung atau dari seluruh kucing yang ada di dunia adalah Felis silvestris lybica merupakan salah satu binatang liar yang bentuknya mirip seperti musang, hewan ini sih hidup sekitar 5 juta tahun yang lalu, udah lama sekali pokoknya sekitar sekitar zaman dinosaurus gitulah.

Felis silvestris lybica merupakan bisa dikatakan nenek moyang dari kucing mungkin ya..kalau seluruh manusia itu nenek moyangnya nabi Adam, nah kalau kucing itu dia jadi nenek moyang dari semua kucing yang ada di seluruh dunia adalah si hewan ini.

Dan kemudianFelis silvestris lybica ini berevolusi melewati tahun yang sangat panjang sekali dan pada akhirnya menjadi beraneka macam kucing seperti kucing yang saat ini kita temui.


Sejak kapan kucing dipelihara


Menurut sejarah kucing sudah dijadikan hewan peliharaan sejak zaman Mesir kuno zaman Firaun.  Bahkan pada zaman  tersebut ada kucing yang dianggap sebagai dewa orang Mesir.

Dan jika ada kucingnya meninggal mereka tidak dikubur seperti hewan-hewan yang lainnya tetapi juga ikut dimumikan seperti manusia dan barangsiapa yang membunuh kucing pada saat itu di Mesir, dia juga akan dihukum mati.

Kucing rumahan di Mesir pada waktu itu sangat dihormati karena ya itu tadi dianggap sebagai penjelmaan dari Dewi bast.

Tentang kucing kampung


Dari sekian banyak kucing ras yang ada di seluruh dunia hanya beberapa persen saja yang tercatat dan sisanya merupakan kucing ras yang tidak tercatat, nah kucing-kucing yang tidak tercatat inilah yang dianggap sebagai kucing kampung atau kucing liar.

Jadi tidak ada istilah antara kucing ras dan kucing lokal atau kucing kampung istilah tersebut ada karena ada kepentingan ekonomi dari manusia yang mempopulerkan istilah istilah tersebut. semua kucing itu ya sama saja sama-sama kucing sama-sama cantik dan menarik jika kita rawat dengan baik.

Berat ideal kucing kampung


Jika kucing kampung kita pelihara dengan sangat baik, diberi pakan yang bagus maka beratnya bisa mencapai 23 kg luar biasa sekali...... tapi sih pada umumnya kucing kampung itu memiliki berat antara 2 kg sampai 5 kg.

Kucing dalam penangkaran dan dirawat dengan baik memiliki umur yang sangat panjang sekali bisa sampai berumur 14 hingga 20 tahun, kalau kucing liar seperti biasa tidak memiliki orang yang mengurusnya kemungkinan hanya bertahan hidup selama 2 tahun saja karena mungkin terkena berbagai penyakit dan terancam oleh predator lainnya seperti anjing atau ular.

Cara merawat kucing kampung yang baru saja lahir masih kecil


Walaupun sudah ada indukan yang merawat anakan kucing akan tetapi banyak kasus yang mana anak kucing yang mati sebelum dia sampai usia dewasa, jadi kita sebagai Tuan yang memelihara kucing kita harus bisa merawat anakan kucing dan membantu induknya agar anakan kucing tumbuh dengan sehat dan besar serta memperhatikan makanan apa saja yang dibutuhkan oleh indukan kucing dan anaknya.

Tugas kita sebagai pemelihara kucing harus memberikan tempat atau rumah atau kotak beranak yang hangat, bersih,k anakan kucing itu belum mempunyai sistem pengatur suhu tubuh jadi dia tidak bisa melawan suhu yang dingin, tujuannya adalah agar anak kucing tidak mati kedinginan.

Kita sebagai pemelihara harus memastikan anakan kucing tersebut semuanya mendapatkan jatah susu oleh induknya, jangan sampai ada salah satu anakan kucing yang tidak mendapatkan susu.

Jika kita sudah melakukan hal tersebut di atas, kondisi lingkungan yang bagus dan suhunya juga hangat untuk anakan kucing maka tugas selanjutnya adalah biarkan saja induk kucing yang merawat kucing itu. 
Tugas selanjutnya akan kita serahkan kepada indukan kucing.

Lakukan hal di atas sampai kira-kira kucing berumur hingga 1 sampai 2 minggu.

Jika kucing sudah berumur 2 minggu maka kita bisa memberinya obat cacing agar kucing terhindar dari cacingan dan memberikan pengulangan obat tersebut 2 minggu sekali.

Jika ada kucing yang kerdil misalnya karena dia kalah berebut susu indukannya atau karena faktor-faktor lain maka tugas kita adalah memberinya susu formula yang digunakan untuk kucing, ini banyak sekali dijumpai di toko pet shop.

Pemberiannya jangan lupa untuk membeli juga dot khusus untuk anakan kucing jadi jangan sampai kita memberikan susu kepada kucing menggunakan suntikan yang langsung mengarah ke mulutnya. gunakan dot kucing seperti dia menyusu pada induknya.

Jika umur kucing sudah sampai 5 minggu atau 1 bulan lebih, dia sudah mempunyai naluri alami untuk buang air dan membuang pup sendiri di kotak pasir yang sudah kita sediakan yang pasti dia akan menirukan indukannya untuk membuang kotoran di pasir tersebut secara naluriah memang kucing memiliki naluri seperti itu.

Nah jika umur anakan kucing sudah mencapai 5 minggu pola makannya bisa kita rubah dari sebelumnya yang hanya minum susu induk kucing bisa kita berikan makanan kucing yang basah. atau wikcas yang basah.

Setelah umurnya mencapai 8 minggu atau 2 bulan dia sudah memiliki gigi yang sangat lengkap.

kita bisa memberikan makanan anak kucing berupa makanan yang kering atau basah untuk kucing.

Untuk pertama kalinya kita bisa mencampurkan pakan basah dengan pakan kering dengan perbandingan 20 persen untuk pakan kering dan 80% untuk pakan basah.

kita berikan pakan tersebut sampai kucing bisa ngunyah dengan benar.

Cara merawat anakan kucing kampung tanpa induk



Terkadang kita menemukan anakan kucing kampung yang tanpa induknya entah itu induknya mati atau induknya tidak bertanggung jawab dan meninggalkan anak-anaknya tidak dirawat.

Lalu bagaimana caranya merawat anakan kucing kampung yang tanpa induk, bagaimana memberikan susu dan bagaimana memberinya makan?

simak penjelasannya di bawah ini

yang pertama adalah kita memberikannya tempat tinggal terlebih dahulu, kita bisa menggunakan kotak dari kayu atau kotak yang terbuat dari kardus kemudian kita isi di dalamnya seperti kain untuk selimut dia atau kertas kado dan lain-lain yang bisa kucing gunakan sebagai alas dan tempat tidur untuk menghangatkan badannya.

Karena indukannya sudah tidak ada maka mau tidak mau kita harus memberikan susu untuk anakan kucing di petshop dan jangan lupa untuk membeli dot untuk kucing sekalian supaya pemberian susu kucing bisa lebih disukai anakan kucing.

Untuk jenis merk susu formula yang bagus untuk kucing kalian bisa Google sendiri atau tanya pada petugas pet shop.

Pemberian susu kepada kucing harus dalam kondisi hangat dan harus habis dalam waktu sekali pemberian.

Atau jika tidak habis kalian bisa menyimpannya ke dalam kulkas tapi saran kami adalah  dalam membuat kucing kucing sesuai dengan kebutuhannya dan harus habis dalam waktu 1 hari karena susu kucing ini mudah sekali basi.

Berikan susu kucing dalam rentang waktu 2 sampai 4 jam selama umurnya masih 2 minggu.

Umur diatas 2 minggu pemberian susu kucing dengan interval 5 jam setiap hari jadi setiap 5 jam kita berikan dia susu.

Sama seperti anakan yang dirawat oleh indukannya ketika umur 4 Minggu dia sudah diperkenalkan oleh makanan basah. dan pemberian susu juga tetap harus kita berikan tapi intervalnya setiap 6 jam sekali.

Nah ketika kucing yang telah kita pelihara umurnya sudah lebih dari 2 bulan, maka kita bisa melakukan perawatan perawatan kucing seperti menyisir bulu nya, kemudian kuku yang sudah panjang kita potong dan memandikannya,jangan lupa untuk memberikan obat kutu agar bulu kucing terhindar dari kutu.

ketika umur 2 bulan kucing sudah bisa kita berikan berbagai obat  dan vitamin supaya dia lebih sehat.

Cara merawat kucing kampung agar bulunya lebat


Setelah anakan kucing yang kita pelihara sudah berumur 3 bulan lebih maka kita harus merawat bulunya agar terlihat lebat dan sehat 
Berikut ini ada beberapa tips yang bisa kalian lakukan untuk mendapatkan bulu kucing kesayangan kalian tetap lebat.

1. jaga pola makannya


kucing yang biasa makan makanan kering  kondisi bulunya akan tidak bagus maka dari itu kita sebagai pemelihara kucing harus memberikan makanan kucing dalam kondisi yang seimbang dia harus diberikan makanan kering dan juga diberikan makanan yang basah, melakukan pemberian pakan ini agar kucing tumbuh dengan bagus dan bulunya juga bisa tumbuh dengan lebat.

2. Menghilangkan parasit pada bulu


parasit bisa berupa tungau atau kutu jika terlihat kucing kalian sering menggaruk terlalu sering maka bisa dipastikan bulunya terdapat banyak sekali tungau dan kutu dan jika itu terjadi terus-menerus maka bulu kucing akan rontok. jadi kita harus menghilangkan kutu ini bisa dengan obat kutu yang bisa kalian belidi toko hewan.

penanganan kutu ini harus sesegera mungkin karena kutu atau tumo ini bisa cepat menular ke kucing-kucing yang lainnya.

3. Pemberian vitamin


jika pakan yang kita berikan sudah mengandung cukup vitamin maka secara otomatis bulu kelinci akan menjadi lebat dan bagus tapi kadang kita tidak tahu kandungan nutrisi yang ada pada pakan yang kita berikan kepada kucing maka untuk menambah vitamin kita bisa memberikannya vitamin yang kita peroleh dari pet shop atau dokter hewan atau kalian bisa membeli vitamin vitamin untuk kucing di banyak toko online seperti shopee dan Tokopedia.

4. Mengatasi bulu yang rontok karena kucing mengalami stres.


jika kalian memiliki kucing yang baru maka secara otomatis dia akan beradaptasi dengan rumah yang barunya jika kucing tidak bisa beradaptasi dengan baik dia akan mengalami stres dan ujungnya adalah stress dan merontokkan bulu, lama-lama dia akan kehilangan bulunya jadi tugas kita adalah menjaga agar kucing kita tidak semakin stres sehingga menyebabkan bulunya menjadi rontok.

5. Berikan makanan kucing yang sehat dan bergizi.


mungkin ada sebagian orang berpikir bahwa  makanan sayuran atau vegetarian maka akan sehat seperti kita manusia memakan banyak sekali sayuran.

tapi hal ini tidaklah benar karena kucing sangat berbeda dengan pencernaan anjing kucing hanya bisa memakan makanan yang berasal dari protein hewani dengan jumlah atau porsi yang mudah dicerna.

6. Rutin menyikat dan menyisir bulu


hal ini kita lakukan agar bulu kucing tetap terawat setiap harinya, gunakan sikat khusus untuk membuat bulu kucing menjadi lebat.

7.  Biasakan mandi dan gunakan shampo khusus untuk bulu kucing


kucing lokal biasanya sangat tidak suka dengan air akan tetapi jika kita membiasakan nya dari kecil, dia akan menikmati dan suka ketika kita mandi kan, jangan lupa untuk menggunakan shampo yang khusus digunakan untuk kucing.

Jangan menggunakan shampo rambut untuk manusia karena khawatir kan kucing akan menjilati bulunya dan zat beracun pada shampo akan masuk ke dalam perutnya.

nah itulah beberapa hal mengenai serba-serbi kucing kampung jika kalian ingin mememliharq kucing kampung maka berikan perawatan dan pelajari dulu karakteristik kucing kampung sebelum kalian ingin memeliharanya.

Cara merawat kucing kampung

Kucing kampung atau kucing lokal sering sekali kita temui di dekat rumah baik itu di rumah perkotaan atau di perkampungan. Banyak sekali yang setiap rumah itu memiliki peliharaan kucing kampung bisa jadi mereka memelihara kucing kampung karena banyak sekali tikus yang ada di dalam rumah mereka jadi sekaligus sebagai pengusir tikus dari rumah.

Kucing kampung ini sangat mudah dalam perawatannya asalkan kita merawat dengan penuh kasih sayang dan memberikannya pakan yang bernutrisi maka kucing kampung relatif akan lebih sehat dari kucing hias lainnya dan kucing kampung ini lebih tahan terhadap penyakit karena daya tahan tubuhnya lebih bagus daripada kucing-kucing jenis ras tertentu.

Walaupun kesinambungan perawatannya sangat mudah sekali akan tetapi kita tidak boleh sembarangan dalam proses memelihara kucing kampung.

Untuk merawat kucing kampung ada beberapa hal yang harus kita perhatikan diantaranya seperti hal-hal berikut di bawah ini.

Bak pasir

Kucing kampung itu selalu akan membuang kotorannya di pasir, mereka akan menggali seperti lubang begitu dan kemudian menimbun kotorannya di dalam pasir.

jadi tugas kita sebagai pemeliharanya menyediakan pasir untuk tempat dia buang kotoran agar kotoran tidak bau dan mencemari lingkungan.

Tempat tidur kucing

Kucing kampung itu biasanya aktif di siang hari ada juga beberapa kucing kampung yang aktif suka di malam hari tapi kebanyakan jika kucing kampung itu dipelihara kita kasih makan di siang hari maka dia malam harinya akan tidur.



Maka dari itu kucing harus kita beri tempat untuk tidur dia di malam hari kita bisa membuatnya dari kotak kayu atau kita bisa membuatnya dari plastik bekas atau keranjang atau kita juga bisa membuatnya dari kardus kemudian dilapisi dengan kain atau handuk untuk tempat dia tidur supaya lebih hangat.

Baca Juga : 5 Tips hebat cara merawat kucing dengan benar

Botol susu yang  khusus untuk kucing

Jika kucing yang kalian pelihara termasuk jenis kucing kampung yang masih anakan kalian bisa memberikannya susu menggunakan botol yang dikhususkan untuk anakan kucing lebih seperti minum susu seperti minum susu dari induknya sendiri.

Makanan kucing kampung


makanan kucing kampung itu terdiri dari dua yang biasanya disebut makanan basah dan yang kedua adalah makanan kering.

Makanan kering biasanya diberikan kepada kucing yang telah berumur dewasa karena sistem pencernaan kucing yang sudah dewasa itu sudah baik sehingga bisa mencerna makanan yang kering sedangkan untuk makanan basah bisa kita berikan pada kucing yang masih anakan atau berumur dibawah 3 sampai 4 bulan. Kenapa anakan kucing harus lebih banyak makanan basah karena supaya proses pencernaannya lebih cepat dan mudah untuk menelan makanan.

Tidak seperti manusia yang makan 3 kali sehari kucing perlu kita beri makan dalam waktu 5 kali dalam sehari, apabila kucing terlihat ogah-ogahan makan bisa jadi dia sudah kekenyangan atau mungkin dia sudah mulai bosan dengan pakan yang kita berikan, jika terlihat mulai bosan memakan makanan tersebut kita bisa memberikan beberapa makanan agar kucing peliharaanmu nafsu makannya bertambah.

Porsi makan tiap kucing itu berbeda-beda ada yang makan sedikit sudah kenyang dan ada juga yang makan banyak tetapi dia terus meminta berkali-kali jadi tergantung kita mengetahui karakter kucing tersebut.

Jangan lupa untuk memberikan daging ikan tongkol yang sudah kita haluskan kemudian bisa ditambah dengan sedikit nasi.

Langkah merawat kucing kampung

Memberikannya susu

Jika kucing kampung yang kalian pelihara belum masa sapi atau dia sudah ditinggalkan induknya maka tugas kita sebagai pemelihara adalah memberikan susu yang khusus diformulasikan untuk kucing kalian bisa mendapatkannya di banyak toko hewan atau petshop.

Jangan lupa untuk menyenduhnya dengan air hangat supaya susu yang kita berikan bisa larut secara sempurna dan tidak menggumpal dan sepertinya kucing lebih menyukai susu yang bersuhu hangat.

Hati-hati jika memberikan susu kepada kucing jangan sampai susu yang kita berikan itu mengenai bulunya karena jika tidak segera dibersihkan maka bulunya akan menggumpal/gimbal, jadi usahakan untuk memberikan susu tersebut menggunakan botol yang khusus untuk anakan kucing.

Susu ini bisa kita berikan kepada anakan kucing dalam rentang waktu 5 sampai 6 kali dalam sehari.

Memandikan kucing kampung

kucing sebetulnya tidak suka dengan yang namanya air atau dia tidak ingin bertemu dengan air maka dari itu kita jangan terlalu sering untuk memandikan kucin,g mandi kan ketika memang betul-betul diperlukan karena kondisinya yang sudah kotor bau dan banyak kutu pada bulu nya.

usahakan jika anakan kucing masih kecil Jangan menggunakan air kita bisa menggunakan tisu basah untuk mengelap bulu-bulunya. Nah jika kucing sudah mulai dewasa maka berhati-hatilah saat kita ingin memandikan kucing, karena kucing itu biasanya tidak suka dengan air dia bisa memberontak dan kemungkinan besar tangan kita bisa tercakar oleh cakarnya.



Bila kondisi cuaca sangat dingin maka kalian tidak perlu memandikan kucing atau jika terpaksa sekali gunakan air hangat untuk memandikan kucing dan gunakan shampo yang dikhususkan untuk bulu kucing jangan menggunakan shampo yang digunakan untuk rambut manusia karena ini bisa meracuni pencernaan kucing apabila kucing menjilat bulunya.

Suplemen dan vitamin untuk kucing

Selain kita memberikan makanan yang bernutrisi kita juga bisa memberikan beberapa vitamin dan suplemen untuk menjaga kesehatan kucing peliharaan kamu agar staminanya selalu terjaga dan terhindar dari berbagai penyakit dan virus yang menyerang pada tubuh kucing kampung.

Saya biasanya memberikan kucing kampung itu suplemen berupa vitamin B kompleks atau vitamin B12 agar kondisi tubuhnya selalu terjaga dan terkadang kita juga memberikan vitamin C yang ditaburkan pada makanan basah yang kucing makan.

jika pada suatu saat musim penghujan kucing yang kalian pelihara itu seperti terkena flu atau hidungnya terus mengeluarkan ingus maka langkah yang bisa kalian lakukan adalah menjemurnya pada sinar matahari di pagi hari.

Merawat bulu kucing kampung

pada dasarnya kucing kampung yang kita pelihara itu bulunya sangat pendek sekali tidak seperti kucing kucing hias seperti kucing Persia atau kucing anggora yang memerlukan perawatan khusus pada bulunya.

akan tetapi walaupun bulunya tidak panjang kita harus tetap melakukan perawatan karena jika bulunya terdapat banyak kutu maka kucing akan selalu menggaruk bulunya dan yang terjadi adalah iritasi pada kulitnya.

Jangan lupa untuk menyisir bulu kucing menggunakan sisir yang khusus digunakan untuk kucing dan jangan menggunakan sisir yang digunakan untuk menyisir rambut manusia.

Jika kita mempunyai sisir kutu, kita bisa menggunakan sisir tersebut untuk menghilangkan kutu pada bulu kucing.


Kalian juga bisa memberikan bedak yang khusus diformulasikan untuk bulu kucing yang mana fungsi daripada bedak tersebut adalah untuk menghilangkan dari kutu yang menyerang bulu kucing, ini bisa kalian dapatkan di pet shop yang ada di kota terdekat kalian tinggal atau jika tidak ada petshop kalian bisa membelinya secara online di Tokopedia atau di shopee,  jika bedak yang kalian berikan itu cocok untuk kucing maka kutu yang ada di bulu kucing mereka akan mati dan berjatuhan. Sehingga kucing akan terlihat lebih sehat karena dia akan lagi menggaruk-garuk badannya karena masalah kutu.

Hindari kucing jangan sampai keracunan

Jika kucing yang kalian pelihara sering bermain diluar ruangan sudah pasti mereka akan memakan apa saja yang mereka temui kayak belalang, burung-burung kecil, bahkan mereka juga terkadang memakan tikus rumah. Semua makanan itu adalah makanan alami untuk kucing liar akan tetapi ada beberapa orang yang meracuni tikus di rumahnya nah kita sebagai pemelihara kucing jangan sampai kucing kita itu memakan tikus yang sudah terkena racun sebelumnya, jika kucing yang kita pelihara memakan tikus yang keracunan maka kucing juga akan ikut keracunan dan kemudian akan mengalami kematian.

tanda-tanda atau gejala kucing keracunan adalah dia akan mengalami muntah-muntah jika racun yang dimakan sudah dimuntahkan maka kalian bisa memberikannya dengan obat norit yang ditumbuk halus berikan sekitar 1 butir untuk kucing dewasa.

Beri dia makan daging

Yang perlu kalian tahu adalah kucing itu karnivora jadi tidak termasuk dalam herbivora jadi jangan sampai memberikan makanan yang berupa sayuran untuk kucing.walaupun terkadang kucing kampung itu bisa beradaptasi dengan segala jenis makanan yang kita berikan baik itu makanan yang berupa dari sisa dapur atau makanan-makanan lainnya tetapi yang namanya hewan karnivora tetap saja membutuhkan daging untuk pertumbuhan dan untuk energinya.

dan ada beberapa protein yang terdapat pada daging dan kucing tidak bisa memproduksi protein tersebut jadi mau tidak mau dia harus makan daging supaya mendapat asupan kebutuhan protein tersebut.

Kita bisa memberikannya daging berupa daging ayam yang telah dikukus atau digoreng. Jangan hanya memberikan tulang saja sisa-sisa dari makanan yang telah kita makan jika kucing hanya diberi tulang saja maka dia tidak akan tumbuh besar dan tidak akan menjadi gemuk.

Memberikan kucing vitamin alami

Seperti yang sudah dibahas di atas tadi kita bisa memberikan kucing berupa suplemen dan juga vitamin akan tetapi ada beberapa vitamin alami yang bisa diberikan kepada kucing yaitu salah satunya adalah berupa madu, madu merupakan vitamin yang baik diberikan untuk kucing kita juga bisa memberikan vitamin untuk mempercantik bulunya dan juga minyak ikan yang biasanya ada di supermarket.

Seperti yang sudah dijelaskan di atas tadi vitamin ini berfungsi untuk memberikan daya tahan tubuh kucing menjadi lebih bagus dan terhindar dari berbagai penyakit.  vitamin ini kita bisa memberikannya secara langsung atau lebih praktis adalah mencampurnya dengan makanan basah yang dimakan.

Jangan terlalu banyak memberikan nasi kepada kucing

umumnya jika kita memberikan daging kepada kucing maka kita selalu menambahkan nasi sebagai pelengkap agar mungkin dikiranya orang yang memelihara nya adalah supaya kucing itu cepat gemuk dan tidak minta makan kembali.


akan tetapi jika terlalu banyak mengkonsumsi nasi maka hal tersebut sangat kurang baik bagi kesehatan kucing, kucing akan menderita kelebihan gula pada tubuhnya.
Berikan porsi nasi itu yang sesuai, misalnya saja nya kita berikan seperempat piring dan kemudian kita berikan 1 ikan goreng.

Baca Juga : Cara Membuat makanan kucing sendiri yang bergizi

Berikan dia minuman yang berkualitas

Air minum untuk kucing itu bisa kita berikan berupa air putih biasa saja yang pasti adalah air yang sudah direbus atau dalam kondisi sudah matang. Jangan sampai kucing yang kita pelihara itu meminum air dari comberan atau dari keran keran yang mengalir yang dibawahnya terdapat genangan air.

Jika kucing yang kita pelihara minum dengan air yang bersih maka tubuhnya akan sehat gemuk dan membagi bagan mas untuk selalu bermain dengannya.

Baca Juga : Kesalahan fatal dalam memberikan pakan kucing

Berikan makanan tambahan berupa tempe rebus

Ada sebagian kucing yang sangat suka sekali dengan tempe. Tapi posisinya jika tempe hanya direbus saja mungkin akan kurang suka. tetapi jika digoreng dengan kita berikan bumbu maka dia mungkin sangat suka sekali, apa lagi  bumbu yang kita pakai adalah bumbu untuk menggoreng ayam.
tempe merupakan salah satu sumber protein nabati ini salah satu gizi yang sangat diperlukan bagi pertumbuhan kucing.


Baca Juga : CARA MERAWAT KUCING TERLENGKAP 2020

Jangan biarkan kucing terlalu banyak bermain di luar ruangan

Kucing yang kita pelihara jika dia sering beraktivitas diluar ruangan maka akan banyak energi yang terkuras selain itu dia juga akan bertemu dengan kucing-kucing liar lainnya dan mulai bertengkar karena kucing itu sebetulnya menginginkan dominasi pada wilayah dia hidup.

Biarkan saja dia di dalam ruangan akan tetapi dalam waktu sesekali kita bolehkan dia untuk bermain di luar ruangan asalkan kita selalu memantaunya.

Baca Juga : 11 tips dan trik terbaik untuk merawat kucing berbulu panjang

Hindari kucing memakan daging mentah

Jika kucing itu sering memakan tikus liar atau kodok atau cicak atau hewan-hewan lainnya yang itu merupakan makanan alami mereka maka sudah dipastikan kucing itu akan terinfeksi oleh toksoplasma. Toksoplasma ini juga sangat berbahaya jika menular sampai ke manusia.jadi jangan biarkan kucing kalian memakan makanan yang berupa daging mentah atau daging setengah matang karena ya itu tadi pada daging tersebut banyak sekali mengandung toxoplasma.

Kucing sudah terkena toksoplasma maka berat badannya akan turun secara drastis.
Jadi usahakan untuk memberikan daging kepada kucing itu dalam posisi yang sudah matang baik itu bisa dikukus atau direbus atau digoreng pokoknya dalam posisi sudah matang.

Berikan makanan yang diformulasikan untuk kucing

Sebaiknya jangan setiap hari memberikan makanan yang khusus untuk kucing karena apa karena kantong kita bisa jebol. Karena terlalu banyak memberikan makanan dari toko harganya mungkin cukup relatif mahal. Apa sih ,akan tetapi jika itu sudah masuk hobi memelihara kucing mau dikatakan bagaimana lagi jika sudah memang hobi.

makanan yang dijual di toko kucing itu baik berupa pakan basah atau makanan kering biasanya memang khusus diformulasikan untuk jenis kucing hias atau kucing ras.


Tapi kita boleh kok memberikannya, hal ini dimaksudkan untuk memberikan variasi makanan agar kucing yang kita pelihara tidak bosan dengan makanan yang terus-terusan setiap hari kita berikan.

Baca Juga : Perbedaan kucing Persia dan kucing anggora TERLENGKAP

Berikan lingkungan yang selalu terjaga kebersihannya

Jangan biarkan kucing yang kita pelihara itu berada pada lingkungan kotor seperti dekat dengan comberan atau dekat dengan genangan air atau tempat-tempat kotor lainnya yang becek karena nanti jika masuk ke dalam rumah kuman atau bakteri yang dibawa oleh kucing juga masuk ke dalam rumah maka dari itu jaga selalu kucing peliharaan kalian jangan sampai mendekati tempat-tempat yang kotor.

kucing adalah hewan yang sangat suka dengan kebersihan jadi jika dia berada di dalam lingkungan yang sangat kotor maka otomatis dia akan mengalami stres dan ujungnya adalah kerontokan pada bulu nya.

Cek selalu kondisi kesehatan kucing

kucing yang kita pelihara adalah jenis kunci kampung akan tetapi kita harus selalu mengecek kondisi tubuhnya secara berkala dan keseluruhan apakah nafsu makan menurun atau tubuhnya semakin kurus kita harus terus mengecek kondisi kesehatannya setiap saat.

Pastikan kucing kampung yang kita pelihara tersebut bebas dari penyakit dan jika dia sakit harus segera mendapat penanganan untuk menyembuhkan penyakit tersebut.

Berikan makanan yang berprotein tinggi

ini sudah dibahas di atas tadi bawa kucing itu memerlukan daging untuk memenuhi kebutuhan proteinnya dia lebih suka mencerna protein dari hewani ketimbang protein yang berasal dari tumbuhan.

Beberapa jenis makanan yang berprotein tinggi selain daging dan tempe yaitu makanan yang berasal dari ikan laut. Sama seperti pemberian daging untuk kucing pemberian ikan laut untuk kucing tidak boleh kita berikan secara mentah dan harus wajib hukumnya direbus terlebih dahulu atau dikukus atau digoreng pokoknya ikan laut yang kita berikan kepada kucing harus dalam kondisi yang sudah matang.

Berikan susu khusus untuk kucing

Walaupun kucing yang kita pelihara itu sudah dalam kondisi dewasa kita juga masih bisa memberikan susu kepadanya susu dengan kandungan rendah gula tapi tinggi akan kandungan proteinnya. Dengan pemberian susu ini maka akan membuat kucing menjadi tumbuh lebih berat dan lebih gemuk. Dan pastinya akan lebih menggemaskan ketika kita memegangnya.

Susu untuk kucing ini banyak sekali kita temukan di petshop atau banyak sekali yang dijual di pasaran dalam bentuk bubuk dan kondisinya sudah higienis.

Berikan obat cacing pada kucing.

Sudah dipastikan jika tubuh kucing kita semakin lama semakin kurus walaupun kita berikan makanan yang banyak sekali mengandung nutrisi baik itu tinggi protein, karbohidrat, lemak dan sebagainya akan tetapi kucing yang kita pelihara badannya tetap kurus maka dipastikan dia mengalami cacingan.

Jadi jangan sampai menunggu kucing terkena cacingan berikan obat cacing secara rutin berkala 3 bulan sekali banyak sekali obat cacing yang khusus diformulasikan untuk kucing kalian bisa menemukannya di petshop atau di toko online,

obat cacing khusus untuk kucing ada yang berbentuk tablet ada juga yang berbentuk serbuk berikan obat cacing kepada kucing sesuai dosis yang dianjurkan pada kemasan, nah biasanya sebelum memberikan obat cacing kepada kucing kita diharuskan untuk menimbang berat badan kucing agar dosis yang diberikan sesuai dengan takarannya.


Biasakan kucing pada ruangan yang ber-ac.

Jika rumah kita dilengkapi AC maka kondisi yang bereaksi akan membuat kucing nyaman dan dia akan cenderung malas-malasan dia hanya makan dan tidur saja. Begitu maka kondisinya terutama tubuhnya akan menjadi gemuk dan gembul.dalam ruangan yang ber-ac bulu kucing akan terhindar dari kelembaban dan bulunya akan tetap kering sehingga dia akan terhindar dari penyakit kulit yang mudah menginfeksi kucing kampung seperti penyakit scabies atau kutu.

Melakukan vaksinasi pada kucing kampung

Walaupun kucing yang kita pelihara adalah jenis kucing kampung bukan termasuk kucing ras tidak ada salahnya kita melakukan vaksinasi agar kucing yang kita pelihara lebih sehat dan terhindar dari berbagai penyakit.

Pada kucing kampung yang kita pelihara ketika berumur 6 minggu maka kita sudah bisa memberikan vaksinasi.
Berapa vaksin yang kita berikan kepada kucing adalah vaksin rabies, hepatitis, lastospira atau penyakit yang dibawa oleh tikus, vaksin influenza untuk menghindari flu dan vaksin-vaksin berbagai virus lainnya.

Membersihkan kuku telinga kucing

ini yang sangat krusial sekali karena biasanya kucing kampung itu memiliki kuku yang tajam jadi nggak kita adalah memotong kuku tersebut agar ketika kita bermain dengannya kita tidak terbakar oleh cakarnya yang kemungkinan akan melukai kulit kita.

Dan jangan lupa untuk membersihkan kotoran yang ada dalam telinga kucing. Alat yang bisa kita gunakan untuk membersihkan kedua telinganya adalah dengan menggunakan baby oil setelah kita berikan baby oil maka kita bersihkan menggunakan cotton Bud. lakukan ini secara berkala agar kucing yang kalian pelihara lebih sehat dan terhindar dari kutu telinga atau scabies.

nah itulah tadi beberapa cara untuk merawat kucing kampung yang kalian bisa lakukan kan dengan perawatan yang rutin akan membuat kucing kampung yang kalian pelihara bulunya akan terlihat lebih sehat, gemuk dan tidak kalah dengan kucing ras yang biasa dipelihara oleh pecinta kucing.