Widget HTML Atas

Menghilangkan bau kolam lele dengan EM4

Seperti yang telah kita ketahui hampir semua pembudidaya ikan lele pastinya akan mengalami masalah dengan pencemaran air kolam.

Pencemaran kolam ini terjadi karena kotoran ikan nila yang terakumulasi di dalam air yang mana tidak terurai dan akan menimbulkan pencemaran bahu yang seperti telur busuk.
pencemaran kolam ikan lele ini sering terjadi di kolam terpal kolam kolam semen tetapi tidak akan pernah terjadi pencemaran bau kolam yang terbuat dari tanah atau dasarnya terdapat hamparan tanah lumpur.
Karenakarena jika di dasar kolam tersebut terdapat tanah atau kolam ikan lele kita terbuat dari tanah maka secara otomatis berdasarkan hal tersebut sudah ada bakteri-bakteri yang bisa mengurai kotoran-kotoran ikan lele.

Sehingga tidak menimbulkan bau lagi.perbedaannya jika kita menggunakan kolam terpal atau kolam beton yang mana di dasar kolam tersebut tidak ada tanah atau lumpur sudah otomatis maka tidak ada bakteri yang mengurangi kotoran ikan lele tersebut.
Apakah tugas kita adalah memberikan beberapa bakteri yang bisa mengurai kotoran kotoran ikan lele mengandung amonia sehingga tidak mencemari air.

Nah bakteri-bakteri yang kita gunakan untuk mengurai amonia dari kotoran ikan lele bisa kita dapatkan dari EM4 perikanan.

EM4  bisa kalian dapatkan di toko pertanian atau toko toko perlengkapan hewan. Harga di toko sekitar 20. 000 sampai Rp 25.000.

Sebelum EM4 perikanan ini kalian aplikasikan ke dalam kolam maka wajib hukumnya untuk mengaktifkan bakteri yang ada di dalam botol nya 4 tersebut karena bakteri bakteri yang ada di dalam botol yang 4 tersebut sedang Dorman atau tidur maka tugas kita adalah mengaktifkannya dengan menambahkan beberapa makanan tambahan seperti gula atau makanan makanan yang mengandung karbohidrat.

Yang paling simple adalah menggunakan gula merah dan tambahan air kelapa.

kalian bisa mencari wadah jerigen 10 liter kemudian kalian isi dengan air kelapa dan gula merah serta ditambahkan beberapa ml bakteri EM4.
Diamkan kurang lebih 3 hari setelah itu campurkan EM4 ini bisa kita aplikasi langsung ke dalam kolam.

Berapa dosisnya ? saya biasanya menggunakan satu gelas Aqua dicampur dengan air bersih untuk kolam ukuran 4 * 3 m.

Jangan lupa untuk membuang airnya separuh kemudian ditambah lagi dengan air yang baru baru kita tambahkan dengan probiotik.

Jika memang kolam sudah sangat bau sekali oleh amonia dan juga ikan lele sudah banyak yang mengandung maka wajib hukumnya untuk mengurangi air kolam sebanyak seperempat kemudian menambahkannya dengan air baru baru setelah itu kita tambahkan larutan dari probiotik yang telah kita buat.