Widget HTML Atas

Bagaimana madu dibikin?

Bagaimana madu dibikin?

Mengumpulkan nektar bunga-Lebah kumpulkan nektar bunga lewat lidah yang panjang seperti tabung, selanjutnya lebah simpan nektar di lambung tambahan, dan di situ nektar itu bersatu dengan enzim yang mengganti formasi kimiawi dan pH, hingga lebih pas untuk penyimpanan. 


Sesudahlebah kembali pada sarang, mereka melanjutkan nektar lewat mulut ke lebah lain, dan proses ini diulang seringkali sampai capai sarang lebah. 


Dengan begitu, prosentase air dalam nektar menyusut dari 70% jadi 20%, dan dengan begitu nektar dirubah jadi madu , dan kadang nektar itu tersimpan dalam sel sarang lebah saat sebelum menguap, sebab temperatur disarang capai suhu 32,5 ° C 

Pemrosesan madu 

Nektar yang dihimpunnya dilanjutkan ke lebah lain, sekembalinya ke sarang, dengan mengalihkan nektar dari perutnya ke mulut lebah lain, dan proses ini diulang sampai nektar yang telah tercerna beberapa kali beralih menjadi sarang lebah, dan pada step itu madu masih pekat, hingga lebah dengan menggerakan sayapnya untuk percepat proses evaporasi. 


Ini berperan pada kondensasi gula dalam madu, dan sesudah proses evaporasi usai, lebah tutupi sarang dengan lilin. Atau seperti lapisan penutup

Jumlah madu yang dibuat Satu ekor lebah cuman hasilkan seputar satu 1/2 sendok teh madu sejauh hidupnya, tapi dengan kerja sama dan kerja kelompok dengan lebah yang lain, beberapa ribu lebah pekerja bisa hasilkan lebih dari 91 kg madu untuk sarangnya.