Widget HTML Atas

Kenapa lebah membuat madu?

 Kenapa lebah membuat madu? 

Tipe lebah pemroduksi madu -Ada lebih dari 20 ribu spesies lebah di dunia, yang lain bentuk, jenis, ukuran, rutinitas bersarang, dan transisi hidup. 


Kurang dari 8% lebah hidup dalam barisan yang meliputi dari spesies yang serupa, 

Prosentase spesies lebah yang hasilkan madu kurang dari 4% dari keseluruhan jumlah lebah, yakni kurang dari 800 spesies, dan seluruh spesies lebah madu bercirikan sosial, hidup dalam sarang, dan sanggup menyengat para pengganggu sarangnya, dan terhitung tipe lebah madu yang terpopuler secara ilmiah Apis mellifera.


Fakta kenapa lebah membuat madu 

Lebah memerlukan makanan seperti organisme hidup yang lain, dan untuk penuhi keperluan nutrisinya, mereka kumpulkan nektar bunga, serbuk sari, dan air, sebab serbuk sari ialah sumber khusus protein yang diperlukan untuk memproduksi telur, dan perkembangan lebah muda, dan menyediakan lemak, mineral, dan vitamin yang dibutuhkan untuk makanan. 


sedang nektar sediakan mineral yang diperlukan lebah, termasuk kalsium, tembaga, kalium, magnesium, dan natrium, sedang madu yang dibuat lebah dari nektar sebagai salah satu sumber khusus karbohidrat yang diperlukan untuk memberikan mereka energi yang mereka perlukan untuk beberapa hal; 


Sepertit terbang menjaga kerajaan/sarang, dan beraktivitas normal setiap hari, 

tanpa adanya asupan karbohidrat, lebah akan mati dalam beberapa hari,


Perlu dicatat jika lebah pekerja perlu memetik nektar dari juta-an bunga untuk hasilkan sekitar 453,5 gr madu, dan meski begitu, satu kerajaan/ koloni lebah bisa hasilkan sekitar 36 kg madu  tiap tahun. 


Lebah menyimpan madu menjadi sumber makanan untuk koloni supaya masih hidup pada masa di mana mereka tidak bisa mendapatkan nektar bunga sebab beberapa penyebab, seperti jika bunga tidak ada sebelumnya, sama seperti yang berlangsung pada musim dingin di wilayah beriklim dingin di antara bulan Oktober dan Maret. 


Atau karena sebab kekeringan sama seperti yang berlangsung di negara tropis, atau karena ketidakmampuan lebah tinggalkan sarang untuk memetik nektar sebab temperatur rendah atau dingin, curahan hujan, atau keadaan cuaca yang tidak tepat lainnya. 


Jadi peternak lebah harus pandai pandai saat Penen madu jangan sampai panen madu saat musim tidak ada nektar..maka yg terjadi lebah bisa kekurangan cadangan makanan dan tidak bisa lagi berproduksi madu. Maka dari itu banyak peternak lebah yg sering angon atau mengembala lebahnya ke suatu daerah dimana disitu terdapat nektar bunga sesuai dengan musimnya.