Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Agar buah jambu biji tidak berulat

Pengendalian Hama Jambu Biji: Serangga Umum Yang Menyerang Tanaman Jambu Biji 

Pohon jambu biji adalah tanaman keras yang kuat dan agresif yang berasal dari Amerika tropis dan subtropis. Mereka adalah salah satu dari 150 spesies Psidium , yang sebagian besar berbuah. Keras jambunya mungkin, tetapi mereka memiliki masalah hama jambu biji, yang sebagian besar dapat ditangani dengan menggunakan metode pengendalian hama alami untuk pohon jambu biji. 


Untuk pengendalian hama jambu biji, penting untuk dapat mengidentifikasi serangga yang menyerang pohon dan buah jambu biji. 

Artikel berikut membahas hama jambu biji dan cara mengusir serangga pada jambu biji. 

Salah satu jenis serangga yang menyerang jambu biji adalah lalat buah lalat buah ini menyuntikan larvanya kedalam buah kemudian larva ini berubah menjadi ulat sehingga ketika kita akan memetik buah jambu biji yang sudah matang tidak bisa dimakan karena didalamnya terdapat ulat. 


Cara pengendalian yang paling efektif adalah dengan cara membungkus buah jambu biji sebelum dia matang yaitu ketika dia masih ukuran kecil maka kita sudah siapkan plastik atau kertas atau koran kemudian kita beli plastik supaya buah jambu biji terlindung dari hama lalat buah.


Ada cara lain yaitu untuk menghilangkan lalat buah dari jambu biji kita kita menggunakan pestisida organik yang berbentuk agen hayati agen hayati ini adalah sejenis jamur atau bakteri yang bila kita semprotkan ke buah akan menginfeksi lalat buah jika lalat buah menghinggap pada jambu biji.

Cara lain untuk menghilangkan atau mengatasi hama lalat buah pada tanaman jambu ini adalah dengan menggunakan perangkap petrogenol atau feromon yang menarik jenis lalat buah betina sehingga akan terjebak dalam botol bagaimana cara membuat perangkap ini kalian bisa menyimak di postingan postingan saya sebelumnya.

Saya tidak menggunakan perangkap ini karena dengan menggunakan feromon ini semua lalat buah akan berdatangan ke kebun jambu kita jadi jika kalian ingin menggunakan perangkap ini saya sarankan jangan memasang perangkap di area sekitar lahan karena sudah otomatis jika kalian memasang yang di sana tentu lalat-lalat buah yang berada di sekitaran lahan kalian akan menuju perangkap tersebut dan bukannya malah mengurangi serangan hama lalat buah tapi yang ada malah menambah jambu jambu biji kita yang terserang lalat buah.