Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Cara budidaya jambu biji, musim dan jenis budidaya

Cara budidaya jambu biji

Jambu biji merupakan salah satu jenis tumbuhan yang banyak dijumpai di Asia. Buah jambu biji ini mirip dengan buah pir dan memiliki banyak sekali bentuk yang berbeda dan berbagai jenis ada yang berbentuk bulat ada yang berbentuk setengah bulat, kemudian berbentuk oval atau semi oval kebanyakan jambu biji itu berwarna kuning dan memiliki aroma yang sangat harum buah ini banyak ditanam di wilayah Asia dengan berbagai cara yang berbeda-beda karena di bagian negara Asia memiliki iklim yang berbeda-beda.


Cara menanam jambu biji
Salah satu cara yang paling mudah untuk menanam jambu biji adalah dengan menggunakan bijinya yaitu kalian hanya perlu memilih biji dari buah-buahan yang besar dan ukurannya yang sempurna kemudian dicuci dengan air lalu di bagian bijinya kalian cuci sampai bersih kemudian bijinya ditempatkan di tempat yang tertutup selama 2 hari untuk memastikan bahwa biji-biji tersebut mengering. Dan perlu perhatian khusus adalah jangan sampai kalian menaruh biji jambu tersebut di bawah sinar matahari karena akan mengurangi kualitas benihnya lebih baik teman-teman mengeringkan biji jambu di dalam ruangan biarkan saja sampai kondisinya mengering titik-titik

Setelah benih biji jambu mengering temen-temen bisa taburkan di atas sehelai kain basah kemudian ditaruh di dalam wadah yang kedap udara jadi teman-teman bisa menggunakan toples kemudian selama dua minggu biarkan saja sampai dia berkecambah setelah waktu 2 minggu biji-biji mulai berkecambah temen-temen ambil masing-masing satu biji kemudian ditanam pada politik tempatnya masing-masing jangan lupa untuk menggunakan tanah yang gembur dan lalu disiram secara teratur sampai biji jambu tersebut pertumbuhannya baik.

Cara menanam jambu biji dari stek

cara menanam jambu biji dengan stek adalah dengan menggunakan batang bawah yang diperoleh dari perkembangbiakan dengan biji, kemudian disambung bagian atasnya dengan pohon jambu biji yang sudah berbuah dengan cara stek atau menyambung ini maka jambu akan lebih cepat berbuah tanpa menunggu waktu yang lama berbeda ketika kita menanam dengan dari biji secara langsung.

Cara stek jambu biji bisa teman-teman lihat di postingan postingan blog ini sebelumnya.

Cara merawat jambu biji setelah ditanam didalam pot

Yang pertama adalah pemupukan

Teman-teman baru menambahkan pupuk kandang ke politik dan sangat direkomendasikan bahwa penambahan pupuk kandang ini dilakukan selama musim penghujan.

Yang kedua adalah irigasi atau penyiraman tanaman jambu biji


Penyiraman jambu biji harus diberikan perhatian secara khusus selama musim kemarau dan selama ketika jambu biji mulai panen karena jika teman-teman mengabaikan untuk menyirami tanaman tersebut ketika musim kemarau dan selama dia berbuah maka hal tersebut akan mempengaruhi kualitas tanaman

yang ketiga adalah pemangkasan batang batang pada jambu biji

Pemangkasan cabang-cabang pada jambu biji dilakukan pada cabang yang yang tumbuh di Batang yang pohon bagian bawah yang masih sangat muda tujuannya adalah untuk memaksimalkan masuknya sinar matahari dan menyediakan ventilasi yang baik untuk pohon atau supaya udara udara itu biar bebas mengalir jadi keadaan pohon itu tidak lembab karena banyaknya dedaunan atau cabang-cabang yang tidak diperlukan.

Kemudian yang keempat adalah penyiangan gulma

Gulma yang tumbuh berdekatan dengan akar pohon jambu biji harus kita bersihkan agar nutrisi yang ada di dalam tanah tidak terbagi dengan para gulma tersebut.

Dan ingat jangan sampai ketika kita membersihkan gulma kita mencangkul tanah secara berlebihan jangan sampai akar pohon jambu itu ikut terpotong saat kita membersihkan gulma.

Musim tanam jambu biji
Penanaman jambu biji yang paling baik itu ketika bulan Oktober atau November saat musim penghujan.

Media yang kita gunakan yang sangat bagus adalah campuran dari berbagai jenis tanah yaitu pasir kemudian campurkan sedikit bebatuan atau tanah liat yang ini sangat bagus bagi perakaran tanaman jambu biji kita juga bisa menggunakan sekam sebagai penggembur tanah dan juga menyerap air yang sangat bagus.