Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

cara fermentasi sisa makanan untuk pakan ayam

Tips Fermentasi Pakan Ayam

Saat memfermentasi pakan ayam, pastikan untuk mengikuti tips berikut:

Hanya berikan ayam Anda apa yang akan mereka makan: Segera singkirkan makanan fermentasi yang belum dimakan, karena bisa berjamur.



Bereksperimen dengan pakan: Anda dapat menggunakan campuran kacang-kacangan, biji-bijian, gandum, dan biji-bijian. Anda juga dapat memfermentasi pelet komersial.




Pilih wadah yang tepat: Gunakan wadah dengan banyak ruang dan tutup yang tidak terlalu rapat. Anda ingin gas dapat keluar. Pastikan untuk menggunakan bak kaca atau plastik yang berkualitas food grade.



Gunakan air berkualitas tinggi: Anda dapat menggunakan air yang disaring, air sumur berkualitas baik, atau air ledeng yang telah didiamkan setidaknya selama 24 jam. Jangan gunakan air yang mengandung klorin. Jangan pernah menambahkan ragi atau cuka, karena dapat menghasilkan alkohol. Jangan biarkan pakan mengering. 

Awasi proses fermentasi: Simpan wadah di tempat yang sejuk dan kering dan aduk beberapa kali sehari. Mengawasi campuran dan mencari gelembung. Saat Anda melihat gelembung, biasanya setelah sekitar tiga hari, campuran sudah difermentasi dan siap. Pakan hasil fermentasi akan berbau manis. Jika jamur berkembang atau jika berbau tengik, buang.