CARA MEMBUAT PELET KELINCI PART 1 | NUTRISI YANG DIPERLUKAN KELINCI PART 1

CARA MEMBUAT PELET KELINCI PART 1 | NUTRISI YANG DIPERLUKAN KELINCI PART 1

 NUTRISI YANG DIPERLUKAN KELINCI PART 1


Sekarag yang kita bahas adalah nutrisi yang diperlukan ternak kelinci.
Ini yang menurut saya paling njlimet paling ruwet, paling rumit, jadi dimohon temen temen agak serius sedikit di bab ini. kalo kemaren kita sudah bahas tentang habit kelinci, bolehlah sedikit sedikit sambil bercanda, guyonan sama temennya, tapi untuk yang ini saya harap serius semuanya, karena apa?  HampIr 70 % dari biaya operasional kesedot ke post pakan ini.
Nah didalam pakan ini ada pengetahuan tentang nutrisi yang harus kita ketahui dan ini wajib semua peternak kelinci harus tau.


Yang punya mesin pellet ilmu ini wajib untuk dipelajari. Kalo bikin pellet tapi tidak paham atau tidak tahu tentang nutrisi yang diperlukan kelinci. 
Berarti anda adalah produsen pellet kelinci yang dholim.
Yang tidak punya mesin pellet juga harus tau tentang nutrisi kelinci. Supaya tidak mudah dibohongi para penjual pellet. Apalagi sampai bela2in beli resep pellet kelinci..

APLIKASI WINFEED UNTUK FORMULASI PAKAN KELINCI
APLIKASI WINFEED UNTUK FORMULASI PAKAN KELINCI


Misalnya saja saya jual pellet murah nie… dengan kandungan pellet sekian % sekian %.. karena tidak tahu kandungan pellet, yang jadi patokan hanya murah saja. Akhirnya kelincinya pun bermasalah..

Kitapun tidak boleh asal asalan dalam formulsi bikin pellet kelinci, wes bahan bahan dicampur aduk sak sak’e, seadanya tanpa dihitung cuman dikira2 dicampur aduk trs dipelet..yang seperti ini akan menimbulkan masalah pencernaan ternak kelinci dkemudian hari…

Menurut pengalaman semakin bauk mutu pakan ternak kelinci, maka obat2 tidak perlu ada dikandang. Yang wajib ada Cuma 2 obat scabies dan hormone oxytoxin. Hamper semua penyakit ternak kelinci nyangkutnya ke nutrisi
1)      Mencret  : nutrisi (serat), bisa karena bakteri, bisa juga karena stress(devisiwnsi vitamin).
2)      Kembung : nutrisi  (kadar serat berubah ubah), dan arena masalah habbit kelinci.
3)      Sembelit: nutrisis lagi
4)      Kelumpuhan : nutrisi ( berhubungan dengan kalsium)
5)      Induk tidak menyusui : nutrisi bisa ( hormone prolaktin), stress juga bisa
6)      Anak diorat-arait: habbit, stress, nutrisi juga bisa
7)      Bisul : nutrisi (kadar lemak)
8)      Kaki kura2 : nutrisi ( kalsium dengan fosfor serta lemak dan air minum)
9)      Dll

Jadi dimohon serius semuanya.
Nutrisi kelinci itu hamper sama dengan nutrisi untuk manusia.
Manusia butuh protein,butuh juga karbohidrat,lemak,butuh vitamin dan mineral dan yang tidak kalah penting adalah serat kasar.
Slogan yang selalu digunakan di kelompok kami adalah “get into the rabbit habbit”.jadi untuk masalah nutrisi ini kita juga harus kembali ke habit kelinci dialam liar. Apa makanan kelinci dialam liar ??? ya tentu saja rumput/ hijauan..jadi jikalu mau belajar tentang nutrisi pada ternak kelinci. Ya lihat saja rumput apa yang ada dalam kandunga rumput. Sebenarnya hijauan saja itu udah cukup untuk memenuhi kebutuhan nutrisi kelinci dan tanpa tambahan apapun. Lha wong makanan kelinci dialam liar juga rumput kok…
Rumput itu nutrisibya komplit. Hampir semua yang dibutuhkan ternak kelinci ada pada rumput, mau itu protein, lemak,serat, karbohidrat, vitamin dan mineral.. semuanya lengkap ada di rumput..tapi ada kekurangannya, yaitu jumlahnya terbatas. Jadi untuk memenuhi kebutuhan nutrisnya kelinci harus makan rumput dalam jumlah banyak, nah kita sebagai peternak sangup tidak untuk menyediakan rumput dalam jumlah yang banyak.. jika tidak ya maka model pakannya kita modifikasi contohnya pellet dengan nutrisi yang kita buat sesuai dengan makanannya dialam liar yaitu hijauan atau rumput. Ada protein, serat, lemak,karbohidrat, vitamin dan mineral dll.

Masuk ke pembahsan protein.

Protein digunakan ternak kelinci untuk pembentukan hormonal kelinci, sebagai pertumbuhan ,regenerasi sel, sumber energy juga bisa dan lain-lain silahkan googling sendiri untuk menambah referensi..
Protein ini tidak ada batasan prosentasenya. Tapi ada batasan bahan tertentu misalnya tepung ikan. Tepung ikan ini sangat tinggi protein tapi ada batasan bahan yang digunakan untuk campuran pellet kelinci. 
Trs karena tepung ikan tinggi protein dan lagi prisentase protein pellet tidak ada batasannya , maka tepung ikan dibanyakin dalam ransum, lha ini yang tidak boleh. Karena bahan ini ada batasan jumlah yang digunakan dalam ransum ternak kelinci. Pengunana tepung ikan ini atau protein hewani masih jadi pro dan kontra dikalangan formulator. Ada yang membolehkan ada yang tidak. Tidak perlu saya bahas disini.. saya males nulis referensinya.. jika mau digunakan ya silahkan ditambahkan. Jika tidak ya tidak usah dipakai atau cari bahan baku lainnya penganti protein hewani.

Banyak sekali bahan baku pellet yang tinggi akan kandungan protein nabati contoh bungkil kedelai. Jagung selain berkabohidrat tinggi  juga memmpunyai kadar protein yang tinggi. Kemudian  ampas tahu. Kemudian lagi azzola, untuk azzola ini hati hati karena juga ada batasan bahan dalam ransum kelinci. Dll masih banyak lagi sumber protein nabati lainnya.

Kemudian masuk ke serat kasar.

Serat kasar adalah bagian makanan yang tidak bisa dihancurkan oleh enzim2 pencernaaan, jadi serat ini tidak akan bisa dicerna oleh ternak kelinci, tetapi walaupun demukian serat ini tetap penting untuk kelinci.

Fungsi serat :

·         Kenyamanan pencernaan kelinci
Jadi semakin tinggi kadar serat dalam pakan maka pencernaan akan semakin nyaman, bebas mencret jikalau tidak terinfeksi bakteri penyebab mencret. Tapi daya cerna pellet akan menurun, FCR akan tinggi artinya apa kelinci akan menjadi kurus2.. 

jikalau kekurangan serat.. pencernana kelinci mulai tergangu dan akhirnya mencret. inilah yang menjadi focus para peternak kelinci pedaging. Dan disinilah njlimetnya mendesign pakan kelinci pedaging. Jadi wajar saja jikalu mereka para produsen pellet agak sedikit pelit ilmu tentang formulasi peletnya.
 Karena memang untuk menemukan formulasi pellet yang sempurna butuh waktu lama, trial error, butuh biaya karena harus keluar masuk labolatorium pengujian mutu bahan pakan ternak. Dan itu butuh biaya yang tidak sedikit.


Sebagian serat ini ada bagiannya yaitu :
1)      Pectin
2)      Selolusa
3)      Hemiselolusa
4)      Lignin


Tidak perlu saya jelaskan satu2.. silahkan cari referensi di google untuk bagian bagian serat yang saya sebutkan tadi diatas.


jenis serat ada 2 yaitu :
1)      Serat terlarut/dapat dicerna/digestible fiber
2)      Serat tidak terlarut/ tidak dapat dicerna/undigestible fiber


Contoh misalnya saja kelinci makan serat sebanyak 10 gram yang 8 gram akan bekerja diusus untuk kenyamana pencernaan kelinci, dan yang 2 gramnya lagi akan diserap usus masuk keperedaran darah dan bersama sama sama asam empedu untuk mengikat kolesterol untuk dibuang lagi lewat usus. Jadi konsumsi serat 10 gram keluar lagi tetap sam 10 gram, kelinci makan serat 1 karung keluar lagi juga sama…

Kemudian masuk ke pembahasan tentang lemak..


Lemak  fungsinya sebagai cadangan energy, penyeimbang cadangan metabolism tubuh, kemudian pelarut vitamin A, D, E, K


Kandunagn lemak ini berkisar anatara 3-5%.kalo dibawah 3 % penyerapan kalsium akan tergangu jika sudak begitu akan terjadi masalah penyakit yang berhubungan dengan tulang..atau lebih lengkapnya silahkan cari dipembahsan tentang kalsium di post post sebelumnya. 

Dan tidak boleh juga melebihi angka 5% karena akan menyebabkan bisul dan kegemukan..masalah ini juga sudah pernah dibahas dipost2 sebelumnya diblog ini silahkan di cari sendiri…


Masuk ke energy atau kalori


Energy ini tidak ada batasannya dalam pellet kelinci
Idealnya 2300 kkal sampai 2500 kkal
Jika belebihan maka kelinci akan kegemukan.. sudah taukan jikalau kelinci kegemukan..kalo untuk pedaging sih bagus,, tapi  jikalau untuk indukan..ini juga sudah pernah saya tulis dipost sebelumya.,. silahkan cari sendiri penjelasan yang lebih di post sebelumnya supaya pengetahuan kiata tentang kelinci lebih mendalam.

 BACA JUGA : biobig


Mungkin sampai disi dulu untuk vitamin dan mineral akan dibahas dipost selanjutnya…



Baca juga:

Buka Komentar
Blogger
Disqus
Pilih Sistem Komentar