NEST BOX KOTAK BERANAK YANG BAIK

NEST BOX KOTAK BERANAK YANG BAIK



BERAPA UKURAN NEST BOX ?


Bagaimana bentuk kotak beranak yang memenuhi criteria agar induk kelinci merasa aman dan nyaman layaknya habitatnya?

Untuk ukurannya, panjang dan lebar diukur dari panjang dan lebar badan ternak kelinci di tambah 10 cm, dan dikasih celah yang lengkung pada salah satu sisi nest boxnya. Biar indukan kalo masuk kotak beranak tidak harus loncat kedalamnya. Gak kejedot perutnya.





Dan bentuknya terbuka atas agar memudahkan kita mengontrol anakan.. saya pernah lihat ada kandang yang di design dengan kotak beranak berada diluar kandang dengan pintu kotak diatsnya, model seperti itu sangat ideal karena induk merasa ngerong, juga memudahkan kita mengontrol anakan tanpa mengangu si induk.



NEST BOX

Ya kalu tidak bisa ya kita pakai kotak beranak saja, kotak beranak dengan terbuka atas namus sisi bagian lebar yang satunyadibuat cekung dengan tujuan  sebagai jalan masuk keluar si induk untuk menghindari benturan dengan dinding nest box.

Kalo sering terjadi benturan dengan dinding kotak beranak maka bayi ternak kelinci yang paling ujung akan mati dan menghalangi jalan lahir bagi bayi- bayi lainya dibelakangnya..adakah yang pernah ngalami, beranak tapi sudah dalam kondisi mati…?


Mangkannya dibagian salah satu sisi dibuat cekungan.benturan- benturan ini mengakibatkan pecahnya placenta yang berakibat kematian, palcenta yang pecah akan menempel dengan badan bayi. Dan pada waktu melahirkan siinduk akan menarik sijabang bayi dengan cara mengigit kepalanya sekaligus memakannya karena habit kelinci akan selalu memakan placenta sebagai sumber energy dan proses mengejan untuk induksi kelahiran.placenta selain mengandung gizi juga mengandung hormone oxitosinase hormone yang bisa merang sang kontraksi, baik kontraksi uterus atau kontraksi kelenjar air susu, jadi bila menemuai kasus seperti ini jangan buru2 mengambil kesimpulan kalo ternak kelinci kita kanibal.

Berbeda lagi dengan anakan yang premature(gak utuh) tapi bayi yang alainnya baik dan sehat. Kasusu seperti ini biasanya terjadi karena kondisi uterus yang tertutup lemak sehingga pada masa perkembangannya ada sebagian janin yang tergencet dan tidak bisa berkembang dengandengan baik., kelihatan seperti premature atau belum cukup umur. Padahal dia tidak utuh karena memang tidak berkembang pada waktu pembentukan anggota tubuh.


Haduwh ngaongin beginian jadi inget ibu2 yang melahirkan..betapa berat perjuangan beliau..
Yang punya istri buru2 dipeluk istrinya..
Yang jomblo meluk siapa… meluk kelinci aja…hahah kasian nasib loe mbmlo..mbloo…

baca juga : ampas tahu untuk kelinci



Baca juga:

Buka Komentar
Blogger
Disqus
Pilih Sistem Komentar