PENGGUNAAN PROBIOTIK PADA KELINCI

PENGGUNAAN PROBIOTIK PADA KELINCI


Bolehkah Probiotik Diberikan Pada Kelinci?

Ketika kita memberikan probiotik kepada kelinci kesayangan kita, banyak yang bertanya apakah bakteri yang terdapat pada prebiotik  bisa beradaptasi pada keadaan lingkungan  pencernaan pada usus kelinci?


bakteri


Sebagian besar produk probiotik kelinci mengandung berbagai macam bakteri baik yaitu:

Lactobacilli
Bifidobakteri ,
Lactococcus
Pediococcus


Dan anehnya dari semua bakteri tersebut tidak ditemukan berada pada saluran pencernaan kelinci, nah jika tidak ada di pencernaan kelinci yang sehat, maka khasiat saat kita memberikannya kepada kelinci perlu kita pertanyakan? Iya tho…? Bisa jadi kondisi lingkungan pada pencernaan kelinci tidak cocok untuk kelangsungan bakteri tersebut.



Ada beberapa pertanyaan lagi yang harus dijawab:

1. apakah bakteri yang diberikan kepada kelinci dalam bentuk prebiotik dapat bertahan melewati asam lambung kelinci yang sangat asam?

2. kemudian pertanyaan yang kedua, jika lambung atau perut sudah terlewati apakah bakteri dapat bertahan dalam kondisi anaerobic dari sekum kelinci?

3. ada sebuah penelitiyang yang dilakukan terhadap probiotik untuk kuda.. ya system pencernaan kelinci dengan kuda hampir sama, mereka mempelajari berbagai merk dari probiotik yang ada dipasaran. Para peneliti  menunjukkkan bahwa tidak ada satupun bakteri probiotik pada kuda yang mampu mencapai usus,, dan  ternyata banyak probiotik dipasaran yang mengandung bakteri lebih sedikit dari pada yang tercantum pada label kemasan.

4. dan adakah yang tahu bahwa bakteri yang baik untuk pencernaankelinci adalah bakteri yang berasal dari caecrotop/cecals kelinci yang sehat. Tapi masalahnya ketika selaput caecrotop pecah besar kemungkinan bakteri yang terkandung didalam caecrotop akan mati ketika melewati perjalanan diperut kelinci.  jadi jangan menganggu ketika kelinci kita sedang memakan caecrotop.

5. walaupun begitu produk probiotik tidak akan menimbulkan masalah penyakit, dan pada beberapa kasus nampaknya memiliki efek yang positif, maka secara rutin probiotik boleh diberikan kepada kelinci yang sedang sakit.



Memang topic pemberian  ini sangat controversial, namun karena penggunaanya tidak  berbahaya dan juga tudak ada efek samping yang diketahui maka pemberiaan probiotik pada kelinci boleh diberikan juga bisa diberiakan kepada kelinci yang sedang disuntik antibiotik

BACA JUGA : MEMBUAT DRUM KOMPOSTER UNTUK KOMPOS KOTORAN KELINCI

Baca juga:

Buka Komentar
Blogger
Disqus
Pilih Sistem Komentar