Skip to main content

Bolehkan kelinci diberi makan sayuran wortel

sebetulnya bolehkah kelinci makan wortel-ya pasti banyak yang menjawab boleh karena memang sudah menjadi pasangannya didunia kartun kalo kelinci itu memang identik dengan wortel. yang paling hebat tentang memelihara kelinci adalah ketika kita tidak kesulitan memberi makan kelinci dengan apa yang memenuhi kebutuhan nutrisi harian mereka, kelinci adalah binatang vegetarian terbaik dan umur mereka akan panjang jika hanya mengkonsumsi vegetarian saja tampa adanya tambahan bahan aditif lainnya. dengan memberi mereka makan berupa rumput hijaun saja dan beberapa sayuran serta air minum kelinci akan dapat berumur panjang.

akan tetapi jika kita penghobies kelinci rumahan yang selalu menambahkan beberapa variasi makanan pada kelinci kita maka penting bagi kita untuk mengetahui beberapa jenis sayuran yang baik dan tidak baik untuk kelinci kita, dan beberapa jenis sayuran harus dihindari karena akan membahayakan kesehatan kelinci kita.

Bolehkan kelinci diberi makan wortel

nah kembali keatas lagi, lalu bolehkan kelinci diberi makan wortel, tentu jawabnya adal boleh akan tetapi harus dalam jumlah yang sedikit. banyak sekali dari kita yang cenderung meniru apa yang ada pad televisi dan kemudian memperlakukannya seperti fakta dalam situasi yang nyata contohnya saja ya kita sering kali melihat pada televisi bahwa kwlinci suka dengan wortel hal itu sudah menjadi fakta disebagian masyarakat kita di indonesia.nah tatpi lihat para peneliti diluar sana mereka malah menganjurkan untuk memberi makanan kelinci berupa rumput kering atau hay secara rutin untuk makanan mereka sehari2, makanan utama kelinci adalah hay atau rumput kering dan juga tambahan sayuran hijau dan sedikit dengan akarnya.

sayuran wortel kemudian kentang dan ubi jalar termasuk sayur yang berasal dari akar tanaman, kelinci akan kesulitan dalam hal mencerna jenis makanan tersebut karena adanya karbohidrat yang komplek akan tetapi kurangnya serat atau selolusa, sebagai hewan lomograp memang sebaiknya kelinci hanya makan hay dan sayuran saja karena kedua jenis makanan tersebut tuidak akan menganggu homeostasis sistem pencernaan pada kelinci.

dan salah satu alasan kenapa saya jarang memberikan wortel ke kelinci saya adalah dengan seringnya kelinci mengkonsumsi wortel maka akan membuat kerusakan gigi kelinci, jika sudah terjagi kerusakan gigi maka kesehatan kelinci akan rusak secara keseluruhan mulai nafsu amkan mulai menurun dan seringya dagu yang basah oleh air liur kelinci. lalu ada pertannya apakah boleh daun wortelnya diberikan kepada kelinci, tentu ini merupaka hlijauan yang boleh diberiakan kepada kelinci, an alangkah baiknya kita layukan telebih dahulu sebelum kita berikan ke kelinci kita.

yanag kedua sayuran wortel memiliki banyak sekali kandungan gula, jangan pernah memberikan kelinci kita dengan makanan yang banyak mengadung banyak gula seperti nasi contohnya, gula yang tinggi akan menyebabkan kelinci menjadi kegemukan dan akan susah sekali untuk beranak. jadfdi sebaiknya kelinci janya diberi makanan penganti yang kaya akan kadar serat, jika memang kita ingin memeberikan wortel kepada kelinci maka berikan irisan2 kecil wortel dalam jumlah yang sedikit saja sebagai camilan 2 kali sehari dan jangan sampai wortel digunakan sebagai makan pokok atau utama unyuk kelinci kesyangan kita. dan ada lagi aturan untuk memeberikan wortel untuk kelinci, kelinci yang berumur 6 bulan atau lebih saja yang boleh mengkonsumsi wortel, jadi sebelum memasuki usia enam bulan maka hanya berikan hay beberapa sayuran hijau dan air minum saja, jika sudah lebih dari usia enam bulan kita bisa menambahkan berbagai cemilaan untuk kelinci kesayangan kita.

sebagai pemelihara kelinci yang baik maka wajib hukumnya bagi kita agar selalu menjaga kesehatan pencernaan kelinci kita, jangan sampai kelinci kita menderita diare karena itu sangat menyiksa sekali bagi kelinci, dan ketika gula dan karbohidrat yang menumpup pada caceum atau usus kelinci maka hal ttersebut akan menghasilkan gas yang dapat mengubah tingkat keasaman atau Ph pada uusus kelinci, maka dari itu hindari gula dan pati jika kita menginginkan kelinci kesayangan kita bisa bertahan hidup sampai bertahun2 lamanya. gula dan juga pati akan menjadi tempat berkembnag biak bagi bakteri2 jahan yang akan menyebabkan diare pada kelinci kelinci kita.

Sumber : pemasaran ternak kelinci

Comment Policy: Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui.
Buka Komentar
Tutup Komentar