Berbagai penyebab kelinci mengalami stress

Berbagai penyebab kelinci mengalami stress

Berbagai penyebab kelinci mengalami stress-memelihara kelinci itu penuh sekali dengan banyak tantangan, menegangkan kadang juga menjengkelkan, tapi kadang juga mengasyikkan.terkadang juga kita mengalami yang namanya ketakutan akan kehilangan kelinci kesangangan kita karena suatu penyakit yang kita sendiripun tidak bisa mendiagnosis penyakit tersebut apa dan bagaimana cara mengatasinya, apalagi kalo kelinci berharga jutaan, terkadang ketakutan dan kecemasan yang dialami kelinci dapat menimbulkan penyakit ataupun infeksi yang menyebabkan kelinci menjadi sakit, karena serangan dari berbagai bakteri dan parasit. aneh ya kelinci itu begitu dia stress bakteri langsung menyerang dan yang paling sering diserang adalah bagian saluran pencernaanya kyang berakibat pada penyakit diare dan masalah pencernaan lainnya.



menyapih kelinci jika kurang tepat waktunya maka akan menimbulkan penyakit pada pencernaan kelinci anakan, jadi usus dan sekum kelinci yang sehat akan beri floran dan bakteri yang sehat, akan tetapi jika kondisinya lemah maka seringkali bakteri pathogen yang akan mendominasi saluran sekum anakan kelinci dan ini yang akan menimbulkan kelinci menjadi diare dan sebagainya. maka dari itu usia untuk menyapih sangatlah penting pprose menyapih harus dilakukan dalam rentang waktu lebih dari 8 minggu karena saat itu proses kolonisasi bakteri dalam usus kelinci sudah berlangsung baik.


penyebab stres pada kelinci yang paling sering terjadi adalah yang pertama. proses melahirkan, proses melahirkan pada indukan kelinci hanya berlangsung selama kurang lebih 15 menit, induk kelinci akan mengalami tekanan batin yang sangat luar biasa apalagi jika proses kelahiran kelinci berlangsung lama atau lebih dari 15 menit, bayi kelinci yang baru lahir akan mengalami kondiisi yang sangat lemah dan ini terkadang yang menyebabkan sebagian anakan kelinci mengalami kekuranga susu dan asupan colostrum dari indukannya.

menyapih anakan kelinci juga sangatlah sulit, ini merupakan hal yang saya paling benci dalam peternakan kelinci akan tetapi mau bagaimana lagi jika tidak kita segera lakukan maka induk kelinci tidak akan segera produksi anakan lagi dan ini yang akan membebani obiaya ioperasional peternakan kelinci kita. penyapihan kelinci bisa kita mulai pada usia sekitar 4 minggluan dan mereka akan kekurangan asupan susu induk dan mulai menambah atau mulai tertarik pada makanan jenlis padat. fulj penyapihan bisa kita lakukan pada usia 6 sampai 8 minggu, arinya full penyapihan adalah dengan memisahkan induknya dengan anak secara jauh sehlingga anaka tidak b;isa melihat induk kelinci. nah stress yang disebabkan oleh penyapihan ataupun ritme kita  makan yang baru yang dialami oleh kelinci anakan akan membuat dia sedikit mendapatkan asupan susu dari indukannya dan juga peralihan ke jenis makanan baru yang berasal baik itu dari pelt ataupun makanan yang berasal dari tumbuhan akan mengacaukan semua sistem pencernaan kelinci dan ini juga akan mempengaruhi sistem imun atau sistem kekebalan kelinci, sudah otomatis jika sistem kekbalan kelinci menurun maka saluran pencernaannya akan mudah di serang oleh bakteri pathogen dan juga flora bakteri usu yang tidak seimbang.

jika yang sepertini di barengi dengan pengangkutan kelinci atau kelinci dalam proses perjalanan maka diare pada kelinci akan menyerang dengan lbih cepat.

nah cara menyapih yang benar adalah kita meniru dialam liarnya, dialam liar anakan kelinci tidak pernah di pindahkan [oleh induknya ketempat lain yang ada adalah induk yang mencari tempat sarang baru untuk hamil selanjutnya nahy sementara anakan kelinci tetap berada pada sarang yang sama sama sampai dewasa. nah inilah yang akan kita terapkan didalam kandang kita, yaitu cara memisahnya dengan memindajkan indukannya, bukan anakannya yang di pindah, kebaqnyakan peternaka kelinci kita salahnya disini, memindahkan anakannya ketempat lain, yang benar adallah dengan memindahkan indukannya ketempat lain, dan memb;iarkan anakan kelinci dikandang tersebut supaya suasananya kandang tidak berubah bairkan kelinci tetap berada pada lingkungan yang sudah dia kenal sebelumnya, yang akan mengurangi tingkat stress pada anakan kelinci.


penyebab stress pada kelinci yang selanjutnya adalah serinya mengonta ganti makanan, jika kita sering mengonta ganti makanan yang kelinci maka stress yang akan di dapat oleh kelinci, kelinci itu bukan manusia yang butuh banyak variasi makanan, kelinci lebih cenderung kepada kadar serat yang stabil. nah jika kita ingin menganti pakan kelinci dengan  jenis makanan yang baru maka disarankan untuk mengantinya secara perlahan, denagn mencampur jenis makan lama dengan makan yang baru, setelah terbiasa maka kita bisa full pindah ke makanan jenis baru,




penyebab stress yang berikutnya adalah trasportasi atau pengankutan pada kelinci, misalnya kita membeli kelinci dari tempat yang sangat jauh sekali maka trasportasi ini akan menyebabkabn kelinci kita mengalami stress yang berlebih, apagai jika kelinci dalam posisi menyapih wah bisa langsung koit tu kelinci keesokan harinya.

sistem pencernaan kelinci itu sangat unik sekali, induk eklincio hanya menyusui anakanya selama kurang lebih 3 sampai 5 menit saja, dan itupun hanya sekali saja dalam satu hari tapi anehnya anakan kelinci bisa tumbuh besar dan sehat, dengan catatan nutrisi induk kelinci terpenuhi. asi kelinci memeiliki ph bersisar 5-6 dan mengandung beberapa asam lemak, nah ini yang ajaib asam lemak kelinci memiliki anti bakteri yang sangat bagus sekali terutama bakteri e coly yang menyebabkan kelinci menjadi mencret.


salah satu komponen enzimatik pada pencernaan kelinci akan mencegah bakteri pathogen pada sistem pencernaan mereka selama 21 hari masa hidup mereka,



antara rentang waktu antara minggu ke 3 sampi minggu ke 6 kelinci akan mengunyah jenis makanan padat seperti misalnya pelet jerami dan hijauan segar lainnya serta beberapa kotoran lunak induk kelinci yang memiliki banyak sekali nutrisi.

nak ketika anakan kelinci kekurangan suplai susu induk kelinci maka ph pencernaan kelinci akan turun drastis menjadi 1-2, sangat asam sekali dan ini akan menyebabkan bakteri pahogen berkembang dengan sangat cepat sekali
.

nah faktor2 seperti stress dan keasaman pencernaan kelinci yang tinggi, pakan kelinci dengan kadar protein yang sangat tinggi serta serat yang sangat rendah ini sangat memainkan peranan penting dalam mempengaruhi sistem kekebalan tubuh kelinci.

dan pada akhirnya jika kelinci terlihat sakit maka ada sebagian peternaka kelinci yang menyunt;ikkkan antibiotik, dan ini juga akan menyebabkan diare yang fatal pada kelinci kita.

sekum kelinci merupakan media yang anareop atau tampa udara dan sedikit asam karena proses fermentasi makanan yang terjadi disana, berbagai bakteri yang terkandung didalam sekum kelinci sangat berpengaruh kepada PH, banyaknya pati pada makanan dan juga di pengaruhi oleh stress, stress tidak hanya menyerang kelinci muda antara usia 4 sam,pai 12 minggu akan teppai juga menyerang kelinci tua. jadi ,yaqng punya kelinci tua  atau dewasa jangan senanmg dulu karena kelinci dewasa ajuga berpotenmsi stress yang lebih akut.

stress pada kelinci akan menyebabkan penambahan holrmon adrenalin ke dalam aliran darah, nah hormon ini kemudian akan bekerja dalam usus yang membuat gerakan paristaltik usus memjadi terpengaruhi nah akirnya sekum kelinci ph nya akan meningkat, terjadi modifikasi proses fermentasi lalu bakteri phatogen akan mulai banyak berkembang dan menghasilakan banyak gas di sekum dan usus yang akan menimbulkan kembung pada pencernaan kelinci.

gambar Berbagai penyebab kelinci mengalami stress


kelinci muda ataupun dewasa yang terseran  penyakit bliasanya tidak akan memakan caecrotopnya, kualitas caecrotop yang buruk karena ada ganguan pada pencernaannya, atau terkadang bau caecrotop yang busuk karena pengaruh obat ataupun berbagai macam antibiotik, dalam kasus ini maka kelinci b;isa kita berika probiotik untuk kelinci.

diare pada kelinci karea bakteri dan ini sangat menular sekali, jika ada kelinci yang sehat menjillat kotoran kelinci yang terserang diare maka kelinci yang sehat tersebut akan segera terjangkiti oleh diare jadi jika mengunakan kandang koloni maka segera pisah kan kelinci yang mengalami sakit agar tidak menuran ke seluruh koloni kelinci,

bersambung ke halaman selanjutnya
baca juga masalah pencernaan kelinci yang di timbulkan oleh pelet kelinci
sumber fazairablog


Baca juga:

This Is The Newest Post
Buka Komentar
Blogger
Disqus
Pilih Sistem Komentar

No comments

Note: Only a member of this blog may post a comment.