Skip to main content

Penyebab kelinci mendadak kurus

Seringkali dikandang kita jumpai kelinci yang tiba2 nafsu makannya berkurang dan mendadak dakam beberapa hari saja badannya mulai kurus. Banyak fakttor yang menyebabkan badan kelinci menjadi kurus.


1. Kelinci sedang menyusui
Kelinci yang dalam masa laktasi atau menyusui maka akan kita jumpai berat badannya menjadi kurus. Kurus tapi dalam arti tetap sehat. Karena semua nutrisi yang diserao indukan kelinci sebagian besar digunakan untuk produksi air susu u tuk membesarkan anak2nya.

Maka dari itu porsi pelet kelinci untukn indukan yang sedang menyusui harus ditambah 2 kali lipas saat dia sedang hamil. Sama halnya juga saat mengunakan pakan  rumput jumlahnya haruw ditambah. Jika dirasa nutrisi kelinci itu kurang. Asaupan pakan dan nutrisinya kurang. Maka badan kelinci akan semakin kurus. Terkadang jika hal ini dibiarkan berlarut2 maka induk kelinci akan mempunyai naluri untuk membunuh anaknya.  Salah satu co tohnya adalah.. seringkali kita menjumpai anakan dikotak beranak berjumlah 6 tapi setelah satu minggu kita cek anakan tinggal 4. Nah kemana yang 2 ekor. Posisi kandang juga rapat terkunci dan tidak ada predator. Berdasarkan pengalaman 2 anakan yang lainnya dibunuh sama si induk dengan cara memisahkan dari anakan lainnya dengan tidak menyusuinya. Kenapa hal ini bisa terjadi karena induk kelinci sudah punya insting berpa nutrisi yang dihasilakn untuk susu dan untuk menghidupi anakan kelinci 4 ekor..jadi untuk kehidupan 4 anakan kelinci 2 saudara dikorbankan jadi tumbal. Nah hal ini tidak akan terjadi jika nutrisi yang kita berikan kekelinci itu cukup atau lebih.

Dari pengalam jika nutrisinya bagus maka kelinci akan menyusui anaknya berkali2 lebih dari sekali. Yang biasanya kelinci hanyak menyusui  sekali di malam hari saja. Maka dari itu perbanyak pakan untuk kelinci yg dalam posisi menyusui.

2. kurus karena penyakit hairball/sembelit dan mencret
kelinci yang terkenan serangan hairbal atau diare sudah otomatis asupan makanannya akan berkuran karena kelinci akan susah sekali untuk makan dan untuk bertahan hidup kelinci akhirnya mengambil nutrisi dari dalam tubuhnya untuk diolah menjadi energi dan untuk bertahan hidup, jika kasusnya sembelit maka segera lakukan pengobatan yang sesuai cara pengobatan kelinci sembelit ada di post sebelumnya, pun sama halnya jika kelinci terserang diare, kelinci akan mengalami dehidrasi para dan pada akhirnya tubuh akan mulai mengamabil nutrisi dari badan kelinci untuk diolah menjadi energi, lamam kelamaam berat badan kelinci akan menyusut dan kurus.

3. kelinci kurus karena dominasi kelinci lain
ini terjadi biasanya dikandang koloni selepas masa sapih, kelinci yang kalah dominasinya akan kekurangan jatah pakan sehingga kelinci akan keurangan makanan dan berat badannya tidak akan maksimal,maka di usahakan saja segera dimasukkan kedalam kandang pembesaran supaya mendapatkan jatah pakan yang maksimal. dan sebaiknya kndang pembesaran itu di isi 1 sampai 2 ekor kelinci saja. supaya segera mendapatkan berat badan yang ideal untuk jenis pedaging.

4. kelinci kurus karena lumpuh
kelinci yang tiba2 mengalami kelumpuhan kaki belakang secara cepat akan mengalami penurunan berat badan yang drastis, ini disebabkan krena dia akan kesulitan mengkonsumsi makanan saat kondisi lumpuh,k segera lakukan pengobatan untuk mengatasi kelumpuhannya, jika sudah tidak bisa disembuhkan maka kelinci lumpuh bisa kita langsung masukkan kedalam kategori kelinci afkir dan siap untuk disembelih.

5. kelici kurus karena mengalami ganguan masalah gigi
kelinci dengan masalah ganguan gigi juga menjadi salah satu penyebab kelinci bisa kurus ini terjadi karena kelinci kesulitan untuk mengunyah makanan, porsi makanan juga akan menjadi menurut dari biasanya, kelinci yang mengalami kondisi masalah pada giginya ditandai dengan dagunya yang selau basang dengan air liur, penanganannya sangat susah jika sudah menyerang kelinci, ada mungkin ranting yang menusuk gusinya, sehingga kelinci akan kesulitan mengunyak, ;langkah praktisnya tinggal kita masukkan ke kategori kelinci afkir, tapi menurut pengalaman kelinci yang mengkonsumsi pelet akan jarang mengalami masalah ini.

semoga bermanfaat bagi para pencinta kelinci diseluruh indonesia.