Skip to main content

Bolehkah kelinci makan jerami padi

Kelinci memang hewan herbivora pemakan tumbuhan seperti hewan hewan herbivora lainnya seperti kambing dan sapi. Tapi ada beberape perbedaan sistem pencernaan pada kelinci. Memang pencernaannya butuh sejumlah serat kasar dari tanaman supaya bisa bekerja dengan baik. Tapi tidak asal serat dari segala tumbuhan baik untuk pencernaan kelinci.

gambar Bolehkah kelinci makan jerami padi

Jerami padi tinggi sekali akan kandungan seratnya hampir diatas 20%, tapi yang perlu digaris bawahi adalah kandungan silica pada jerami padi yang berbahaya pada sistem pencernaan kelinci. Silica pada jerami padi akan bekerja seperti amplas yang kasar pada sistem pencernaan kelinci. Sehingga lama kelamaan jika kita berikan pakan dari bahan jerami padi ususnya lama kelamaan akan mengalami luka.

Dan ini tentu akan menjadi masalah yg serius bagi kesehatan kelinci. Maka dari itu kami sangat tidak menyarankan penggunaan tepung dari jerami padi untuk bahan baku pelet kelinci. Masih banyak diluaran sana sumber serat yang bisa digunakan untuk bahan baku pelet selain jerami padi. Misalnya kangkung kering, kulit kacang, tepung daun tebu, dll.

Baca juga : Produsen pelet kelinci  murah dan berkualitas

Yang masih pakan jerami padi stop mulai sekarang juga ganti oakan alaminya berupa rumput atau hijauan..jangan karena kalian malas ngarit kemudian kalian cari pakan alternatif lain seperti jerami padi dan batang pisang..kedua bahan tsb sama sekali tidak akan membuat peternakan kelinci kita untung tapi malah buntung karena kelinci mengalami berbagai masalah kesehatan.. gak usah percaya dengan berbagai pakan alternatif dengan tambahan SOC. Segala macam pakan fermentasi..ingat kelinci itu berbeda dengan ruminansia.
Comment Policy: Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui.
Buka Komentar
Tutup Komentar