Skip to main content

Bolehkah kelinci makan daun pisang

Selamat malam rekan 2 peternak dan penghobi kelinci diiseluruh indonesia..semoga kelincinya tetap dalam kondisi sehat dan lancar berproduksi demi memenuhinkebutuhan gizi protein hewani keluarga.
Diartikel sebelumnya kita pernah membahas buah dan batang pisang untuk pakan kelinci. Nah sekarang bagaimana dengan daun pisang apakah boleh dimakan oleh kelinci..??


Ya boleh saja..dan gak akan ngaruh ke kesehatan..cuman nutrisi pada daun pisang tidak akan membuat efek apa2 pada pertambahan berat badan kelinci. Justru malah membuat bobot kelinci semakin berkurang. Karena sama dengan batangnya..daun pisang juga mengandung antinutrisi yang menghalangi protein untuk diserap secara maksimal oleh kelinci..jadi penyerapan protein bisa tergangu karena adanya daun pisang tadi.
Jika sekedar hanya pakan selingan saja lebih baik jika memberikan pakan yang tidak mempengaruhi penyerpan nutrisi di usus..
Nah bagaimana dengan limbah kulit pisang. Jika limbahnya tidak ada masalah boleh diberikan kepada kelinci dalam jumlah yg cukul sebagai pakan tambahan. Kulit pisang tidak seperti buahnya yang banyak mengandung gula. Jadi lebih limbah kulit oisang lebih aman untuk di berikan kekelinci...jadi diantara bagian dari pohon pisang yg bisa di berikan ke kelinci adalah limbah kulitnya saja. Kulit pisang juga mengandung serat yang bagus untuk kesehatan pencernaan kelinci.

Semoga bermanfaat.