Skip to main content

Manfaat kascing bagi pertanian

Beberapa manfaat cacing bagi pertanian dari beberapa hasil praktik dilakukan dengan berbagai jenis tanaman seperti padi, sayuran sawi, terong, tomat, wortel dan sebagainya telah terbukti bahwa kotoran cacing yang diberikan kelelahan dan ramuan cacing segar hasil fermentasi yang kocorkan maupun disemprotkan ke tanaman pada fase vegetatif dan generatif membuat tanaman tumbuh baik. Banyak sekali unsur hara yang terkandung pada kotoran cacing atau kascing, unsur hara pada kotoran cacing tersebut biasanya sudah siap saji dan bisa langsung diserap oleh akar tanaman oleh karena itu pupuk kascing ini tanaman akan segera subur.


kascing punya banyak mikroba yang menguntungkan dan juga karena mengandung oksigen serta hormon pertumbuhan. Akan tetapi pertumbuhan dan hasil yang baik masih masih belum bisa menjamin hasil panen yang melimpah apabila tidak kita imbangi dengan pencegahan dan pemberantasan hama penyakit maka hubungan dengan itu sebaiknya kascing yang dihasilkan  hendaknya diolah lagi dengan bahan-bahan pendukung lainnya yang melengkapi kandungan unsur hara hormon pertumbuhan enzim dan asam amino.

dan juga mikroba lainnya yang membantu penguraian dan pencegahan hama penyakit sebagai tambahan bakteri agen hayati dan bakteri bakteri yang lainnya

  1. Manfaat pupuk cacing ini adalah untuk tanah antara lain menambah kandungan bahan organik  agar lahan lebih subur.  
  2. Menambah jumlah dan jenis mikroorganisme tanah agar semua bahan yang ada di dalam lahan bisa diuraikan secara maksimal. 
  3. bersifat seperti ragi yang cepat berkembang.
  4. Melindungi tanaman dari serangan hama dan penyakit dalam tanah maupun yang menjadi sarang bagi ular dan hewan-hewan pengganggu lainnya. 
  5. Menguraikan zat-zat berbahaya dan residu kimia yang ada di lahan baik karena pemakaian bahan kimia maupun karena pemakaian pestisida atau polusi tanah dan air serta Penggunaan pupuk kimia.
  6. Mampu menyimpan air di saat kemarau dan melepaskannya jika terlalu banyak karena bersifat poros atau longgar yang banyak sekali pori-pori.
  7. Pupuk kascing juga bisa menetralkan PH tanah Pupuk kascing juga membantu tanaman berkembang secara vegetatif maupun generatif sehingga tanaman berbuah besar dan rasa menjadi maksimal serta rasanya menjadi manis, jambu madu Deli yang saya tanam memiliki buah yang manis dan segar 

 Sekian semoga bermanfaat dan terima kasih

Comment Policy: Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui.
Buka Komentar
Tutup Komentar