Skip to main content

Fungsi dan manfaat pestisida nabati untuk membasmi hama tanaman

Fungsi dan manfaat pestisida nabati untuk membasmi hama tanaman-hampir semua bagian tanaman bisa kita gunakan untuk membuat pestisida nabati ini diantaranya adalah bagian daun akar atau buah dan juga bagian biji tanaman. Bagian bagian tersebut bisa langsung kita olah menjadi berbagai macam bentuk. Yang paling banyak dapat di olah menjadi bentuk cairan atau serbuk atau dapat berupa pasta.


Dan biasanya yang sering saya gunakan adalah dengan menghancurkannya terlebih dahulu atau bisa juga ditumbuk lalu kita masukkan blender dan tambahkan air. Blender sampai halus dan kita rebus. Tunggu sampai dingin dan setelah itu bisa langsung kita aplikasikan ke tanaman yang terserang hama.


Mungkin jika kita mengunakan bahan dari biji tanaman. Maka ini akan sulit sekali untuk kita blender jadi solusinya adalah dengan menghancurkannya terlebih dahulu kemudian kita rendam setelah agak lunak baru kita blender dan diambil extraknya. Dan supaya pestisida ini lebih efektif kita bisa mncampurkan sedikit sabun cuci piring cair dan diamkan selama semalam. cara aplikasi pupuk organik cair


Jangan lupa dan ini sangat penting sekali sebelum kita membuat pestisida organik yaitu identifikasi jenis hama apa yang akan kita basmi kemudian pilihlah bahan yang akan kita gunakan untuk membuat pestisida nabati/organik. karena ada beberapa tanaman walupun jenisnya sama akan tetapi berasal dari daerah yang berbeda maka efektifitasnya juga akan berbeda karena ini dipengaruhi oleh sifat racun dan bahan bioaktif yang berbeda yang tergantung pada umur tanaman, kondisi tumbuh dan jenis dan kesuburan tanah.