Skip to main content

BAGAIMANAKAH TANAH YANG BAIK UNTUK KOLAM PEMELIHARAAN BUDIDAYA IKAN LELE JELASKAN

jadi sebelum memutuskan memelihara lele dengan mengunakan kolam tanah maka hal utam ayang harus diperhatikan adalah ketersediaan suber air dan juga tanah yang posisinya tidak mudah kering atau rembes air. jangan membuat kolam lele dengan ukuran yang terlau lebar karena akan kesulitan saat pengontrolan. ukuran kolam lele tanah yang ideal bisa mengunakan ukuran 3 m x 3 m , 3 m x 4 m dan intinta luas kolamnya berkisar antara 10-12m2, nah untuk kedalaman kolam ikan lele usahakan diatas 1 meter kanapa..? karena lele lebih menyukai kondisi air yang tenang dan dalam.

*sumber : georgeherald.com

Membuat kolam tanah untuk pemelihraan ikan lele

kolam lele denga tanah bisa kita buat dengan cara mengalinya dengan cangkul, atau jika jumlah kolamnya banyak maka kita bisa menyewa jasa alat berat. tanah bekas galian untuk kolam bisa kita padatkan untuk membuat tanggul agar pinggiran kolam lebih kuat untuk menopang jumlah air. janga lupa membuat saluran lubang untuk pembuangan air kolam, jika tidak memakai saluran pembuangan maka hal yang penting dilakukan adalah membuat dasar kolam menjadi miring, jadi ketika air disedot dengan pompa saat panen air bisa habis terkuras semuanya.

proses pengeringan kolam tanah untuk ikan lele

nah jika kolam sudah mulai terbentuk maka lakukan proses selanjutnya yaitu pengeringan kolam, jadi setelah jadi jangan langsung diisi air, kenapa harus kita keringkan ? tujuannya adalah untuk mematikan microganisme yang ada didasar kolam, pengeringan kolam ikan lele bisa memakai waktu selama 1 sampai 2 minggu tergantung cuaca,  intinya adalah jika dasar tanah yang ada di kolam sudah kering dan retak-retak maka proses pengeringan sudah selesai.

untuk langkah selanjutnya kita bisa menaburkan kapur dolomit, untuk kapur dolomit bisa kita beli di toko pertanian, tenang kapur ini murah sekali, untuk takarannya adalah 50 gr/m2, jadi kapur ini berfungsi untuk menetralkan Ph tanah, dan juga berfungsi untuk membunuh bakteri bakteri phatogen, setelah itu kita bisa mencangkul dasar kolam agar kapurnya bercampur secara merata.tunggu sampai 1 minggu baru kita lanjut kelangkah selanjutnya.

proses selanjutnya adalah dengan pemupukan dasar kolam denga kotoran sapi atau kotoran kambing, bisa kita gunakan kotoran ayam akan tetapi lebih aman untuk kotoran ayam kita fermentasi dulu sebelum kita masukkan kedasar kolam.

pemberian pupuk organik pada dasar kolam lele tanah

pemeberian pupuk organik ini bertujuan untuk menyuburkan dasar kolam dan menyediakan makanan bagi para microganisme bermanfaat seperti cacing dan microplankton. besoknya bisa kita isi air dengan ketinggian setengah meter dan biarkan selama 1 minggu supaya Ph dan suhu kolam satabil serta pakan alami akan tumbuh dengan sendirinya. kenapa cuman setengah meter? supaya cahaya matahari masuk kedasar kolam dan pakan alami ikan akan tumbuh dengan baik

nah setelah satu minggu maka air kolam bisa ditambah secara bertahap. biarkan saja sampai warna kolam ikan ini berwarna hijau yang artinya banyak fitoplankton sudah tumbuh. nah jika warna air kolam sudah hijau maka benih bisa kita sebar.

nah proses pembuatan kolam tanah memang agak lama dibandingkan kolam terpal, tapi jika kolam sudah pernah dipakai maka untuk periode selanjutnya kolam hanya tinggal kita gunakan saja.