Skip to main content

MEMBUAT JAMU UNTUK CAMPURAN PAKAN LELE

Jamu untukncampauran pakan ikan. Ikan apapun tapi jamu ini biasa diaplikasikan ke ikan lele. Jamu ini sanagt bagus untuk perkembangan ikan dan mampu menembah daya tahan ikan terhadap berbagai serangan penyakit.

Membuat pencernaan ikan lele menjadi sehat sehingga mudah untuk menyerap makanan. Nafsu makan lele akan meningkat. Jadi ini akan berimbas pada peningkatan bobot ikan lele secara signifikan.

Berikut ini bahan yang diperlukan. Jika disekitar sobat sulit ditemukan maka pergilah kepasar tradisional sekitar sobat tinggal. Bahannya adalah temulawak, kencur, kunyit, asem jawa, tetas tebu, yakult,.untuk berapa jumlahnya tiap bagian bebas saja.
*sumber : pixabay.com

Cara pembuatannya

  1. Semua bahan digiling mebjadi halus lalu dicampur dengan yakukt lalu difermentasikan..
  2. Kalo dirasa masih repot juga. Ada alternatif lainnya yaitu pergilah ke pedagang jamu keliling. Dan belilah jamu temulawak..beras kencur..jamu kunir asem...dan kita tinggal menambahi saja untuk molase dan yakultnya.
  3. Tinggal semua bahan dijadikan satu kedalam wadah derigent tutup rapat dan simpat atau fermentasikan selama 10 hari. Jangan lupa agak kendorkan tutupnya  3 hari sekali supaya gas yang dihasilkan bisa keluar.. setelah itu tutup rapat lagi.
  4. Setelah hari ke 11 jamu sudah bisa kita aplikasikan untuk campuran pakan ikan lele.
  5. Caranya dengan ambil 100 cc lalu di campur dengan setengahbliter air. Lalu bisa kita bibiskan ke dalam 1kg pelet lele.
  6. Sebelum di berikan ke lele diamkan dulu selama setengah jam jam. Biarkan bakteri dalam jamu bekerja.
  7. Setelah itu pakan siap diberikan ke ikan lele.

*sumber : pixabay.com

Selamat mencoba.....

baca juga  cara budidaya ikan nila dalam kolam terpal