Skip to main content

Makanan buat kelinci agar cepat besar

Pakan kelinci yang bisa bikin cepat besar. Kalo kita ngomongin pembesaran untuk kelinci ya kiblat kita adalah peternakan ayam. Karena mereka sudah tertib secara urutan sistem pembesaranya. Mulai dari bibit pakan dan sistem pemasaran sudah berjalan sesuai dengan yg diinginkan. Jadi kalo mau ngomongin pakan untuk pengemukan kelinci maka belajarlah pada peternakan ayam potong. Tapi inget bukan berati pakan ayam cocok untuk diberikan ke pada kelinci. Sistem pencernaan mereka beda guys.

Yang terjadi di peternakan ayam pedaging adalah pada fase awal ada yang namanya pakan starter..nah coba deh liat kandungan nutrisinya pasti lebih dominan kandungan proteinnya. Kemudian ada pakan  fase grower..kandungan protein dan kalorinya hampir sama. Dan yang selanjutnya ada pakan untuk fase finisher nah setelah dicek kandungan nutrisi dilabelnya lebih besar kandungan kalorinya dari proteinnya.

gambar Makanan buat kelinci agar cepat besar

Nah apa yang terjadi di peternakan kelinci belum setertib dengan dipeternakan ayam potong. Kenapa fase awal harus tinggi protein. Ya karena memang protein digunakan untuk pertumbuhan pada fase awal supaya perkembangan body dan tubuhnya jadi kebih bagus. Tapi kebanyakan para peternak kelinci kita. Bukan makanan yang berprotein yang di berikan pada fase lepas sapih tapi lebih banyak pakan dengan kalori tinggi untuk mengejar bobot. Yang terjadi malah kelinci kuntet atau susah berkembang karena proteinnya tidak terpenuhi di fase pertumbuhan awal.

Nah setelah badannya proporsional maka kita ganti pelet kelinci yang tinggi protein dengan pakan yang tinggi kalori untuk pertambahan berat badannya. Maka dari itu kenapa pakan ayam itu pada fase finishernya lebih tinggi akan kandungan kalorinya. Coba deh dicek di label konsentrat ayam.
Nah seharusnya pakan kelinci dibuat seperti itu. Ini menjadi sesuatu yang mudah jika kita menggunakan mesin pelet. Kandungan nutrisi bisa kita setting sesuai dengan fase pertumbuhan kelinci. Semoga para produsen pelet membaca postingan ini. Jadi pelet mereka tidak melulu itu2 terus..

Pantangan makanan kelinci saat proses pengemukan.

Yang pertama ya hindari tuh pakan2 kelinci yang mengadung antinutrisi yang menghambat penyerapan nutrisi seperti protein dan karbohidrat lemak dll. Contoh daun pisang..daun lomtoro..daun bayam dan masih banyak lagi. Bisa dicek dipostingan sebelumnya untuk belajar zat antinutrisi pakan kelinci.

Nah ini yang agak kontoversial jika tujuannya pengemukan maka apapun itu hindari kelinci makan rumput. Pelet saja sudah lebih dari cukup untuk pakan kelinci. Percaya deh pelet saja jika kualitasnya bagus nutrisi yang terkandung didalamnya lebih baik dari rumput. Rumput dan hijauan itukan untuk tambahan aja...untuk variasi saja. Percaya deh pakan kelinci itu lebih baik monoton asal nutrisinya komplit. Kelinci beda dengan manusia..yg harus makan variasi makanan...pagi nasi pecel..siang nasi padang..malam nasi goreng...ahaha kanapa malah ngomongin makanan wkwkkw

Rumput untuk makanan kelinci pedaging

Jika kita menggunakan pelet plus rumput. Maka yang terjadi hasilnya kurang maksimal. Dibandingkan dengan hanya mengkonsumsi pelet saja. Buat apa sih dikasih rumput..nutrisi yg di rumput atau hijauan itu sudah ada di pelet. Jadi buat apa dikasih rumput. Penambahan pelet plus rumput akan menjadi masalah karena kadar serat kasarnya bertambah. Dan ini yg mempengaruhi pegurangan penambahan berat badan. Kitanya mau untung tapi untungnya tidak maksimal.

Makanan favorit kelinci

Kelinci itu gak ada makanan favoritnya. Jika dia rasa nutrisi yg dia butuhkan sudah lebih dari cukul. Dia pasti akan stop makan walaupun kita kasih wortel dan kangkung yg notabanenya sebagai makanan kesukaan kelinci.

Kalo cara pengemukan kelinci lokal bagaimana 

Yang namanya lokal sebaikanya tidak usah pakai pakan pelet untuk pengemukan. Tujuan kitakan cari untung yg maksimal. Jadi gunakan kelinci khusus pedaging saja seperti nzw dan rex untuk pedaging.

Vitamin kelinci tradisional untuk menggemukan kelinci. 

vitamin mana bisa mengemukkan kelinci. Vitamin hanya pelengkap saja untuk membantu proses yg lain yang bersangkutan. Tapi jika tidak ada vitaminpun proses yg lainnya juga akan terganggu. Devisiensi vitamin juga akan berpengaruh pada kesehatan kelinci. Asupan vitamin biasanya sudah kita tambahkan bebarengan dengan mineral premix. Jadi tidak usah melakukan penambahan hal yang macam2 untuk ternak kelinci..jamu obat dll..kalo biobig..prolinci boleh saja heheh promosi...Yang pertingan dan yang perlu diingat jangan sampai menambah beban biaya operasional dikandang kita...
Tips menggemukan kelinci adalah ya itu tadi yg saya jelaskan diatas.. fase pertama oakan tinggi protein rendah kalori kemudian fase finishernya pakai pakan rendah protein dan tinggi kalori. Jika kesulitan buatnya tinggal request saja ke produsen pelet terdekat atau produsen pelet sesuai langanan temen2. Mereka pastinya sudah paham cara design kandungan pelet. Dan membuat kandungan pelet sesuai yang diinginkan temen2...

Semoga bermanfaat

Sumber : kelinciindonesia



Comment Policy: Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui.
Buka Komentar
Tutup Komentar