Skip to main content

Cara ternak kelinci pedaging tanpa rumput (ngarit)

apakah bisa beternak kelinci pedaging tanpa rumput, sangat bisa malah sangat dianjurkan, terkadang ketika beternak kelinci dan memutuskan untuk diternakkan hanya dengan pakan rumput saja, hitungan akhirnya kita malah merugi kerna harga jual kelinci yang tidak bisa menutupi ongkos tukang cari rumput atau ngaritnya.

kecuali kalo kalian punya lahan yang luas kemudian lahan tersebut kalian pagar dengan dinding supaya terhindar dari serangan predator, kemudian kalian lepaskan dilahan tersebut beberapa koloni kelinci, tinggal dipantau saja kelinci akan berkembang biak sendiri karena sumber pakan rumput pakan alami kelinci sudah tersedia disana, tapi kalo sistem seperti ini namanya bukan sistem industri, yang namanya sistem industri itu dengan lahan yang terbatas kita bisa menghasilkan uang dari kelinci.

gambar cara ternak kelinci pedaging tanpa rumput (ngarit)

sebetulnya makanan yang paling baik bagi perkembangan kelinci adalah pakan alaminya di alam liar, yaitu rumput dan hijauan, tapi karena kita inging mengambil dagingnya pakan rumput ini bisa kita modifikasi dengan pelet yang nutrisinya hampir sama dengan rumput bahkan kandungannya lebih tinggi dari rumput, jika kelinci memakan pelet sedikit saja maka kecukupan nutrisi hariannya sudah terpenuhi, itulah sebabnya pemberian pelet kepada kelinci itu sebaiknya sedikit saja sesuai dengan nutrisi dan takarananya. nah akan tetapi harga pelet mahal katanya, saya rasa harga pelet kelinci sekarang sudah pas dengan harga jual di pasaran daging kelinci sekarang sudah menyentuh diangka 40.000 per kg, jadi kita masih bisa mengambil untung jika memakai pakan pelet, nah jika ingin murah lagi peletnya bikin sendiri.

cara ternak kelinci pedaging tanpa rumput (ngarit)

membuat pelet kelinci tanpa mesin
jika skalanya hanya sedikit saja maka kita bisa menggunakan pengilingan daging yang manual dengan tangan untuk memproses pelet kelinci. agak merepotkan sih sebenernya, tapi jika masih ingin mencoba silahkan kalo saya lebih senang memakai pelet kelinci dari beli, karena kita itu tujuannya beternak dan mendapatkan untung dari ternak kelinci, bukan malah berekperiment ini itu, jika modal cuman cekak..hehe maaf,

butuh biaya dan waktu untuk berekperimen membuat pelet kelinci, dan harus banyak mengorbankan ternak kelinci kita sebagai uji coba pelet kelinci buatan sendiri, dan kebanyakan yang terjun kesini mereka mengalami kerugian, kenapa tidak langsung saja belajar ke produsen pelet, liat prosesnya jika sudah bisa baru bikin ATM ( amati tiru modifikasi..atau amati tiru plekkk..)

Baca juga : Bolehkan kelinci makan pisang

jika tidak punya atau belum punya mesin pelet ya jangan maksain dululah, beli saja pelet ke mereka yang produsi pelet, tapi kalo dirasa dengan produksi pelet dengan peralatan sederhana dan pas pasan kalian masih bisa untung ya monggo saja, kalo saya sih males, peternak kelinci kok malezzzz,, ya karena saya sudah tau prosesnya pembuatan pelet kelinci itu sangat njlimet....dan harus belajar banyak ini itu...ini yang bikin saya males.. lebih enak beli pelet, harga pelet berapa langsung kita konversi ke pertambahan bobotnya berapa, harga jual kelinci berapa, untung apa rugi, kalo rugi tinggal cari produsen pelet yang lainnya, nah jika sudah untung dengan salah satu merk pelet yang bagus, tinggal kita tingkatkan produksi peternakan kelinci kita guna memenuhi pasar yang lebih luas. jangan sampai hanya terjebak dihal-hal teknis saja.. biarin mereka para produsen yang ngurusin produksi pelet. supaya kita bisa fokus ke peternakan dan produksi daging. saya sarankan sebagai pemula jangan kebanyakan banyak berekperimen kasian anak istri mendingan duitnya buat nafkah mereka dari pada untuk berekperimen bikin pelet kelinci ini itu,,

cara ternak kelinci di tanah
bagaimana dengan cara beternak kelinci ditanah kalo tujuannya untuk pedaging saya sarankan jangan ditanah, apalagi sudah ditanah kemudian pakai pakan pelet, bukan untung tapi malah buntung karena pertambahan bobot kelinci tidak akan tercapai.

peternakan kelinci modern
sebenarnya yang disebut peternakan kelinci modert itu seperti apasih, apa harus kandangnya yang besi, atau bagaimana, peternakan kelinci itu yang penting kita untung, karena tujuan beternak kelinci itu mencari profit atau keuntungan, bukan untuk hoby, main2 atau hanya sekedar ikut ikutan temen..jadi silahkan kalian tanya kediri masih-masing apa tujuan kalian beternak kelinci??

jadi jika tujuan utamanya beternak kelinci adalah mencari untung mau itu dengan sistem modern atau tradisonal jika itu menguntungkan dan bisa menjadi sumber penghasilan maka itulah yang dikatakan industri kelinci.

ternak kelinci pedaging
memang kalau tujuannya pedaging kita harus investasi dulu dengan membeli indukan yang menghasilkan kelinci dengan bobot sapihan yang memenuhi kualitas untuk dipotong. jika hanya mengunakan kelinci lokal maka pertambahan berat badannya tidak akan tercapai walaupun kita mengunakan pakan pelet yang sama, jadi bibit merupakan sesuatau hal yang penting jika mau terjun di peternakan kelinci potong.

kandang kelinci
untuk kandang kelinci pedaging usahakan jangan terlalu luas karena kita akan membatasi ruangan geraknya supaya jangan terlalu banyak energi yang terbuang, apa ini tidaktermasuk penyiksaan terhadap binatang....? silahkan saja kalo tidak setuju.. tidak usah terlalu diperdebatkan.

Baca juga : Produsen pelet kelinci  murah dan berkualitas

pemasaran ternak kelinci
pasar ternak kelinci pedaging sangat luas sekali,  pasar ternak kelinci itu banyak di lokasi wisata seperti telaga sarangan dan tawangmangu, dari survei yang kami lakukan untuk daerah disekitaran gunung lawu saja kebutuhan daging kelinci sudah menyentuh angaka 1-2 ton daging kelinci perbulan. dan ini angka yang sangat bagus sebagai lahan pemasaran kelinci pedaging. belum lagi didaerah batu malang, lembang bandung, puncak bogor, bali, lombok dan kota2 besar lainnya seperti jakarta dan bandung dll

pakan fermentasi untuk kelinci
pakai pakan fermentasi untuk kelinci boleh tidak, boleh saja, tapi dari banyak kasus mereka yang pakai pakan fermentasi hasil dagingnya kurang bagus, benar sekali kelinci jadi tambah darastis berat badannya, tapi ketika sudah disembelih dan diolah dijadikan sate, kondisi daginya langsung menyusut, dan ini yang membuat pedagang sate kapok untuk amabil kelinci yang pakai pakan fermentasi, yang sering digunakan adalah pakan fermentasi ampas tahu, pakai pakan ini kelinci seperti berasa digelongong dengan air yang langsung bisa meningkatkan berat badan kelinci, tapi sebetulnya tidak. karena kadar air yang banayak pada ampas tahu fermentasi langsung menuju ke jaringan2 badan kelinci, dan inilah yang menyebabkan daging kelinci menyusut ketika di bakar atau diolah

Baca juga : penyebab kelinci mendadak jadi kurus

Sumber : kelinciindonesia
Comment Policy: Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui.
Buka Komentar
Tutup Komentar