Skip to main content

Cara menyadap getah pepaya untuk membuat enzim papain

Apa itu enzim papain ??. Enzim ini adalah yang terdapat pada getah pepaya fungsinya adalah untuk melunakkan daging atau memecah proteim. Fungsinya sama seperti di bromealin yang ada di buah nanas. Enzin ini biasa saya gunakan untuk membuat asam amino cair untuk menyubirkan tanaman.

Saya biasa membuat asam amino cair dari sisa2 kepala ikan dipasar. Atau jika tidak ada saya biasa membuat asam amino cair dengan 1 kg ikan lele. Asamamino cair ini sangat bagus u tuk proses pembungaan pada tanaman sehingga tanaman bisa segera berbubga dan berbuah tentu inilah yang kita harapka  dari menanam pohon buah buahan.


Untuk pembuatan asam amino cair bisa melihat di postingan sebelumnya. Kuta kembali ke laptop cara pengambilan getah pepaya dengan cara menyadapnya seperti kita menyadap pohon karet.
Pilih pohon pepaya yang sudah berbuah. Boleh mengunakan pohon pepaya jenis apa saja. Pilihlah yang sudah berumur 3 bulan. Waktu yang paling tepat untuk menyadap itu di pagi hari antara habis subuh sampai jam 8 pagi. Dan jika sore dari jam 6 samapai jam 7 malam.
Lukai buah pepaya sedalam 1 cm sampai 2 cm lakaukan sebanyak 5 kali jangan lupa memberikan wadahbuntuk menampung getah2nya.

Lakukan penyadapan setiap 4 hari sekali dan jangan terlalu.sering melakuakn penyadapan pada buah jika buahnya ingin kita panen dan di konsumsi.

Jika buahnya tidak kita konsumsi maka boleh melakukan penyadapa  setiap hari sesuai jumlah enzim papain yg kita butuhkan untuk membuat asam amino cair.