Widget HTML Atas

bolehkah kelinci makan rumput odot

Assalamualaikum warahmatullahi wabarakatuh. Sobat kelinci di seluruh Nusantara kali ini kita akan membahas tentang boleh tidaknya rumput odot untuk pakan kelinci.

rumput odot ini dulu sangat terkenal di kalangan peternak kambing banyak sekali peternak kambing yang membudidayakan rumput odot sebagai pakan alternatif untuk kambing kambing mereka bahkan ada salah satu peternak kambing yang ada di kabupaten Jawa timur, ia menyewa lahan kemudian seluruh lahannya ditanami rumput odot ini jadi tidak perlu lagi untuk ngarit atau mencari rumput.


rumput odot hampir sama seperti tanaman tebu beruas-ruas dan daunnya ketika muda sangat lunak sekali sehingga kelinci sangat suka.

Boleh tidaknya rumput odot untuk kelinci adalah boleh saja asalkan diberikan kepada kelinci pada saat sudah dalam kondisi layu.

minimal sudah dilayukan selama 6 sampai 8 jam baru diberikan kepada kelinci kita, jangan sampai kelinci kita terutama yang di bawah umur 2 bulan mengkonsumsi rumput odot dalam kondisi masih segar.

jika kondisi dalam keadaan segar maka  akan menimbulkan gas pada pencernaan. kelinci yang masih dibawah 2 bulan pencernaannya belum semaksimal mungkin jika terlalu banyak makan rumput odot maka akan terjadi gangguan pada pencernaannya.

ada sebagian peternak kelinci yang menanam rumput odot kemudian rumput odot dikeringkan lalu  digiling menjadi tepung sebagai bahan baku alternatif untuk menambah kadar serat pada pelet.

Rumput odot ini sangat bisa digunakan sebagai pakan alternatif kelinci. pertumbuhan rumput odot ini juga sangat cepat sekali ketika kita manen maka dalam waktu beberapa minggu sudah tumbuh kembali tunas yang baru.

untuk bagaimana cara penanaman rumput odot yang benar kalian bisa membaca di artikel berikut ini.... Cara menanam rumput odot yang baik dan benar agar tumbuh tunas yang banyak.