cara mengirit pakan lele yang mahal dengan di Bibis menggunakan probiotik em4

permasalahan yang selalu dihadapi oleh peternak lele di seluruh Indonesia adalah harga pakan ikan lele yang kadang kadang naik semakin hari semakin mahal, kenapa bisa naik? karena pakan ikan lele sebagian bahan bakunya adalah bahan impor dan import ini yang akan selalu dipengaruhi oleh nilai tukar dolar ke dalam rupiah dan juga dipengaruhi oleh naiknya harga BBM, inilah yang membuat para pembudidaya ikan lele terasa tercekik dengan harga pakan yang tinggi akan tetapi harga lele tidak mudah begitu saja naik di pasaran.



namun dengan cara ini dengan cara pembibitan pakan dengan probiotik kita bisa mengurangi pemberian pakan pada ikan lele tanpa mengorbankan pertumbuhan pakan lele, kenapa bisa begitu ?karena dalam larutan probiotik akan kita tambahkan nutrisi, nutrisi yang lainnya seperti protein, karbohidrat dan lemak serta mineral lainnya yang kita peroleh dari bahan pakan lainnya.

Bahan yang kita gunakan adalah :

probiotik sebanyak 1 liter kita bisa menggunakan probiotik EM4 perikanan atau lebih terbaik lainnya yang khusus digunakan untuk ikan lele.

Yakult sebanyak 5 botol.

dedak sebanyak 1 kg lebih bagus kita menggunakan bekatul.

vitamin c dan juga vitamin b kompleks masing-masing sebanyak 50 butir lebih baik kita menggunakan vitamin c atau vitamin b yang khusus untuk hewan jika kita membeli vitamin c atau vitamin b untuk manusia maka harganya akan jauh lebih mahal, vitamin c dan vitamin b untuk hewan bisa kita beli di toko peternakan hewan.

tambahan selanjutnya adalah gula merah sebanyak 2 kg lebih bagus jika kita menggunakan gula aren.

Susu kental sebanyak 1 kaleng.

Air sebanyak 50 liter.

cara pembuatannya adalah masukkan semua bahan kecuali tidak karena tidak harus kita lakukan dulu ke dalam air kemudian kita sehari dan akhirnya kita ambil baru kemudian dicampur kan dengan semua larutan yang ada di atas tadi.

setelah itu bisa kita fermentasikan selama satu minggu jangan lupa untuk menutup rapat wadah yang kita gunakan untuk membuat probiotik ini.

cara pembibitan pakan adalah dengan menggunakan takaran sebanyak 1 gelas Aqua untuk 1 kg pakan jika dirasa dosennya kurang dan pakan belum tercampur secara merata maka bisa kita tambahkan lagi probiotik nya kemudian diamkan selama beberapa jam setelah itu bisa kita berikan kepada ikan lele.






LihatTutupKomentar