cara mencampur EM4 dengan pelet ikan

Assalamualaikum warahmatullahi wabarakatuh. salam untuk beternak lele di seluruh pelosok Indonesia. langkah yang kita lakukan selesai kita menebar benih ikan lele di kolam adalah kita harus mempersiapkan pemberian pakan untuk benih ikan lele yang kita sebar, biasanya pakan yang kita gunakan adalah pakan untuk benih lele dengan protein yang tinggi, 

biasakan untuk mempuasakan lele selama tiga hari sebelum kita memberikan pakan, jangan sampai setelah lele di tempat, kita langsung memberikannya pakan, ini akan membuat dia stress dan ujungnya akan banyak yang mati.



Mengapa lele perlu dipuasakan? karena bibit lele sedang mengalami proses distribusi atau transportasi yang membuat benih lele tersebut menjadi stress, jika kita langsung berikan pakan ke kolam maka akan banyak lele mengalami kematian, maka dari itu puasakan lele satu sampai dua hari setelah sudah adaptasi dengan kondisi kolam bisa kita tambahkan pakan.

Kali ini kami akan menjelaskan proses pemberian pakan lele kolam dengan melalui proses pembibisan dengan probiotik.

ikan lele yang masih kecil atau bibit yang kita ambil, posisinya jika diberikan pakan sangat rakus sekali, lele makan sampai perutnya kenyang akan tetapi kondisi perut dan pencernaan ikan lele belumlah semaksimal lele yang sudah beranjak dewasa sehingga lele kecil akan kesulitan untuk mencerna pakan pabrik jika diberikan langsung kepada ikan lele.

Maka dari itu kita bisa melakukan pembibisan pakan supaya proses pencernaan pada benih ikan lele bisa terbantu dan masalah yang ada di dalam perut ikan seperti ikan kembung, stres dan yang lainnya tidak akan terjadi.

apa itu pembibisan pakan pada ikan lele? 

pembibisan pakan adalah proses pemberian cairan, bisa cairan berupa nutrisi atau cairan probiotik yang bisa menjadikan pakan ikan lele menjadi empuk dan tidak keras sehingga mudah dicerna oleh perut ikan bisa juga kita tambahkan nutrisi lainnya agar pakan lebih komplit nutrisinya.

Bahan yang bisa kita gunakan untuk membibis pakan adalah sebagai berikut.

kita bisa menggunakan probiotik dengan merek EM4 atau probiotik lainnya yang khusus diformulasikan untuk ikan lele.

air putih biasa paling bagus jika air putih dalam kondisi matang, supaya tidak ada bakteri yang di luar masuk ke dalam.

gula merah atau jika tidak ada kita bisa menggunakan gula putih yang dipanaskan kemudian dicairkan dan tunggu sampai dingin. jangan menggunakan mollase karena merasa tidak bagus bagi lele itu sendiri, serta bagi media hidup air yang ada di kolam lele.

ember untuk wadah serta tambahan gelas ukur dan mangkok lalu pakan pabrikan ikan lele.

Cara pembuatan probiotik untuk membibis pakan ikan lele adalah sebagai berikut 

gula merah kita cairkan terlebih dahulu.
Tunggu sampai dingin kemudian bisa kita tambahkan air lalu tambahkan 1 botol EM4 lalu aduk sampai larut.

Masukkan ke dalam ember atau jerigen kemudian diamkan selama 24 jam.

Proses pembibisan bisa kita lakukan dengan takaran 1 kg pelet ditambah dengan probiotik yang sudah kita buat tadi.

Takaran untuk probiotik terserah saja yang penting semua pakan dalam ember sudah bisa terkena cairan secara merata, setelah rata dan semua dalam kondisi basah, tutup ember kemudian kita biarkan selama 1 hari setelah difermentasi selama 24 jam,  langsung kita berikan ke bibit ikan.

jika ingin melakukan pembibisan sebanyak sejumlah 1 karung pelet ikan maka jumlah probiotik yang kita buat harus lebih banyak dan jumlah ember juga pastinya lebih besarnya, dengan proses pembibisan pakan ini maka pakan akan terfermentasi dan akan bertahan selama 3 minggu yang penting kita selalu menjaga ember dalam kondisi yang tertutup jika kondisi ember untuk wadah pakan yang sudah kemasukan udara dari luar maka pakan akan berjamur dan ini tidak boleh diberikan kepada ikan.

lebih baik melakukan pembibitan pakan secara bertahap untuk 1 atau 2 hari kedepan jika sudah mahir dalam memfermentasikan, kalian boleh fermentasi pakan bibit lele dalam jumlah yang banyak.



LihatTutupKomentar