Widget HTML Atas

ikan nila menjadi lebih besar dengan aplikasi EM4 perikanan

ikan nila biasanya dibudidayakan di air yang mengalir atau air deras dengan air yang terjamin kualitasnya maka pertumbuhan ikan nila ini bisa sangat signifikan akan tetapi ikan nila yang dibudidayakan dalam kolam terpal yang airnya tidak mengalir maka perkembangannya akan sangat lambat akan tetapi hal ini bisa kita atasi dengan budidaya menggunakan teknologi EM4.



budidaya ikan nila dengan kolam terpal sangat menguntungkan sekali juga dapat meningkatkan kualitas ikan nila baik itu kesehatannya dan juga meningkatkan pertumbuhan dan ukuran ikan.

kualitas air juga lebih bagus karena penggunaan EM4 dapat memfermentasi sisa pakan atau kotoran pada dasar kolam ikan dan mengurangi bau yang ditimbulkan oleh kotoran ikan  berupa amonia gas metana atau hidrogen sulfida sehingga oksigen yang terlarut dalam air akan menjadi lebih banyak dan tidak diperlukan penggantian air atau tidak perlu air yang bersirkulasi.

yang pasti adalah dengan menggunakan em4 kita bisa menjaga kualitas air dan makhluk yang ada di dalam air sehingga aman bagi kondisi atau lingkungan tempat hidup ikan nila di dalam kolam terpal.

Kolam terpal yang digunakan untuk kolam nila sangat mudah untuk dibersihkan pertumbuhan ikan bisa kita pacu agar ikan cepat panen dan tentunya ikan tidak akan bau lumpur, yang kita tahu ikan nila itu kita pelihara dalam kolam tanah dia akan berbau lumpur dan jika dihitung pembuatan dan pemeliharaan ikan nila dengan metode kolam terpal ini sangat efisien dan lebih murah dari pembuatan kolam beton atau pembuatan kolam di tambak, 

dengan adanya teknik budidaya ikan nila dalam kolam terpal ini masyarakat yang mempunyai lahan sempit baik itu di depan rumah atau di samping rumah dan juga sumber daya air yang terbatas untuk melakukan pembudidayaan ikan nila.

dengan teknologi EM4 dengan begitu maka para pembudidaya ikan tidak perlu mengganti air selama dalam budidaya ikan nila. 
Baca Juga : cara mengirit pakan lele yang mahal dengan di Bibis menggunakan probiotik em4