Widget HTML Atas

Bolehkah kelinci makan daun tebu

Ada beberapa penelitian yang dilakukan oleh para peternak kelinci yang pernah mereka menggunakan bahan makanan dari tanaman tebu seperti tepung segar atau ampas tebu sebagai komponen makanan kelinci pedaging yang kaya akan energi.

Tanaman tebu banyak sekali ditemukan terutama di pulau Jawa karena tanaman tebu sebagai salah satu bahan alternatif atau bahan utama untuk membuat gula pasir. 

Dan limbahnya seperti daun tebu tidak digunakan dan oleh petani hanya di bakar saja.



Dan apakah bisa limbah dari daun tebu ini kita gunakan untuk sebagai bahan baku untuk membuat pakan kelinci.


Dan ternyata bisa saja karena di negara Eropa daun tebu juga bisa digunakan untuk pakan kelinci walaupun kandungan dari daun tebu sangat rendah protein nya hanya berkisar antara 1 sampai 2% saja.

Dari uji coba yang dilakukan oleh para peneliti yang ada di Eropa daun tebu mereka cincang kasar dan mereka buat menjadi tepung kemudian mereka campur dengan pakan konsentrat yang seimbang dalam pakan kelinci,

setelah diberi makan konsentrat tersebut kelinci menunjukkan mereka lebih suka memakan konsentrat yang berbahan dari daun kering atau bahan dari daun tebu yang sudah dipotong kecil-kecil tersebut.

Jadi kalian bisa menggunakan daun tebu sebagai bahan baku untuk menambah serat kasar pada pelet yang akan kalian buat,

cuma masalahnya adalah daun tebu ini jika diproses untuk menjadi tepung maka kita membutuhkan banyak sekali daun tebu dan untuk proses membuat tepung nya sangat memakan waktu sekali dan jikalau ada di daerah kalian yang ada seperti toko bahan pakan ternak yang menjual daun tebu,

Apakah kalian bisa order di sana daripada kita harus apa ya....mencari di lahan pertanian dan harus diolah dulu menjadi tepung agar gampang ketika dibuat menjadi konsentrat atau pelet kelinci.

jangan hanya menggunakan daun tebu saja sebagai pakan alternatif kelinci pedaging karena ya itu tadi daun tebu memiliki kandungan serat saja yang mana kandungan karbohidrat dan juga protein sangat rendah sekali sehingga daun ini hanya kita gunakan sebagai bahan baku serat ada konsentrat kelinci.
Baca Juga : Cara Ternak Kelinci Pedaging Tanpa Rumput (Ngarit)