Widget HTML Atas

Bahan baku pakan ternak kelinci

jika kelinci kalian yang dipelihara di dalam kandangan yang berkisar 10 ekor ke bawah maka kalian bisa menyiasati pakan dengan cara membeli pelet kelinci di penjual atau produsen pakan kelinci terdekat di daerah kalian.

tapi jika kelinci yang kalian rawat semakin hari semakin banyak berkembang sampai ratusan bahkan ribuan ekor, maka kita harus menyiasati pakan dan otomatis kita harus memproduksi pakan sendiri karena dengan memproduksi sendiri maka akan lebih hemat dalam pengelolaan biaya pakan.


di pakan sendiri itu hampir mencapai 70% dari semua total operasional dengan cara kita memproduksi sendiri tentu ini akan menjadi lebih hemat daripada kita harus membeli.

kelinci yang hanya diberi rumput dan daun-daun yang lainnya perkembangannya sangat lambat sekali karena memang hijauan atau sayuran itu kebutuhannya kandungan nutrisinya sangat terbatas sekali sehingga nutrisi yang dibutuhkan kelinci kita tidak terpenuhi.

komposisi bahan baku yang diperlukan untuk membuat pakan kelinci yaitu harus memiliki kandungan zat-zat seperti nutrisi yang dibutuhkan kelinci yaitu seperti protein, karbohidrat,, lemak, mineral dan vitamin serta tambahan beberapa apa kandungan-kandungan seperti asam amino instan.

dalam membuat pakan kelinci itu kita bedakan antara pakan kelinci untuk kelinci pedaging, pakan kelinci untuk kelinci hias atau hanya sekedar pakan kelinci untuk kelinci penelitian.

karena kelinci itu juga bisa kita gunakan untuk penelitian sama seperti tikus putih yang biasanya digunakan untuk penelitian mahasiswa mahasiswa farmasi atau  sekolah kedokteran.

untuk jenis kelinci hias yang perlu diperhatikan adalah dia tidak perlu gemuk yang penting kondisi fisiknya bagus dan bulunya sangat bagus biasanya kebutuhan nutrisi yang ada pada kelinci hias itu mencakup serat kasar antara 15 sampai 16% kemudian protein yang digunakan untuk meminta dan kelinci hias yaitu berkisar antara 16 sampai 18%.

Kelinci hias itu tak perlu memiliki badan badan yang besar karena memang tujuannya tidak untuk disembelih dan diambil dagingnya kelinci hanya dipelihara sebagai hobi saja atau untuk kontes.

untuk mendapatkan serat kasar antara 15 sampai 16% kita bisa menggunakan bahan baku limbah pertanian contoh yang banyak dipakai pada pelet kelinci itu adalah limbah dari daun tebu memiliki kadar serat yang lumayan tinggi sekali dan ini gratis jika kita langsung mengambilnya di lahan tebu yang sudah dipanen.

kemudian untuk membuat pakan kelinci yang komplit dengan kualitas yang tinggi kita bisa juga menambahkan beberapa zat adiktif atau premix dengan tambahan mineral beserta vitamin-vitamin yang lengkap di dalamnya.

Tidak ada emang yang khusus diformulasikan untuk kelinci kita bisa menggunakan premix yang khusus diformulasikan untuk ayam atau yang biasa digunakan untuk sapi yang di dalamnya ada kandungan vitamin dan beberapa mineral yang komplit.


dengan penggunaan pelet pada kelinci yang dibutuhkan hanya sekitar 100 sampai 200 gram saja setiap harinya.

Jadi misalnya kebutuhan kelinci pakan pelet hanya 200 gram per harinya maka kita berikan 100 gram berbagi hari dan 100 gram di sore hari.

Beberapa bahan yang bisa digunakan untuk membuat bahan baku pada kelinci adalah bekatul, pollard gandum, bungkil kedelai, tepung jagung, tepung ketela ,ampas sawit 

semua intinya gini semua bahan limbah pertanian itu bisa kita gunakan sebagai bahan baku untuk membuat pakan kelinci jadi 

Jangan terpaku harus bahan apa yang harus digunakan tapi kalian harus mencari bahan baku limbah pertanian apa yang banyak ada di sekitar lokasi kandang kalian.

jadi pembuatan pakan kelinci itu sebenarnya tidak ada pakemnya tergantung kreasi kalian masing-masing saja.

Demikian semoga bermanfaat dalam berkas untuk kelinci di seluruh Indonesia

Baca juga : apakah bulu kelinci berbahaya bagi kesehatan manusia