Widget HTML Atas

Kenapa kelinci tidak mau BAB

Jika kalian searching di Google dengan kata kunci kenapa kelinci tidak mau BAB maka jawabannya adalah karena sembelit.

Atau yang biasa disebut dengan hairball.

hairball ini terjadi karena kelinci yang kita pelihara di dalam kandang kekurangan kadar serat pada pakannya sehingga pencernaannya mulai terganggu mulai tidak nyaman maka untuk menyeimbangkan pencernaannya biasanya dia akan menggerogoti kandang jika kandang yang terbuat dari kandang bambu.
Jika kelinci yang diletakkan pada kandang besi maka mau tidak mau untuk membuat pencernaan menjadi nyaman karena kekurangan serat. Maka dia memilih untuk memakan bulunya sendiri atau bulu temannya.

Bulu ada pencernaan kelinci tidak bisa dicerna secara baik dan dia terus menerus akan menggumpal dan menyumbat pencernaan kelinci sehingga yang terjadi adalah sembelit dan kelinci tidak bisa lagi BAB dan mengeluarkan kotorannya.

Sembelit ini bisa kita atasi dengan memberikan pepaya atau nanas.

bisa campuran antara keduanya yang mana kalian bisa mencari pepaya yang di ambil tengahnya yang biasanya dekat dengan biji itu kalian karok kemudian kalian haluskan atau buah nanas itu bagian tengahnya kalian halus kan kemudian kalian berikan kepada kelinci kelinci tidak mau makan maka bisa dibantu dengan alat suntikan.

enzim papain dan enzim bromealin yang terdapat pada ke-2 buah tersebut berguna untuk melancarkan gumpalan yang terdapat pada pencernaan kelinci yang menyebabkan kelinci sembelit.

untuk lebih jelasnya kalian bisa membaca postingan tentang bagaimana cara menyembuhkan kelinci yang sembelit di postingan postingan sebelumnya silahkan kalian cari di menu search blog ini.


sekian dulu semoga bermanfaat sukses untuk seluruh peternak kelinci yang ada di Indonesia.