Widget HTML Atas

Efek dari pakan kelinci full ampas tahu

ada peternakan kelinci yang full pakainya memang ampas tahu karena memang kondisi kandangnya dekat dengan pabrik tahu yang mana mereka mudah sekali untuk mendapatkan ampas tahu dengan harga yang sangat murah.



dan memang kalau di itung-itung biayanya lebih murah daripada kita harus mencari rumput atau membeli pelet.

ampas tahu tinggi akan kandungan protein, lemak nya juga sangat tinggi sekali dan seratnya juga cukup aman untuk pencernaan kelinci jadi jika hanya diberi ampas tahu saja kelinci bisa hidup tidak hanya sekedar hidup tapi juga bisa berkembang dan beranak pinak dengan pakan hanya ampas tahu saja.

mungkin kekurangan ampas tahu adalah mudah sekali basi dan kadar kandungan air yang sangat tinggi. jadi ketika kelinci memakan ampas tahu sama halnya dia banyak sekali minum atau kalau seperti sapi dia seperti digelonggong dagingnya banyak sekali mengandung air.

hal ini bisa kita atasi dengan cara memeras ampas tahu sampai kondisinya benar-benar terbebas dari kadar air.

dan untuk mengatasi ampas tahu yang gampang sekali pasti kita bisa fermentasinya dengan bakteri bakteri fermentasi yang ada di Yakult atau probiotik yang biasa digunakan untuk kelinci.

mungkin sudah pernah saya bahas di postingan sebelumnya kalau tujuan untuk pakan ampas tahu sebagai penggemukan maka daging yang dihasilkan banyak sekali akhirnya dan ketika dimasa atau di buat sate daging nya kan banyak sekali menyusut dan ini tidak disukai oleh para penjual sate kelinci karena daging kelinci yang diberi pakan ampas tahu, dagingnya akan menyusut ketika dibakar.

sehingga satenya akan terlihat sangat kecil-kecil sekali tidak seperti biasanya.

Dan tampilannya jd kurang menarik bagi konsumen.

kekurangan dari ampas tahu yaitu kadar lemaknya yang terlalu tinggi. yang mana juga kadar lemak terlalu tinggi yang terjadi adalah pada badan kelinci sering terjadi benjolan benjolan atau bisul yang didalamnya berisi nanah atau cairan yang berwarna pasta putih kekuning-kuningan.

solusi lemak yang terlalu tinggi pada ampas tahu bisa kita atasi dengan menambah bekatul atau polar, jadi kita tidak hanya memberikan ampas tahu full tapi ada tambahan berupa bekatul atau polar untuk menurunkan kadar lemak yang terkandung pada ampas tahu.

mungkin hanya itu saja sih kekurangan dari ampas tahu selainnya tidak ada.

Semoga bermanfaat salam sukses untuk seluruh peternak kelinci Nusantara