Widget HTML Atas

Makanan kelinci agar cepat kawin

Bagaimana memberikan makanan kelinci agar kelinci betina itu kesuburannya meningkat. Cepat berproduksi dan memberikan kita keuntungan yang berlipat.

karena memang tujuan peternak kelinci itu adalah untuk mencari keuntungan.


Berbeda lagi jika kita hanya dapat memelihara kelinci sebagai hobi yang namanya hoby mau untung atau rugi itu tidak akan menjadi soal.

untuk kelinci yang berumur kurang dari 5 bulan makanan pelet yang harus kita berikan adalah 170 gram per harinya

kita harus berhati-hati jangan sampai kita memberikan terlalu banyak kelinci itu makanan yang berkalori tinggi atau kandungan pelet yang mempunyai kalori tinggi, kenapa?

kandungan kalori yang terlalu tinggi akan berdampak negatif pada sel-sel perkembangbiakannya.

Kelinci yang kegemukan biasanya susah sekali untuk hamil. Karena saluran sel perkembangbiakannya tertutup oleh jaringan jaringan lemak.

pola perilaku pemberian makanan kelinci agar memaksimalkan kesuburan  betina adalah kita harus menjaga kualitas pakan 

kualitas pakan yang diberikan harus disesuaikan dengan musim, musim kemarau atau musim hujan, jumlah anakan, umur betina dan bagaimana kondisi fisiknya.

tapi jika kelinci memiliki akses atau kita memberikan hijauan dalam jumlah yang sangat banyak dan tidak terbatas maka dengan sendirinya dia akan cepat untuk beranak karena semua nutrisi yang dibutuhkan sudah terpenuhi.

kita juga bisa memberikan pakan pelengkap atau pakan pendamping yang sangat efektif untuk menambah nutrisi pada makanan kelinci. jika kita hanya mengarit saja atau kelinci yang di dalam kandang yang kita pelihara hanya diberi makan rumput saja sudah saya pastikan bahwa dia bisa sangat kekurangan pakan karena di dalam kandang jumlah rumput yang kita berikan mungkin hanya terbatas sedangkan kalau dia di alam liar dia bisa makan sesuka hati sampai semua nutrisinya tercukupi.


nah jika kita hanya menggunakan rumput saja maka perlu ada asupan makanan tambahan lainnya seperti makanan-makanan yang memiliki energi, protein yang didalamnya terkandung asam amino, berapa vitamin dan mineral supaya meningkatkan hasil perkembangbiakannya.

jadi sebetulnya tidak ada makanan khusus atau jenis tanaman tertentu yang bisa membuat kelinci itu menjadi cepat kawin.

kalau di peternakan skala industri untuk mempercepat proses perkawinan kelinci maka sebelum dilakukan kawin suntik mereka diberi seperti hormon agar betinanya siap untuk dikawinkan.

jadi kalau di industri itu proses perkawinan kawin suntik itu dilakukan secara serempak jadi satu atau dua hari sebelum dilakukan kawin suntik maka si indukan sudah wajib di suntik hormon terlebih dahulu jadi ketika melakukan kawin suntik indukan kelinci betina sudah siap untuk menerima proses kawin suntik tersebut dan sudah dipastikan akan terjadi kehamilan hampir 95%.

Hormon yang kita bisa berikan kepada Kelinci adalah dengan merek dagang evalumon..Evalumon ini biasa digunakan untuk hewan-hewan seperti sapi atau kambing kan juga bisa kita gunakan untuk kelinci asalkan dosis yang kita berikan sedikit lebih atau hampir sama dengan dosis yang kita berikan kepada kucing.

karena memang dikemasannya tidak dicantumkan untuk untuk kelinci yang ada adalah dosis untuk kucing saja.

Tapi kalian juga harus yakin dengan kondisi fisik indukan yang akan kalian berikan hormon, pastikan pakan yang kalian sediakan itu sudah benar-benar menjamin kelangsungan hidup kelinci kalian, jangan sampai indukan kelinci yang kurus yang fisiknya sudah tidak mungkin untuk beranak kalian paksakan untuk beranak.

sampai jumpa di postingan selanjutnya salam sukses untuk peternak kelinci di seluruh Nusantara

Baca juga : Tanda tanda kelinci mau melahirkan