Widget HTML Atas

tanda-tanda kelinci mau melahirkan

Kelinci adalah hewan yang sangat lucu dan sangat menggemaskan sekali.

tingkahnya yang sangat menggemaskan dan juga lucu membuat beberapa orang ingin memelihara kelinci sebagai hewan peliharaan mereka dan biasanya mereka membeli kelinci itu sepasang yaitu jantan dan betina


dengan membeli sepasang atau satu jodoh ekor kelinci maka kelinci akan bisa berkembang biak dengan sangat cepat dan mudah asalkan kita memberi rumah dan makanan untuk kelinci dengan kualitas yang bagus.

akan tetapi seperti pemula kita kadang lupa kalau kelinci betina yang kita pelihara itu sedang hamil dan maka dari itu kita harus tahu apa saja tanda-tanda kelinci yang sedang hamil dan mau melahirkan agar bayi yang dilahirkan kelinci itu bisa tumbuh dengan besar dan pastinya kita akan memiliki kelinci lebih banyak.

biasanya karena keterbatasan ilmu dan pengetahuan sebagian besar para peternak kelinci pemula itu ketika kelinci mereka melahirkan banyak pada kelahiran pertama itu kelincinya mati.

Nah maka dari itu kita harus belajar apa saja tentang tanda-tanda kelinci hamil supaya kita bisa mempersiapkan kelinci dalam proses kehamilan nya.

Ciri-ciri kelinci hamil

ada beberapa tanda-tanda khusus kelinci yang kalian itu dalam posisi hamil dan segera melahirkan.

1. Perut kelinci akan membesar

sudah dipastikan jika kelinci dalam kondisi hamil maka setiap harinya kelinci pada bagian perutnya akan membesar terutama pada umur 15 hari sampai 30 hari sudah sangat kelihatan sekali.

jika sudah ada perubahan pada perut kelinci betina dan otomatis dia sedang hamil pada umur 15 hari maka secepatnya kita usahakan agar memisahkan yang betina dengan jantan supaya betina tidak stres karena pejantan yang ingin terus menerus kawin sedangkan posisi kelinci betina dalam posisi hamil.

2. Kelinci menjadi sensitif

Kelinci yang sedang hamil biasanya jika kita didekati atau kita pegang dia akan menghindar dan mengeluarkan bunyi seperti bunyi ketakutan atau bunyi menolak untuk dipegang.

terkadang kelinci yang dalam posisi hamil ketika akan kita pegang maka dia menjadi agresif bisa jadi tangan kita dimakan atau digigit oleh kelinci yang menyebabkan tangan kita menjadi berdarah.

3. Nafsu makan bertambah menjadi dua kali lipat

wajar jika kelinci sedang hamil itu nafsu makan semakin bertambah menjadi dua kali lipat itu disebabkan karena nutrisi yang dibutuhkan menjadi lebih banyak untuk selain pertumbuhan kelinci itu sendiri juga menjadi kebutuhan nutrisi untuk janin yang sedang dikandung oleh indukan kelinci.

jadi jangan lupa kita sebagai peternak kelinci untuk memberikan kelinci makanan 2 kali dari jumlah pakan yang biasa kita berikan

dengan begitu maka nutrisi tetap bisa tercukupi dan janin-janin yang ada di perut kelinci bisa tumbuh dengan sehat.

kelinci itu hewan malam jadi dia kan banyak mengkonsumsi makanan pada malam hari bukan berarti dalam malam hari itu kelinci nafsu makan bertambah tidak seperti itu, akan tetapi memang dia aktif di malam hari dan banyak sekali memakan makanan hijauan dalam kondisi malam.

jadi ketika malam hari Jangan lupa untuk memberikan makanan dalam jumlah yang lebih banyak dari pada siang hari


4. Kelinci akan mulai menggali tanah untuk sarang

salah satu kelinci saya ketika di pelihara di atas tanah atau umbaran ketika kelinci betina sudah mulai hamil dan akan secara otomatis dia akan mencari tanah untuk digali yang mana ini tujuannya untuk sebagai sarang untuk anak-anaknya nanti ketika dilahirkan.

di alam liar biasanya akan menaruh anak-anaknya di dalam sarang yang berada di dalam tanah dan anak-anaknya dikubur di dalam tanah.

Hal ini dilakukan untuk melindungi anaknya dari serangan predator.

Dengan menaruhnya dalam sarang di dalam tanah maka predator tidak akan bisa mengendus atau mencari anakan kelinci tersebut.

lah yang tidak kalah penting adalah pada proses kelahirannya kelinci itu ada sebagian indukan yang kanibal atau memakan anaknya sendiri hal ini dilakukan karena dia merasa sangat stress yang berlebihan.

Ciri-ciri indukan kelinci yang kanibal adalah makan anaknya dari bagian kepala.

jika ada anak-anak kelinci yang hilang salah satu anggota badannya selain dari kepala maka sudah dipastikan itu adalah ulah tikus. misalnya saja di bagian kaki atau badan yang lainnya terluka maka sudah dipastikan itu adalah olah tikus yang masuk ke dalam kotak sarang kelinci.

akan tetapi jika anakan kelinci yang terluka pada bagian kepala terlebih dahulu maka sudah dipastikan itu adalah ulah induk kelinci yang kanibal karena biasanya indukan kelinci yang kanibal itu memakan anaknya dari bagian kepala terlebih dahulu.

untuk menghindari Kelinci kanibal maka yang perlu kita perhatikan jangan sampai indukan kelinci itu merasa stres.


biasanya indukan kelinci akan menyusui anaknya pada jam-jam dini hari pagi seperti jam 2 malam atau jam 3 malam mereka akan membongkar sarang tersebut dan menyusui anak-anaknya hal ini dilakukan karena untuk menghindari pemangsa.