Widget HTML Atas

pantangan memelihara kelinci

mitos ketika kita memelihara kelinci banyak sekali yang beredar di masyarakat ketika kita memelihara kelinci ada beberapa pantangan yang harus kita hindari agar kelinci tidak mati dan bisa berkembang biak beranak banyak dan menjadi banyak.

biasanya ini kita dapat dari para penjual atau mereka yang beternak kelinci turun temurun dari nenek moyangnya dan ini sudah menjadi pakem dan menjadi ilmu yang wajib bagi mereka yang baru memulai untuk beternak kelinci.


Beberapa pantangan di antaranya saat kita memelihara kelinci adalah

Tidak boleh memberikan minum kepada kelinci

Jawaban ini bisa benar dan juga bisa salah bisa benar karena kelinci itu sebetulnya tidak butuh minum yang dibutuhkan adalah air. dan air ini bisa dicukupi oleh kelinci dari mekanisme minum atau dari mekanisme air yang ada di dalam rumput yang dimakan kelinci jadi jika kelinci sudah banyak sekali makan rumput yang mana rumput itu banyak mengandung air maka sudah otomatis kelinci tidak butuh minum lagi dan tidak perlu kita sediakan air minum karena percuma saja kelinci tidak akan mau meminumnya karena kebutuhan airnya atau kebutuhan cairan di dalam tubuhnya sudah terpenuhi oleh kadar air yang dimakan yang berasal dari tumbuhan hijau atau rumput tadi.

nah jika kelinci hanya makan pelet saja maka secara otomatis dia pastinya akan memerlukan air dan air ini diperoleh dari kelinci dengan mekanisme cara minum jadi wajib hukumnya jika kalian memelihara kelinci dan memberinya makan pelet kalian juga harus menyediakan air sebagai minumnya agar dia tidak dehidrasi dan kadar air dalam tubuhnya tetap normal.

Larangan berikutnya adalah mengangkat kelinci pada bagian telinganya

orang-orang yang memelihara kelinci yang baru mulai mereka sering menangkap kelinci dan memegang kupingnya.

seperti ini sangat berbahaya sekali bagi kelinci itu sendiri karena kemungkinan besar saraf yang ada di sekitar telinganya bisa rusak karena kita memegang telinganya dan sangat tidak disarankan untuk menangkapnya lewat telinga.

menfangkat kelinci itu yang paling bagus adalah dengan mengangkat bagian paha atau pantatnya,, kita angkat menggunakan kedua tangan jangan kita mengangkat kelinci dengan menarik kedua telinganya karena ini sangat menyiksa kelinci dan membuat kelinci menjadi stress.

Larangan berikutnya adalah kelinci tidak boleh makan bayam dan kangkung.

ada sebagian peternak kelinci yang memberikan kangkung atau bayam sebagai makanan kelinci mereka kenapa karena kelinci sangat suka sekali dengan sayur ini.

kalau kita tahu kelinci itu sebenarnya tidak hanya  suka kangkung dan banyak juga berbagai macam jenis sayuran akan tetapi karena yang paling banyak  ditemui di sekitar kita adalah kangkung dan bayam apakah itu yang kita berikan kepada kelinci....?

padahal sebenarnya kangkung dan bayam itu sangat berbahaya sekali bagi pencernaan kelinci tapi jika kita memberikan yang dalam kondisi yang kering atau kondisi yang sudah dilayukan maka hal tersebut tidak akan menjadi masalah bagi pencernaan kelinci.

proses pelayuan pada bayam dan kangkung sekitar kurang lebih 6-8 jam pastikan kangkung tersebut sudah layu agar aman untuk diberikan kepada kelinci.

jangan memberikan kangkung atau bayam dalam kondisi yang masih segar karena sudah pasti kelinci akan mengalami diare dan yang paling parah adalah kelinci mengalami kembung, kembung pada kelinci ini sangat sulit kita sembuhkan.

Larangan memelihara kelinci di daerah panas atau di pinggir pantai

seperti yang kita tahu banyak peternak kelinci yang memelihara kelinci di daerah pegunungan yang dingin. suhu yang dingin itu baik untuk kelinci atau bagaimana jawabannya adalah suhu itu tidak mempengaruhi kelinci-kelinci bisa dipelihara di suhu panas atau di suhu dingin.

kapanpun kita bisa mengkondisikan suhunya sesuai dengan suhu yang diinginkan kelinci atau suhu rata-rata suhu ruangan.

kenapa banyak kelinci yang diternakkan di daerah pegunungan karena jawabannya adalah di daerah pegunungan itu banyak sekali sumber makanan yang bisa kita dapatkan untuk makanan kelinci,dipegunungan banyak sekali rumput yang mana rumput itu menjadi sumber utama bagi kelinci itulah alasan kenapa banyak peternak kelinci yang mendirikan peternakan kelinci di daerah pegunungan.

bagaimana jika mendirikan peternakan kelinci di daerah yang bersuhu panas atau dataran rendah, boleh saja asalkan kita mendirikan peternakan kelinci tersebut dengan kondisi kandang yang sudah kita desain agar udara bisa masuk dan keluar sehingga kondisi kandang tidak menjadi panas.

sebetulnya juga kita memelihara kelinci di daerah dingin maka kelinci akan terus-menerus makan karena dia membutuhkan banyak sekali kalori untuk menghangatkan tubuhnya sehingga banyak sekali makanan yang dimakan dan tentunya banyak sekali kalori yang kemudian digunakan untuk dibakar sebagai penghangat tubuh nya otomatis kalori tersebut tidak digunakan kelinci untuk menambah berat badannya.

Jadi kalau kekurangannya, ketika kita memelihara kelinci di daerah pegunungan adalah kelinci akan sering banyak makan berbeda jika kita memelihara kelinci di dataran rendah mereka akan makan secukupnya ketika energinya sudah mulai tercukupi dan energi ini tidak digunakan kelinci untuk menghangatkan tubuhnya karena memang kondisi di dataran rendah itu suhunya sudah sesuai dengan yang diinginkan kelinci.

dengan begitu maka kalori yang dimakan akan akan fokus sebagai kalor yang digunakan untuk menggemukkan tubuhnya sehingga kelinci-kelinci yang hidup di dataran rendah itu kebanyakan tubuhnya akan lebih gemuk atau gampang gemuk tapi tidak menutup kemungkinan kelinci yang dipelihara di daerah pegunungan juga tidak akan gemuk itu semua tergantung dari apa jenis pakan yang kita berikan kepada kelinci.

Larangan untuk membawa kelinci berpergian jauh

Mitos atau larangan berikut ini adalah larangan membawa kelinci pergi jauh. bedanya, hewan seperti kelinci hewan apa pun yang lainnya ketika kita bahwa dalam berpergian dia pasti akan mengalami stres yang berat dan kemudian akan menderita sakit atau bahkan mati ,akan tetapi karena kita itu berjualan online maka mau tidak mau pembeli kelinci kita itu dari berbagai kota dan berbagai daerah, bagaimana cara pengirimannya jika ada larangan untuk membawa kelinci dalam jarak yang sangat jauh.

Asalkan kita menaati peraturan atau kita bisa menyediakan kondisi yang nyaman saat kelinci itu di bawa dalam perjalanan maka hal itu bisa kita minimalisasi agar kelinci tidak mengalami stres dan gangguan gangguan lainnya.

yang pasti ketika kita mengirim kelinci usahakan kita membawa kelinci dalam kondisi yang nyaman.

saya sarankan tidak menggunakan jasa kereta api karena biasanya dalam kereta api itu udaranya sangat panas sekali sehingga kelinci akan mengalami stres ketika berlama-lama dalam kereta api.

tapi sudah ada banyak sekali teman kita yang mengirim kelincinya lewat ekspedisi kereta api dan ada yang berhasil ada juga yang mati karena pengiriman yang sangat lama.

nah itulah beberapa tips atau larangan apa saja yang dilarang ketika kita memelihara kelinci semoga kita tidak terjebak pada mitos-mitos yang disampaikan oleh para penjual kelinci yang ada di pinggir jalan.

mereka itu benar dan kadang mereka itu juga salah tergantung dari mana kita mempelajari ilmu kelinci tersebut jangan saklek dan menerima apa yang dikatakan para penjual kelinci di pinggir jalan lebih baik kalian membeli kelinci dari peternak kelinci yang sudah berpengalaman berpuluh-puluh tahun karena di sana juga sudah bagus dan berbeda dengan kelinci yang dijual di pinggir jalan.

Demikian sukses untuk peternak kelinci di seluruh Nusantara.

Salam kuping panjang..

baca juga : singkong untuk pakan kelinci