Widget HTML Atas

Singkong untuk pakan kelinci

Bolehkah kelinci makan singkong atau ketela pohon atau ubi atau ketela rambat.

jadi yang dibahas disini adalah singkong dari ketela pohon jika ada yang bertanya bolehkah kelinci makan singkong jawabannya adalah boleh tapi dengan syarat-syarat tertentu yaitu.

yang pertama singkong mentah dilarang kita berikan kepada kelinci karena jika masih mentah di bagian kulitnya masih mengandung suatu zat yang bernama asam sianida atau hcn. 

asam sianida ini sangat beracun sekali bagi pencernaan kelinci jika singkong yang kita berikan dalam posisi yang masih mentah walaupun sudah dikupas kulitnya dan kemudian diberikan kepada kelinci masih ada sisa sisa asam sianida yang ada dalam singkong tersebut.

jadi solusinya adalah rebus dulu singkong yang akan kita berikan kepada kelinci sampai kadar asam sianida nya hilang dan singkong aman untuk dimakan kelinci.

Baca Juga : Tatalaksana Pemberian Pakan Untuk Menunjang Agribisnis Ternak Kelinci


dengan jalan direbus asam sianida yang ada pada kulit singkong bisa kita hilangkan, selain itu bisa juga dengan cara dijemur.

Baca juga : minuman yang bagus untuk kelinci

orang biasanya menamakannya gaplek dan tepung gaplek ini biasanya digunakan untuk membuat nasi tiwul nah jenis inilah yang sudah aman dikonsumsi untuk kelinci karena asam sianida yang terkandung dalam singkong tersebut sudah hilang dan sudah aman dimakan oleh kelinci maupun dimakan oleh manusia.

jadi jika ada pertanyaan bolehkah kelinci makan singkong adalah boleh asalkan sudah diolah terlebih dahulu dan jangan memberikan singkong yang bersih dalam keadaan mentah untuk kelinci.

demikian artikel ini semoga bermanfaat dan sukses untuk berternak kelinci di seluruh Nusantara salam kuping panjang.

Baca Juga : Gagasan Pengembangan Ternak Kelinci Didaerah Rawan Gizi