Widget HTML Atas

Perbedaan kucing Persia dan kucing anggora TERLENGKAP

Mendengar kata kucing tentu saja sudah terbayang bagaimana perawakan hewan berbulu yang menggemaskan satu itu. Kucing tergolong mamalia yang jinak dan sangat familiar dengan keberadaan manusia. Namun jangan salah, istilah “kucing” juga bisa saja merujuk kepada hewan mamalia buas dan garang seperti harimau dan singa.

Sekilas, bentuk wajah dan susunan gigi dari ketiga hewan ini tidak jauh berbeda. Akan tetapi habitat ketiga jenis hewan ini tentu sangat berbeda. Dimana harimau dan singa liar berhabitat di hutan yang masih rimbun atau berada di penangkaran hewan buas. Akan tetapi, kucing yang pada umumnya ini justru kerap di jadikan sebagai hewan peliharaan oleh banyak orang.

Jenis kucing ada beragam, mulai dari jenis kucing liar hingga kucing yang cukup langka. Semakin langka jenis kucing justru akan semakin sulit untuk cara perawatannya dan kurang menarik dari segi “looknya”. Oleh sebab itu, kebanyakan orang justru lebih sering memilih jenis kucing anggora maupun kucing persian atau yang biasa di sebut dengan kucing persia.

Selain memiliki look yang cukup menggemaskan, kucing dengan dua jenis ini memiliki karakteristik yang hampir sama yaitu sangat manja, penyayang dan tenang. Kedua jenis kucing ini tidak suka bertingkah yang bisa saja merusakkan barang-barang yang ada di rumah.

Perbedaan Kucing Anggora dan Kucing Persia


Kucing anggora dan kucing persia merupakan kedua jenis kucing yang sering membuat orang awam tertukar saat menyebutnya. Secara fisik memang kedua jenis kucing ini tidak memiliki banyak perbedaan. Namun kita perlu memahami darimana sisi perbedaan dari kedua jenis kucing ini agar tidak salah saat membeli.

1. Sejarah, dari sejarahnya kedua jenis kucing ini sudah sangat berbeda. Ras kucing anggora berasal Ankara-Turki, sedangkan untuk ras kucing persia berasal dari Persia-Iran.

2. Fisik, secara fisik kedua jenis kucing ini juga sudah jelas berbeda apabila di sandingkan. Memang untuk bentuk wajah kedua jenis kucing ini nyaris tidak ada perbedaan dengan wajah yang bulat dan datar, pipi dan rahang yang lebar, dan dagu yang kuat dan hidung yang kecil dan pesek. Namun tubuh persia cenderung lebih berisi sedangkan tubuh anggora cenderung lebih ramping dan tinggi.

3. Bulu, untuk bulu kedua jenis kucing ini juga berbeda apabila di perhatikan dengan seksama. Persia di kenal memiliki bulu yang panjang dan lebat. Sedangkan untuk kucing anggora juga memiliki bulu yang tebal namun tidak sepanjang bulu yang di miliki oleh kucing persia.

Oleh sebab itu untuk perawatan bulu, kucing persia lebih cenderung lebih membutuhkan ketelatenan ketimbang kucing anggora. Untuk bulu dari kedua jenis kucing ini juga terlihat berbeda dengan bulu kucing persia yang lebih mengembang sehingga membuat kucing ini terlihat memiliki bulu yang lebih tebal dari jenis kucing anggora.

4. Kepribadian, sifat alami kucing persia yang manis, lembut dan menyukai ketenangan membuat tingkah kucing ini lebih tenang di bandingkan kucing pada umumnya. Sedangkan untuk kucing anggora lebih memiliki sifat penyayang dan ramah. Itulah yang menyebabkan kucing anggora lebih menyukai interaksi dengan manusia dan menyapa tamu yang datang ke rumah.

Ciri-Ciri Kucing Anggora Asli

Kebanyakan dari ras anggora biasanya adalah berasal dari kedua indukan anggora, karena kucing anggora jarang sekali di lakukan persilangan secara sengaja dengan jenis kucing lain.

Namun ternyata ada juga jenis kucing anggora yang sengaja di silangkan dengan kucing lokal lain untuk mendapatkan harga anakan yang sangat murah.  Jadi, jika kalian berniat untuk mengadopsi kucing anggora jangan sampai salah pilih.

Berikut ciri-ciri dari kucing anggora yang asli :

1. Bentuk Kepala dan Telinga, kesan pertama saat kita melihat kucing adalah bentuk kepalanya yang hampir menyerupai kucing lokal atau kucing kampung dengan wajah seperti berbentuk segitiga terbalik dan hidung mancung. Telinga yang di miliki kucing anggora juga berbentuk segitiga dengan jarak yang berdekatan.

2. Bentuk Tubuh, bentuk tubuh kucing jenis ini terbilang lebih ramping dan tinggi. Untuk postur tubuh yang di miliki oleh kucing anggora jantan akan lebih besar daripada kucing anggora betina.

3. Bentuk Kaki, kucing anggora memilki kaki yang panjang dan jenang yang membuat kucing jenis ini terlihat ramping dan tinggi. Dari bentuk kakinya itulah yang membuat jenis kucing ini terlihat sangat anggun saat sedang berjalan.

4. Bulu dan Ekor, meski memiliki bulu yang cukup tebal namun bulu yang di miliki kucing anggora tidak sepanjang kucing persia. Biasanya ketebalan bulu kucing jenis ini berada pada bagian leher dan ekor yang mirip kemoceng.

5. Karakter, sifat kucing anggora yang menyukai interaksi dengan majikannya inilah yang membuat kucing jenis ini menjadi daya tarik tersendiri bagi banyak orang. kucing anggora sangat aktif dan senang saat bermain. Kucing ini juga menyukai kebebasan, hal ini yang membuat sang majikan harus lebih protect terhadap kesehatan kucing anggora agar tidak gampang terserang penyakit seperti kutu, jamur ataupun virus.

Harga Kucing Anggora 2020

Memiliki wajah yang cantik, bulu yang indah, kaki jenjang dan sifat yang ramah dan tenang membuat jenis kucing anggora banyak di buru oleh para pecinta kucing. Tidak heran jika jenis kucing ini memiliki kisaran harga yang di bandrol cukup tinggi.

Type dari jenis kucing ini juga cukup beragam, keberagaman type ini di dapatkan dari hasil persilangan ras anggora dengan jenis kucing lain seperti persia ataupun jenis kucing lokal. Berikut untuk update harga terbaru kucing anggora di tahun 2020 :

a) Harga Kucing Ras Anggora Asli :

Usia 6 bulan belum melakukan vaksin 9-10 juta per ekor
Usia 6 bulan setelah melakukan vaksin 12-15 juta per ekor
Usia 3 bulan belum melakukan vaksin 4-5 juta per ekor
Usia 3 bulan setelah melakukan vaksin 6-7 juta per ekor

b) Harga Kucing Anggora Mix Kucing Persia :

Usia 6 bulan belum melakukan vaksin 1,5-1,6 juta per ekor
Usia 6 bulan setelah melakukan vaksin 2-2,8 juta per ekor
Usia 3 bulan belum melakukan vaksin 600.000-700.000 per ekor
Usia 3 bulan setelah melakukan vaksin 900.000-1 juta per ekor

c) Harga Kucing Anggora Mix Kucing Lokal :

Usia 6 bulan belum melakukan vaksin 450.000-550.000 per ekor
Usia 6 bulan setelah melakukan vaksin 600.000-700.000 per ekor
Usia 3 bulan belum melakukan vaksin 200.000-250.000 per ekor
Usia 3 bulan setelah melakukan vaksin 300.000-350.000 per ekor

Kucing Anggora 100 Ribuan

Seperti yang sudah kita tahu, apabila harga untuk satu ekor kurcing anggora bisa mencapai angka ratusan hingga jutaan rupiah. Beragam jenis dan bentuk kucing yang nyaris menyerupai sendiri terkadang membuat sebagian orang penggemar baru kucing merasa rancu dan kebingungan. Hal ini di sebabkan, para penggemar baru kucing tentu saja belum begitu fasih tentang kucing dan tidak tau karakteristik perawakan jenis kucing asli.

Oleh sebab itu banyak sekali orang yang tertipu oleh pihak yang tidak bertanggung jawab yang menjual kucing hasil silangan dengan harga yang sangat jauh dari harga pasaran yang sebenarnya dengan mengklaim bahwa jenis kucing tersebut adalah asli untuk meyakinkan calon konsumen.
Memang sering kita temukan harga kucing anggora anakan yang di jual hanya dengan harga 100 ribuan, padahal untuk anakan anggora yang asli seharusnya di jual dengan harga 300-500 ribuan.

Jika ada jenis kucing ini yag di jual dengan harga 100 ribuan, biasanya kucing tersebut adalah hasil silangan indukan anggora dengan kucing lokal atau kucing kampung. Dan dari persilangan inilah anakan kucing anggora bisa di jual dengan harga murah. Terlebih jika kucing hasil persilangan yang di jual masih belum pernah mendapatkan vaksin sejak kecil.

Namun jenis kucing anggora dengan harga 100 ribuan tersebut bisa saja di miliki untuk kalian yang memiliki budget pas karena lebih murah untuk budget perawatannya. Namun untuk perawakan masih rasa memiliki kucing anggora.

Kucing Anggora Abu-Abu

Kucing anggora dengan warna abu-abu memang terlihat cukup elegan bukan? Terlebih jika bola mata yang di miliki berwarna coklat tua, cantiknya komplit banget pasti. Kucing anggora abu-abu banyak sekali menjadi warna pilihan untuk kucing jenis ini.

Kucing anggora abu-abu cenderung lebih tidak mudah kotor. Cara perawatan kucing berbulu abu-abu juga lebih mudah karena warnanya yang dominan ke arah warna gelap. Pada bagian wajah, bulu abu-abu yang dimiliki kucing ini cenderung lebih menimbulkan kesan cubby.

Untuk harga kucing anggora bulu abu-abu ini kisaran harga 4 juta rupiah untuk usia anakan dan belum di vaksin. Sedangkan untuk anakan yang sudah di vaksin bisa mencapai kisaran angka 5 juta hingga 6 juta per ekornya. Dan untuk dewasa berasa di kisaran harga 10 juta untuk yang belum di vaksin dan untuk yang sudah di vaksin akan di bandrol dengan harga 12 jutaan.

Kucing Anggora Hitam



Kucing anggora dengan warna abu-abu maupun hitam adalah kucing dengan warna yang sama-sama netral. Namun dengan bulu kucing anggora yang panjang dan lebat, corak warna hitam polos yang di miliki oleh kucing anggora justru terkesan sangat menyeramkan.

Apalagi jika kita temui kucing anggora ini di malam hari. Warna kulit yang nyaris menyatu dengan warna gelap di malam hari, membuat mata kucing anggora berwarna ini menunjukan sorot yang sangat tajam.

Namun memiliki kucing dengan warna gelap bukan berarti tidak ada kelebihannya, justru bulu kucing berwarna gelap akan meminimalisir kucing gampang terlihat kotor dan kusam. Sehingga kita tidak perlu repot-repot untuk menjaga kebersihan bulu kucing peliharaan kita. Dengan catatan tetap merawat dan memberi makanan yang sesuai serta terpenuhiya gizi kucing agar bulunya tidak rontok dan kasar.

Untuk harga pasaran kucing anggora anakan mix himalaya betina hitam usia 2,5 bulan di bandrol dengan harga 9 juta.

Kucing Anggora Kitten Mix Domestic

Kucing anggora kitten mix domestic merupakan sebutan lain dari jenis kucing anggora hasil silangan dengan kucing lokal atau kucing kampung. Jenis kucing ini banyak sekali di buru oleh orang-orang karena mempunyai harga yang cukup terjangkau dari jenis kucing anggora asli maupun anggora mix persia. Sekilas memang bentuk kucing ini mirip dengan indukan anggora dengan bulu yang tebal namun struktur tulang dan buluny menyerupai indukannya yang lain yaitu kucing kampung.

Sedangkan untuk wajah dan mata yang dimiliki oleh kucing jenis ini sama persis dengan indukannya yang berasal dari ras anggora asli. Untuk mendapatkan kucing jenis ini, kita hanya perlu menyiapkan budget adopsi sebesar 200 hingga 400 ribuan saja. Harga tersebut di gunakan untuk adopsi kucing mix jenis ini di usia 3 bulan yang belum maupun sudah di vaksin. Untuk yang berusia 6 bulan di bandrol dengan harga 600 ribuan untuk yang sudah melakukan vaksin.

Nah, itu tadi penjelasan seputar kucing anggora. Point-point penjelasan yang ada di dalam artikel ini dapat memudahkan para pecinta kucing baru yang masih awam agar tidak salah pilih dalam mengadopsi jenis kucing anggora. Jadi bagaimana? Apakah kalian berminat untuk memelihara jenis kucing anggora di rumah?

Semoga Bermanfaat~