INILAH YANG AKAN TERJADI PADA KELINCI JIKA KEKURANGAN ASUPAN VITAMIN D

INILAH YANG AKAN TERJADI PADA KELINCI JIKA KEKURANGAN ASUPAN VITAMIN D



Topic  tentang nutrisiuntuk kelinci ini memang  selalu menarikperhatian jika dibahas

 Kita sudah banyak membahas tentang protein, kalori, lemak, serata serat dll. Sekarang ini kami ingin membahas tentang masalah kebutuhan vitamin pada kelinci, salah satunya adalah vitamin D.


Vitamin D ini sangat dibutuhkan oleh kelinci mereka berperan aktif untuk menjaga kesehatan tulang kelinci serta otot dan juga menjaga kekebalan tubuh kelinci sebagai sesuatu yang memiliki peran yang sangat penting untuk preventif terhadap penyakit yang menyerang kelinci.

vitamin D



Yang perlu kita ketahui vitamin D ini tidak bisa diproduksi oleh tubuh kelinci, vitamin ini tidak akan hadir secara alami pada tubuh kelinci. Perlu diketahui juga vitamin D ini juga sangat jarang sekali ditemui didalam bahan baku pellet makanan kelinci, ada akan tetapi dalam jumlah yang sangat kecil. Hanya dengan sinar ultraviolet yang kelinci bisa menyerap vitamin D.  penjelasanya sinar ultraviolet mengaktifkan  dehydrocholesterol precursor lalu di konversi dan seterrusnya panjang pokoknya…


Nah pertanyaan lagi bagai mana dengan burung dan hewan lainnya yang mempunyai bulu seperti unggas, bagaimana mereka memperoleh asupan vitamin D dari cahaya matahari sedangkan kulit mereka sendiri tertutupi oleh bulu yang lebat. Yang terjadi adalah vitamin D pada unggas tidak disintesis pada kulitnya dikarenakan tertutup oleh bulu, dan yang terjadi sekresi pada bulunya menghasilkan minyak. Nah vitamin D akan tertelan oleh burung tersebut saat dia membelai bulunya sehingga tubuh akan memperoleh asupan vpitamin D yang di telan saat burung membersihkan bulunya tadi.


Kekurangan atau devisiensi vitamin D sangat umum terjadi pada ternak kelinci kita. Bila tidak segera dilakukan pegobatan maka akibatnya akan buruk bagi kesehatan kelinci.

Vitamin D akan mengatur metabolism kalsium, penyerapan kalsium dan fosfor didalam usus sangat dipengaruhi oleh vitamin D ini, yang mana kita ketahui kalsium dan juga fosfor sebagai salah satu acauan untuk tulang yang baik. Penyerapan kalsium pada usus kelinci dipengaruhi oleh jumlah kandungan kalsium dalam makanan dan juga dengan kebutuhan metabolik kelinci serat tentunya vitamin D.


Kadar kalsium pada drah kelinci juga berbeda2, kelinci juga akan kehilangan kadar  kalsium lewat urinnya jika kelinci kekurangan asupan vitamin D. kelinci akan kekurangan pasokan kalsium untuk tulangnya dan kemudian akan meyebabkan gajala penyakit tulang seperti osteoporosis lalu terjadi kelumpuhan. Biasanya ini terjadi pada kelinci yang tidak terkena cahaya sinar matahari.



Kelinci sangat butuh kalsium ketika dia sedang mengalami pertumbuhan, khusus untuk kelinci2 muda masa pertumbuhan, pada saat kelinci dalam masa hamil dan juga laktasi atau menyusui kelinci juga akan membutuhkan jumlah kalsium dalam jumlah yang lebih banyak. Oleh karena itu maka kalsium yang akan disekresikan urine akan sedikit berkurang. Yang perlu diperhatikan kalsium pada kelinci yang paling utama digunakan untuk keperluan pertumbuhan gigi mereka seumur hidup. Terutama gigi seri yang akan bertambah 2 mm setiap minggunya. Itulah kenapa kelinci harus selalu mengerat.

Memang memelihara kelinci dalam ruangan akan menghindarkan kelinci dari predator seperti kucing dan anjing, mereka juga tidak akan mudah terinfeksi parasit, terhindar dari panas matahari. Akan tetapi memelihara kelinci dalam ruangan yang sama sekali tidak ada cahaya matahari yang masuk, akan mengakibatkan kelinci terserang banyak masalah kesehatan, seperti kekurangan vitamin D yang akan berakibat pada ganguan penyerapan kalsium dan juga fosfor.


Jadi solusinya yang terbaik adalah biarkan matahari pagi masuk kedalam kandang, sekitar pukul 7-9 pagi biarkan kelinci terkena paparansinar matahari.


Jika seokor kelinci menderita kekurangan vitamin dalam waktu yang cukup lama dengan disertai kekurangan zat besi maka yang terjadi adalah masalah jantung kelinci. Fungsi hati juga akan rusak dan masalah serius tentang penyakit tulang. Sel drah merah atau hemoglobin pada kelinci juga akan sangat rendah yang juga disebabkan oleh kurangnya pasokan zat besi.

Kurangnya pasokan vitamin D pada kelinci juga akan mempengaruhi sel drah putih, kalo sudah seperti ini system kekebalan tubuh kelinci akan terganggu.


Jadi kesimpulan dari kekurangan vitamin D pada kelinci adalah kelinci akan mengalami ganguan kesehatan seperti ganguan tulang  (demineralisasi tulang), kekurangan zat besi yang akan menimbulkan anemia, system kekebalan tubuh kelinci akan menurun, serta kelemahan otot jantung.
Kekurannga vitamin D juga akan menyebabkan penyakit pada gigi seri kelinci jika sudah seperti itu kelinci akan menolak untuk memakan caecrotopnya, yang mana caocrotop kaya akan sumber gizi, inilah yang akan meyebabkan kelinci akan semakin kurus karena masalah pada gigi.


Jika kelinci sudah mengalai ganguan pada gigi maka cara pengobatan yang paling baik adalah dengan paparan sinar matahari dengan makanan rumput yang bervariasi dan pellet dengan kadar kalori tinggi harus dihindari. Rumput seperti daun semanggi tinggi akan kadar kalsium, rumput alfafa juga tinggi akan kadar kalsium.


Tapi perlu menjadi cacatan tidak semua kelinci yang terserang ganguan penyakit pada giginya akan memakan rumput2 itu jika diberikan.  Ingat vitamin D ini sangat berpengaruh pada penyerapan kalsium yang akan mempengaruhi berbagai penyakit metabolic pada tulang. Terutama gigi kelinci dan ini sangat sulit untuk disembuhkan.


Jika memang kandang tidak mungkin untuk mendapatkan paparan cahaya dari sinar matahari maka kita harus menjaga asupan vitamin D pada pellet kelinci. Para produsen pellet seharusnya paham tentang hal ini, penambahan premix pada bahan baku pellet sangatlah penting. Dan tentunya bukan asal premix. Kita juga harus membaca apa kandungan vitamin dan juga mineral yang ada didalam premix tersebut.

BACA JUGA : CARA MENANAM JERUK NIPIS DIDALM POT DENGAN KOMPOS KOTORAN KELINCI

Baca juga:

Buka Komentar
Blogger
Disqus
Pilih Sistem Komentar