Skip to main content

CARA MENGOBATI MASTITIS PADA KELINCI

Pagi ini sehabis bersihin kandang, terlihat sesuatu yang aneh pada kelinci indukan yang saat ini masih menyusui 7 bayinya. Kaget juga karena si induk ini tidak menunjukkan gejala sakit, menyusui, tidur, dan makan seperti biasa padahal penyakitnya sudah sedemikian parah. Pertolongan pertama yang harus dilakukan pagi ini adalah dengan melakukan injeksi antibiotik "Oxytetracycline" dan "Vitamin B Complex". Bersihkan dengan air hangat. Kemudian harus dipisahkan dari anak2nya. Mudah2an bayi2nya aman karena usia bayi sudah di atas 1 bulan dan sudah bisa makan pelet.
Perkembangan kesehatan akan dipantau terus..

Sebenarnya penyakit apa yg diderita oleh indukan ini dan apa penyebabnya. ?
Penyakit ini didunia ternak kelinci biasa disebut radang sekiktar dada atau mastitis.
Mastitis adalah infeksi kelenjar susu, yang tidak diderita oleh semua kelinci biasa terjadi pada kelinci yang sedang menyusui. Penyakit ini disebabkan oleh berbagai bakteri, staphylococci untuk kasus kronis, sedangkan bakteri streptokokus biasanya berkaitan dalam kondisi akut.  


Mastitis pada kelinci memiliki ciri sbb:

  •     dada kelinci terjadi radang, demam dan membiru..Pada dada atau sekitar perut    terjadi pembengkakan dan terasa sakit. pelepasan.
  •     Dehidrasi (kekurangan cairan) dan lebam.
  •     Kelinci yang terinfeksi biasanya terlihat memukul dadanya dinding kandang.
  •     Abnormal peningkatan produksi susu.
  •     Luka berdrah yang terkadang disertai nanah.


Pengobatan untuk mastitis :Bersihkan bagian yang sakit dengan air hangat dicampur antiseptik, beri antibiotik (saya biasa gunakan Oxytetracycline : 0,08 ml/kg berat badan), untuk meningkatkan daya tahan tubuh dibantu dengan injeksi vitamin B complex. dan dibagian yang sakit diolesi Aloe Propolis Cream. biasanya dalam 2 atau 3 hari sudah sembuh.


Jika treatment di atas tidak membuahkan hasil khususnya untuk kasus mastitis dalam stadium lanjut maka harus dilakukan pembedahan untuk mengeluarkan cairan putih seperti pasta. Sebaiknya injeksi antibiotik terlebih dahulu sebelum tindakan operasi. Bersihkan bagian yg akan dibedah dengan betadine kemudian lakukan pembedahan untuk mengeluarkan pasta yg ada. bersihkan dengan betadin dan biarkan mengering dalam beberapa hari. Antibiotik tetap diberikan minimal selama 3 hari. Injeksi vitamin B complex, beri asupan madu setiap hari. Insya Allah sembuh.
 
Pencegahan mastitis :Pencegahan penyakit apapun biasanya lebih baik daripada pengobatan. Kebersihan kandang secara umum dan sanitasi sangat diperlukan. Beri nutrisi yang baik pada pakan, cukup ruang bergerak dalam kandang dan banyak ventilasi juga membantu.


BACA JUGA : PENYEBAB KELINCI KELINCI HAMIL SEMU

Sumber : taman kelinci