POSISI TELINGA YANG ABNORMAL KETIKA SUHU MENINGKAT, YANG MERUPAKAN KARAKTERISTIK DEFISIENSI VITAMIN A

POSISI TELINGA YANG ABNORMAL KETIKA SUHU MENINGKAT, YANG MERUPAKAN KARAKTERISTIK DEFISIENSI VITAMIN A

Vitamin A pada kelinci berfungsi untuk melindungi kulit, semua jaringan yang lunak, gigi, tulang,untuk menjahga penglihatan, dan juga berkontribusi dalam system reproduksikelinci.



Semua fungsi dari vitamin A  ini sangat menguntungkan bagi tubuh kelinci, akan tetapi vitamin A ini tidak secara alami diproduksi oleh tubuh kelinci, berbagai bakteri baik pada sekum kelinci tidak mensintesis vitamin A ini. Yang bisa disintesis oleh bakteri sekum hanya vitamin B da vitamin K saja, dan tambahan lagi vitamin A ini tidak terdapat pada tanaman, diberbagai tanaman hanya mengandung dalam bentuk provitamin A, seperti (beta cryptoxanthin, beta -karoten), kesemuanya sangat berbeda akan tetapi semua akan diubah menjadi vitamin A oleh kelinci. Jika kelnci hanya diberi pakan biji-bijian saja salama 6 bulan dan juga dengan tambahan hay maka yang jelas mereka akan kerurangan pasokan vitamin A. ojo salah paham.. kudu ngerti arti mensintesis vitamin loo ya. Googling aja..


sebaliknya kelebihan vitamin A dalam tubuh kelinci maka vitamin ini akan  disimpan di hati, jaringan adiposa, ginjal dan paru-paru. Peran vit A salah satunya adalah imunitas penyakit hati atau suatu peradangan yang disebabkan oleh cacing parasit atau coccidia dapat menyebabkan penyerapan nutrisi di usus menjadi tergangu.

Salah satu yang utama peran vit A justru mempertahankan membran epitel danMukosa (apa itu ?anggap aja bahasa planet bahasanya orang2 dokter hewan) yang ada didalam usus kelinci, berfungsi sebagai pelindung dari serangan bakteri pathogen disistem pencernaankelinci

Avitaminosis dan malformasi Vit A terlibat dalam banyak metabolism reaksi dan berkontribusi terhadap pertumbuhan dan kekuatan tulang dan tulang rawan, ke perkembangan mata dan penglihatan, dan juga mempengaruhi  reproduksi kelinci . Kelinci muda yang menderita kekurangan vit A mengalami terhentinya pertumbuhan badan yang bisa berakibat fatal. Mereka sering sakit Pernafasan ya mirip sesak nafas gitu lah dan penyakit pencernaan sering terjadi koyo mencret dan temen2nya.

Devisiensi vitamin A juga menyebabkan Jaringan kartilago yang ada pada telingga kelinci  akan rusak dan lemah dan pastinya  tidak dapat menopang berat telinga, yang jatuh ke samping dan seperti ngelop, atau melengkungnya  ujung telinga. lebih jelas jika dipegang  suhu yang lebih hangat.  kalo kelinci lop berbeda lagi bukan berate kelinci lop itu devisiensi vitamin itu beda karena memang bentuk telingganya sudah seperti itu.

Nah ini juga yang sangat penting. mentang2 telinga kelincinya ngelop Jangan asal menambah kandungan vitamin A pada pelet secara sembarangan semua ada hitungannya ,Terlalu banyak vitamin A itu beracun dan berbahaya bagi kelinci  Asupan jumlah vit A yang berlebihan sama berbahayanya dengan kekurangan. jika gak percaya coba aja....

Kelinci yang kelebihan vitamin A Mereka kekurangan semangat untuk bercinta, yang artinya kelinci betina akan merana hahaha, nafsu makan mereka berkurang dan mereka menurunkan berat badan. Kelinci muda mungkin menderita paresis.(lumpuh)

Kesuburan kelinci betina juga akan menurun, jikalau sampai hamil maka mereka akan mengugurkan atau jika dilahirkan, anakan kelinci akan terlahir dalam keadaan  cacat.

Penambahan vit A dalam campuran pellet kelnci  tidak disarankan sebagai margin antara dosis yang menguntungkan dan dosis beracun sangat sempit di kelinci. Kecuali ente ngerti hitungannya Gabungan  alfalfa, kaya provitamin A dan pelet yang diperkaya dalam vit A seharusnya juga dihindari.

Memang susah menjadi formulator pellet kelinci,  matematikanya harus benar2 jalan…
pastinya banyak sekali pertanyaan..sabar dulu ya tunggu post selanjutnya..
BACA JUGA : INGAT JANGAN SEMBARANGAN MENYUNTIK KELINCI BEBERAPA JENIS ANTIBIOTIK SANGAT MEMBAHAYAKAN KESEHATAN KELINCI

Baca juga:

Buka Komentar
Blogger
Disqus
Pilih Sistem Komentar