Skip to main content

CARA MEMBUAT MAGGOT PAKAN ALTERNATIF UNTUK IKAN LELE DARI BAHAN UBI JALAR

Selamat pagi rekan rekan petani lele. Ada yang sudah coba ikan lele dari hasil campuran pakan organik. Hasil yang saya rasakan ketika ikan lele digoreng dan disantap seperti ikan lele tangkapan dialam liar. Daging lele berasa lebih gurih dan tidak hancur ketika kita goreng. Ikan juga menjadi lebih sehat dan tingkat kematian juga turun drastis setelah pengaplikasian campuran pakan organik ini.

Resep dibawah ini bisa kita pakai sampai lele kita panen nantinya..


*sumber : youtube.com

Bahan untuk membuat pakan alternatif lele


10 kg Ubi jalar..mentimun 1kg..dedak atau bekatul..yang paling bagus bekatul lembut jika tidak ada bisa diganti dengan polar sebanyak 10 kg...jagung giling sebanyak 3 kg.. 1kg tomat.. 10 kg kepala ikan atau kalau kesulitan pergilah ke pasar.. banyak sekali limbah kepala ikan  disana..jika kesulitan bisa pakai tepung ikan dalam jumlah yang sama..gula merah sebanyak setengah kg.. dan yang terakhir jamu probiotik..(resep jamu bisa dibaca di artikel sebelumnya)

Cara pembuatannya 
  1. rebus atau kukus ubi jalar kemudian digiling hingga halus. Atau situmbuk saja biar lebih cepat.
  2. Nah setelah itu campurkan semua bahan menjadi satu hingga rata..kalo untuk tomat dan mentimun supaya lebih vepat bisa kita blender hingga lenbut..
  3. Yang terkhir campurkan jamu probiotik dan aduk hingga kesemua bagian merata.
  4. Masukkan kedalam wadah bisa pakai drum dan atau ember. Dan tutup akan tetapi biarkan udara dan lalat masuk. Mereka nantinya akan menaruh larva telurnya disana. Kita diamkan saja sampai ada manggot berkembang biak disana dalam jumlah banyak. 
  5. Nah jika sudah banyak maggot maka bisa langsung kita berikan ke lele..pakan ini hanya pakan tambahan saja. Pemberian pakan pelet lele harus tetap diberikan akan tetapi jumlahnya dikurangi.

Sekian selamat praktek kawan...salam petani lele sukses dan sejahtera...

baca juga cara membuat jamu untuk campuran pakan ikan lele