Skip to main content

CARA MEMBUDIDAYAKAN IKAN CUPANG UNTUK IKAN HIAS SEBAGAI USAHA RUMAHAN

Ikan cupang merupakan salah satu jenis ikan hias yang banyak dibudidayakan di daerah tropis seperti di indonesia dan malaysia kalo dimalaysia namanya ikan laga laga..ikan ini bisa kita pelihara dengan mudah tidak memerlukah lahan yang luas dan besar.. jadi bisa kita pelihara dirumah dan bisa menjadi usaha rumahan jika kita berhasil membudidayakannya. Ikan ini bisa bertahan lama dilingkungan air yang minim akan oksigen. Jadi kita bisa memeliharanya didalam toples kecil. Kenapa demikaian karena ikan cupang memiliki rongga atau ruangan labirin yang mirip seperti paru2 manusia.

*Sumber : twitter.com


ada 2 jenis ikan cupang yang bisanya dipelihara yang prtama adalah jenis ikan cupang untuk diadu dan yang kedua adalah jenis ikan cupang hiasa atau dipelihara untuk dinikmati kecantikan serta bentuk tubuhnya dan keindahan gerakannya.'

berikut ini cara beternak ikan hias cupang untuk pemula.

pilihlah indukan yang berkualitas, apaun jika kita ingin membudidayakan sesuatu maka pilihlah dari bibit yang berkualitas.pilih dari keturunan unggulan, tidak memiliki cacat serta bibit indukan dalam kondisi yang sehat, nah simpanlah kedua induk ikan cupang dalam tempat yang bebreda atinya pisahkan keduannya. untuk bisa membedakan maan ikan hias cupang pejantan dan betina, ciri pejanttan adalah corak warnanya yang cerah dan serip ekornya mengempang, gerakan tubuhnya yang lincah dan badannya bisanya lebih besar dari ikan betina, sdeangkan ikan betinanya memiliki ciri sebagai berikut, tubuhnya agak sedikit kusam serta warnanya tidak mencolok, okor dan siripnya pendek, dan tubuh ikan cupang agak kecil dari si pejantan

usahakan sebelum melakukan pemijahan kita harus mengetahui indukan cupang yang sudah masuk dalam fase pembuahan kira2 ciri cirinya bisa kita amatai seperti di bawah ini

untuk indukan jantan pilih yang sudah berusian diatara 4-8 bulan, memeiliki bentuk ekor serip dan badan yang panajang, warnaya cerah dan gerakannnya lincah, dan sangat agresif.

*sumber : youtube.com

sedangkan untuk indukan betina kita bisa memilih dari yang berusia 3 bulan keatas, pilih perutnya yang agak membuncit, pilih yang warna kusam dan memiliki sirip yang pendek, pilih yang gerakannya lambat, akan tetapi gerak lambat bukan karena sakit.

persiapan untuk pemijahan ikan cupang bisa kita lakukan dengtan terlebih dahulu menyiapkan indukan jantan dan betina lalu siapkan wadah untuk yang bentuknya sepeeti akuarium, pakai akuarium malah lebih bagus.

Gunakan saja akuarium dengan ukuran 20cm x 20 cm, siapkan juga gelas plastik didalamnya dan mbeberapa jenis tumbuhan air didalamnya.

dalam satu perkawinan dengan sepasang indukan jantan dan betina maka akan menghasilkan telur sebanyak seribuan butir dan kira-kira yang menetas adalah sebanyak separuhnya..kemungkinan sih.. saya juga gak sempat ngitung tapi intinya yang bisa kita panen hanya berkisar diangka 35 sampai 50 ekor saja atau terkadang bisa lebih yang bisa kita penen, sama seperti hewan lainnya pejantan ikan cupang bisa membuahi sampai 8 kali dalam periode waktu selama hampir 3 minggu sedangkan untuk betina hanya mampu sekali saja.

berikut ini langkah2 untuk memijahkan ikan cupang

yang perlu kita lakukan yang pertama adalah dengan menyediakan wadah tempat pemijahan dan isilah dengan air dari sumur jangan mengunakan air dari PDAM, atau kita juga bisa mengunakan air sungai karena memang ikan ini habitatnya disungai. ambil juga beberapa tanaman air seperti lumut dan gangang air dan sejenisnya untuk media ikan cupang berlindung dan bersembunyi.

nah jika sudah siap masukkan ikan cupang pejantan dengan media seperti kaca, setelah itu masukkan indukan betina bersebelahannya tempatnya namun masih dalah satu aquarium. oh iya jangan dimasukkan sebelum si indukan jantannya membuat gelembung-gelembung untuk tempat telur sibetina nantinya.

biasanya pemijahan akan terjadi selang waktu antara pagi hari pukul 7 atau sore hari sekitar pukul 5 sore, jika sudah maka tutup aquarium karena ikan cupang sangat sensitiv dengan suara, jadi usahakan jangan berisik waktu pemijahan ikan, berikan suasana yang sepi dan hening.

nah jika sudah ada tanda pembuahan maka segera angkat indukan betinannya, karena yang bertugas menjaga anakan ikan cupang adalah induk pejantannya, jika kita tidak segera memisahkan indukan betinanya maka anakan cupang yang masih kecil akan disantap dan dimakan oleh si betinanya.

nakan cupang yang masih berwujud burayak akan memndapatkan nutrisi dari bawaan telur jadi janagn buru2 untuk memberikan pakan ke ikana anakannya.

setelah usia tiga hari kita bisa memberikan pakan berupa jentik nyamuk atau berupa kutu air. untuk memisahkan induk pejantan maka tunggu sampai berumur 2 minggu, setelah berumur 1,5 bulan amak anakan yang tadi bis akita pisahkan berdasarkan jenis kelaminnya.

pakan ikan cupang diantaranya adalah kutu air, larva nyamuk dan casut atau cacing sutra, silahkan pilih salah satu berikan pakan di pagi dan sore hari

perawatan ikan cupang sendiri sangan mudah dilakukan, ikan ini tahan banting dan mampu bertahan dalam kondisi air yang sangan minim oksigen, akan tetapi kita harus tetap menjaga kualitas air agar selalu bersih agar kondisi berkembang biaknya bisa maksimal, gantilah air dan media yang ada diakuarium secara berkala, dan juga ingat ikan ini tidak bisa kita campur dalam satu wadah, jika dalam satu wadah aquarium terdapat lebih dari 2 pejantan maka ikan kan bertarung dan berkelahi yang menimbulkan sirip ikan akan rusak, dan juga akan berdampak pada kematian ikan yang kalah.

semoga artikel ini bermanfaat bagi teman-teman yang akan melakukan pembudidayaan ikan cuapang baik itu sebagai hobi atau sebagai usaha sampingan.

baca juga aturan pemberian pakan pada ikan lele

sumber pinterest