Skip to main content

JANGAN TERLALU BERLEBIHAN MEMBERIKAN PAKAN KE IKAN LELE PATUHI ATURANNYA

Banyak yg pemula dan belum tau banyak media, ndak tau apa bakteri dll, ngikuti jalan yg ada dak tau tanya alhamdulilah kan berhasil banyak, kebanyakan yg gagal bernapsu ikan ingin cepat besar, dan pakan di genjot aja,

rata2 petani selalu bernapsu, ikan cepat gede, kurang sabar, tugas kita hannya memberi pakan dan ikan nyaman, tentang urusan cepet gede atau ndak bukan wilayah kita, tapi kita diajari, ciri2 bibit yg tumbuhnya baik ini dll.

kalo kita yg memberi kehidupan mungkin kita bisa atur itu bakteri biar yg ada di kolam plankton ato zooplankton semua biar media sama warnanya..tapi syang ternyata kita ga bisa mendikte bakteri jenis yg bersemayam di media.

*sumber : youtube.com

Catatan
musim dingin akan segera tiba, yg perlu diperhatikan,
1. Bakteri ditambah
2. Usahakan air agak kental
3. Pakan dikurangi
4. Harus lebih sabar
5. Panen agak molor
6. Ciri yg dominan ikan gampang gantung
7. Air gampang bau

Biarkan ikan gede dg sendirinya, tugas kita hanya memberi pakan dan rumah yg nyaman, analogi padi panen 4 bulan normal, apa bisa kita buat 2bulan panen, kalau tidak rekayasa dr bibitnya.

Banyak dari pmbudidaya yg masih branggapan salah tentang pemberian program pakannya.
Saat kecil dikasih makan cuma sedikit begitu udah gede baru di genjot,pemberian pkan dr awal - akhir digenjot trus mereka melupakan bahwa pertumbuhan ikan tetep ada walo kita ksih pkan 70% ato 100% tumbuhnya tetep sgitu.anggapan mereka smkin kita kasih pakan banyak semakin kita cepet panen .stlah gede ikan mati dgn ciri perut besar kya merah memar....

kesiapan media mempengaruhi kestabilan media yang pada akhirnya mempengaruhi tingkat kenyamanan ikan. Jangan terlalu di hantui kanibalisme dalam budidaya selama selisih ikan gak terlalu, karena didalam kolam ikan bongsor paling cuma 1-2% dari populasi tapi coba bayangkan seandainya ikan bermasalah, sakit, kolap dll brp kematian nya bs" klo gak ngerti nanganinya sekolam bs abis. JADI mulai skrng di rubah pemikiran seperti itu, kanibalisme terjadi bkn saat ikan kelaparan aja tapi saat ikan kekenyangan jg akan di mangsa karena itu udh naluri alamiah.

Tolong buat temen" pemula di lele perlu di perhatikan bener" saat musim seperti hujan ini ketika tebar benih usahakan media bener" siap dan jgn buru" di ksh makan, pemberian pakan setelah 2-3 hari atau ikan sehat dulu. Karena benih sblm umur 7-10 hari kondisi benih blm stabil dan pemberian pakan jg hrs secukupnya aja. biasanya masalah di benih muncul di hari ke 2-10 dan setelah pemberian awal pakan.

baca juga budidaya lele mengunakan bakteri tangkapan dari alam hasilnya diluar dugaan