Skip to main content

MANFAAT MEMELIHARA CACING UNTUK BUDIDAYA IKAN

Manfaat memelihara cacing untuk budidaya ikan-Manfaat cacing lumbricus bagi pemelihara ikan bukan hanya sekedar pakan alternatif saja yang murah dengan kandungan gizi yang tinggi seperti protein yang tinggi tetapi juga bisa bermanfaat sebagai meningkatkan daya tahan ikan terhadap stres dan penyakit lainnya.

*sumber : tokopedia.com

Di tempat budidaya yang sudah menggunakan probiotik dari cacing maka Hasilnya terbukti ikan akan mencapai usia panen dengan lebih cepat. Dari pengalaman seorang petani pembesaran ikan lele dengan menggunakan probiotik dari cacing mampu membesarkan bibit lele ukuran 2 sampai 3 hanya dalam waktu kurang dari 2 bulan dengan jumlah pakan hanya 50% dari seharusnya.

Dikarenakan di dalam pakan pelet nya selalu ditambahkan 10% cacing sebagai pakan harian nya setidaknya seminggu sekali atau lebih laku setiap hari meskipun dalam jumlah yang sedikit. Jangan lupa untuk memfermentasi kan pelet lele dengan menggunakan ramuan probiotik cacing yang telah kita buat.

maka kita akan membantu ikan lele mempunyai daya daya cerna dan daya serap pakan yang baik pada pencernaan ikan lele Akan tetapi jika jumlah cacing yang kita pelihara jumlahnya masih sedikit maka bisa kita buat sebagai probiotik saja dan sewaktu-waktu bisa kita gunakan untuk membuat fermentasi pakan lele dengan cara dibibiskan atau disemprotkan ke pakan ikan lele, campurkan secara merata dan kemudian pakan ikan lele berupa pellet tersebut kita fermentasi dalam wadah yang tertutup selama 1 sampai 3 hari setelah itu setelah 3 hari maka pakan akan berbau wangi dan siap kita berikan ke ikan lele.

baca juga cara membuat pakan alternatif untuk ikan lele

sumber bacalebih.net